manfaat minum teh

Tanaman teh biasanya tumbuh di daerah perkebunan dan dipanen secara manual. Bukan rahasia umum lagi bahwa minum teh memberikan manfaat bagi tubuh. Penduduk Cina dan Jepang sudah lama mengonsumsi teh untuk menjaga kesehatan.

Minum teh sebenarnya tidak hanya membuat tubuh lebih baik ketika sakit, namun juga memberikan banyak manfaat lainnya. Apa saja manfaat minum teh bagi tubuh? Simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui manfaatnya.

Mengenal teh yang menyehatkan

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang paling diminati banyak orang. Tanaman teh mempunyai batang tegak berkayu dan bercabang-cabang. Tanaman ini bisa tumbuh di tempat dengan iklim lembab, tropis, dan subtropis. Bagian yang diproses menjadi teh adalah pucuk daun. Ada beberapa jenis teh yang menyehatkan, antara lain:

Teh putih

Teh putih mempunyai rasa yang lembut. Dilansir dari Penn Medicine, teh putih efektif dalam mencegah penyakit kanker. Teh putih diproses tanpa mengalami oksidasi sama sekali.

Teh herbal

Teh ini biasanya dicampur dengan rempah-rempah, buah-buahan, atau tanaman lain selain daun teh. Teh ini tidak mengandung kafein. Contoh dari teh herbal, yaitu teh chamomile, rooibos, peppermint, jahe, dan hibiscus.

Teh hijau

Teh hijau mengalami proses oksidasi dalam jumlah yang minimal. Teh hijau kaya akan flavonoid yang bisa menjaga kesehatan jantung. Teh hijau bekerja dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Teh hitam

Teh hitam diproses dengan cara dikeringkan dan difermentasi. Teh ini mengalami proses oksidasi yang paling lama dibandingkan teh lainnya sehingga memiliki warna yang gelap. Berbeda dengan jenis teh lainnya, teh hitam masih mengandung kafein.

Teh oolong

Teh oolong diproses melalui oksidasi parsial. Teh ini mengandung asam amino yang bisa mengatasi rasa cemas. Asam amino diyakini bisa mencegah penyakit alzheimer dan parkinson.

Kandungan daun teh

Beberapa kandungan dalam daun teh meliputi:

  • Polifenol
  • Katekin
  • Alkaloid
  • Asam amino
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Fluor
  • Aluminium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Natrium
  • Kalsium
  • Seng
  • Mangan

Apa manfaat minum teh bagi tubuh?

Orang-orang di seluruh dunia sudah mengonsumsi teh sejak lama, dan hasilnya memang bagus untuk kesehatan. Telah ada banyak bukti yang menemukan bahwa minum teh secara rutin bisa mendatangkan banyak manfaat. Manfaat minum teh bagi tubuh, antara lain:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Minum teh secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat ini dapat diperoleh karena teh memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menenangkan jaringan arteri. Hal ini dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Selain itu, minum teh juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

2. Menambah energi

Teh hijau dengan kandungan kafein bisa menambah energi tubuh. Minum teh hijau juga bisa meningkatkan fokus tanpa menimbulkan efek samping seperti merasa gelisah. Jumlah kafein yang rendah membuat teh hijau menjadi pilihan yang baik bagi orang-orang yang ingin mengurangi asupan kafein mereka. Tidak hanya itu saja, teh hijau juga memberikan efek menenangkan.

3. Membantu penurunan berat badan

Di samping itu, teh hijau ternyata dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Asam amino yang ada pada teh hijau dapat membantu tubuh dalam membakar lemak.

4. Menjaga kesehatan mental

Minum teh secara rutin juga bisa menurunkan stres dan risiko penyakit neurologis dan penyakit otak, seperti alzheimer dan parkinson. Kandungan antioksidan pada teh bisa mencegah stres oksidatif dan menangkal radikal bebas akibat polusi dan faktor-faktor lainnya. Selain itu, mengonsumsi teh bisa menjaga kesehatan mental. Sebab, kandungan antioksidan pada teh bisa membersihkan racun dalam tubuh.

5. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Teh mengandung polifenol yang bisa mengatur kadar gula dalam tubuh. Oleh karena itu, teh bisa menurunkan risiko penyakit diabetes.

6. Menjaga sistem pencernaan

Teh juga bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan tubuh. Bahkan, teh juga bisa mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare. Selain itu, teh juga mengandung tanin yang bisa mengatasi peradangan usus, kram perut, dan iritasi pada usus besar.

7. Menjaga kesehatan gigi

Teh putih bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi karena kaya akan katekin, fluorida, dan tanin. Beberapa kandungan ini mampu memperkuat gigi, mengatasi plak, dan membuatnya lebih tahan terhadap asam dan gula.

8. Mengobati luka

Manfaat dari teh hitam tidak hanya bisa diperoleh dengan mengonsumsinya saja. Namun, juga bisa diaplikasikan sebagai obat luar pada luka, goresan, dan memar untuk menghilangkan rasa sakitnya. Selain itu, teh hitam juga dapat mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh ruam kulit.

9. Menghidrasi tubuh

Manfaat minum teh saat sahur dan buka puasa adalah menghidrasi tubuh. Teh hijau merupakan minuman bebas kalori yang bisa menjaga kamu tetap terhidrasi. Sebuah studi menyatakan bahwa minum teh dalam jumlah yang berlebihan memang bisa membuat tubuh kekurangan cairan. Namun, mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup saat sahur dan buka puasa bisa memberikan dampak baik bagi tubuh.

Tips sehat minum teh secara rutin

Berikut ini adalah beberapa tips sehat untuk mengonsumsi teh secara rutin.

  • Hindari mengonsumsi teh detoks. Teh ini biasanya dicampur dengan obat pencahar yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.
  • Jangan mengonsumsi teh yang sarat akan gula, kalori, dan karbohidrat namun hanya mengandung sedikit gizi atau bahkan tidak mengandung gizi sama sekali.
  • Pilih jenis teh yang memiliki banyak manfaat, seperti teh hijau, teh hitam, atau teh herbal.
  • Sebaiknya konsumsi teh tanpa tambahan pemanis. Manfaatnya bagi kesehatan bisa hilang bila ditambahkan banyak gula.
  • Jangan minum teh dengan suhu yang terlalu panas sekitar 60 derajat celcius atau lebih. Hal ini dapat meningkatkan risiko kanker esofagus atau lambung.
  • Sebaiknya tidak mengonsumsi teh dalam jumlah yang terlalu banyak karena bisa mengakibatkan kekurangan zat besi. Hal ini bisa menyebabkan kegelisahan, kecemasan, dan kesulitan tidur.

Minum teh secara rutin memang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, teh juga bisa menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit neurologis.

Share artikel ini
Reference