apa manfaat daun binahong

Jika kamu bertanya apa manfaat daun binahong? Jawabannya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi, karena ada segudang manfaat binahong bagi kesehatan dan kecantikan. Tanaman yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Binahong menjadi tanaman obat yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit, tanaman ini sudah menjadi obat tradisional sejak dulu di negara-negara Asia. Tidak hanya dapat menyembuhkan penyakit, binahong juga memberikan manfaat kesehatan untuk wajah.

Daun binahong adalah

Tanaman binahong memiliki nama latin basella rubra, menjadi tanaman herbal yang tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah. Binahong tidak hanya tumbuh di Indonesia, tapi juga banyak tumbuh di Cina, Vietnam, Madagascar, dan Korea. 

Daun binahong memiliki kandungan flavonoid yang tinggi dan kaya akan antioksidan, sehingga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh termasuk kulit. Binahong juga mengandung banyak nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, lutein, fosfor, potassium, dan beta karoten.  

Beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari konsumsi daun binahong, yaitu:

  • Mengendalikan asam lambung
  • Meredakan hemoroid
  • Mengurangi gejala anemia
  • Melancarkan peredaran darah
  • Melancarkan siklus menstruasi
  • Meredakan asam urat
  • Membantu meredakan penyakit paru-paru
  • Menyembuhkan penyakit otak
  • Menyembuhkan disentri
  • Meningkatkan energi dan vitalitas
  • Menyembuhkan penyakit ginjal
  • Menyembuhkan fraktur
  • Meningkatkan tekanan darah
  • Membantu pemulihan pasca operasi
  • Meningkatkan nafsu makan

Manfaat daun binahong untuk kecantikan

Manfaat kesehatan lain dari Binahong adalah untuk merawat kulit dan kecantikan. Kenapa? Karena daun binahong mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit kita agar tetap sehat dan mencegah penuaan. Berikut adalah beberapa manfaat daun binahong untuk kecantikan:

  1. Menjaga kesehatan rambut

Selain kulit, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga keindahannya dan masih menjadi bagian dari kecantikan. Rambut yang sehat dapat memancarkan kecantikanmu. Kandungan antioksidan dalam daun binahong ternyata dapat menutrisi kulit, sehingga tidak mudah rusak. Kamu bisa minum air rebusan daun binahong setiap hari untuk merasakan khasiatnya.

  1. Membersihkan wajah

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar rumah pasti mudah terkena polusi. Belum lagi makeup yang kamu gunakan setiap hari. Polusi dan bekas make up bisa menutupi pori-pori di wajah dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk menghindarinya, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan daun binahong. Caranya yaitu dengan merebus daun binahong dan airnya digunakan untuk membersihkan wajah. Lakukan ini secara teratur dan kamu dapat melihat langsung efek positifnya pada wajah.

  1. Memutihkan kulit

Hampir setiap wanita menginginkan kulit putih. Untuk mendukung upaya mendapatkan kulit putih dan bersih, daun binahong bisa menjadi solusi yang tepat. Tentunya menggunakan daun binahong lebih aman karena merupakan bahan herbal. Mengkonsumsi air rebusan daun binahong tidak hanya membuat kulit putih, tetapi juga menyehatkan tubuh.

  1. Menghaluskan kulit

Kulit mulus dan bersinar menjadi dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit yang mulus tanpa efek samping, kamu bisa memanfaatkan daun binahong. Cukup dengan 20 lembar daun binahong, lalu rebus dengan air sekitar 500 ml. Diamkan beberapa saat hingga air rebusan dingin dan gunakan untuk mencuci muka dan bagian tubuh lainnya. 

Manfaat daun binahong untuk wajah 

Kamu bisa mendapat banyak khasiat dari mengkonsumsi daun binahong secara rutin. Tidak hanya menjadi cantik dengan kulit sehat, tubuh pun ikut sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Berikut beberapa manfaat daun binahong untuk wajah:

  1. Menghilangkan komedo

Kamu pasti kesal saat ada komedo di wajah, terutama di bagian hidung? Kemunculan komedo memang sangat merusak penampilan. Jika kamu sudah mencoba menggunakan beberapa produk tetapi tidak berhasil, kali ini coba gunakan daun binahong. Gunakan air rebusan binahong untuk cuci muka, kamu bisa melakukannya secara rutin tiga kali sehari.

  1. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini dapat disebabkan oleh stress oksidatif. Kondisi ini bisa bertambah parah dengan adanya radikal bebas. Karena radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit dan membuatnya keriput.

Daun binahong diketahui mengandung antioksidan, vitamin A, C, lutein, zeaxanthin, serta beta-karoten yang berfungsi melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Vitamin A dan C akan mendukung kulit agar lebih elastis, meremajakan kulit, dan tentunya mencegah penuaan dini.

  1. Mengatasi jerawat

Jerawat menjadi masalah wajah yang sangat banyak dialami oleh orang-orang. Kamu mungkin sudah lelah menggunakan berbagai produk pengobatan jerawat namun tidak ada hasilnya. Tapi jangan putus asa dulu, karena daun binahong masih bisa menyelamatkan wajahmu.

Kamu hanya perlu menumbuk daunnya dan menempelkannya di wajah. Tunggu 10 menit dan bilas. Atau bisa juga dengan merebus 8 lembar daun binahong. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hari sekali sampai kondisi jerawat mereda.

Selamat mencoba!

Share artikel ini
Reference