Cara Menurunkan Hipertensi di Usia Muda
Hidup Sehat

Cara Menurunkan Darah Tinggi di Usia Muda yang Bisa Kamu Coba

Putri Aprillia | Januari 4, 2022
Share

Darah tinggi atau hipertensi dikenal sebagai salah satu penyakit yang terjadi pada orang berusia lanjut. Namun ternyata tidak sedikit juga anak muda terserang penyakit ini. Cara menurunkan darah tinggi di usia muda sendiri dapat mulai dilakukan mulai sekarang lho.

Kamu yang masih berusia muda harus mulai waspada terhadap penyakit ini ya. Yuk cari tau apa yang menjadi penyebab penyakit, bahaya dan bagaimana cara menurunkannya di ulasan kali ini.

Mengapa tekanan darah tinggi dapat menyerang generasi muda?

Ternyata usia muda tidak lantas menjadikan kamu terhindar dari penyakit ini. Usia muda merupakan golongan yang rentan terhadap hipertensi. Menurut Aha Journals, setidaknya 1 dari 8 anak muda yang terserang tekanan darah tinggi dengan rentang usia 20-40 tahun.

Terkadang penyakit ini tidak terlalu diperhatikan dan lebih fokus pada mereka yang berusia tua. Padahal darah tinggi merupakan silent killer yang harus diwaspadai, bahkan untuk anak muda.

Dalam penelitian Dr Wanpen Vongpatanasin dari Southwestern Medical Center, Ia dan rekannya menemukan bahwa Hipertensi Sistolik Terisolasi atau (HST) yang menyerang orang dewasa muda kebanyakan disebabkan oleh jarangnya melakukan aktivitas olahraga dan obesitas. Hal itu mengakibatkan adanya kekakuan pembuluh darah arteri yang menyebabkan hipertensi.

Kondisi hipertensii tersebut mempunyai risiko pengerasan arteri, peningkatan stroke, dan kerusakan ginjal serta otak. Tekanan darah normal biasanya sekitar 120 (sistolik)/80 (diastolic). Sedangkan pada tekanan darah tinggi dapat mencapai 140/90 mmHg atau bahkan lebih tinggi.

Dapat disimpulkan, kondisi tekanan darah tinggi yang menyerang usia muda ini dapat terjadi karena pola hidup yang kurang sehat, seperti makan-makanan junk food, stres, kurang istirahat, dan jangan berolahraga. Nah, untuk lebih detail mengenai penyebab hipertensi usia muda, simak pembahasan selanjutnya.

Penyebab darah tinggi di usia muda

Tentunya penyebab darah tinggi di usia muda harus kamu ketahui agar dapat melakukan pencegahan terserang penyakit ini ya. Apa saja penyebab darah tinggi yang menyerang usia muda?

1. Kelebihan berat badan

50% usia muda terserang darah tinggi karena obesitas atau kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan ini menjadi sebab munculnya resisten insulin yang menjadikan sel tubuh menolak insulin untuk membantu gula darah masuk ke sel. Hal ini juga menimbulkan gangguan pembuluh darah, dan natrium tertahan di dalam tubuh.

2. Pola makan buruk

Pola makan buruk menjadi sebab hipertensi menyerang usia muda. Terlalu banyak garam dan lemak, makanan siap saji, gorengan dapat menjadikan usia muda terserang hipertensi.

3. Stres

Pada saat stres, hormon dalam tubuh akan mengalami perubahan sehingga memicu hipertensi. Stres juga mengancam aspek kesehatan lain seperti menyebabkan kolesterol tinggi. Cara menurunkan darah tinggi di usia muda salah satunya yaitu itu pola hidup teratur dan menghindari stres berlebih.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga bisa jadi salah satu faktor penyebab hipertensi ini terjadi pada anak muda. Sebab, pasokan darah bersih dalam arteri menuju otak terhambat. Rokok juga dapat melukai pembuluh darah, menghambat kerja jantung saat memompa darah ke seluruh tubuh.

5. Faktor keturunan

Hipertensi dapat terjadi pada usia muda karena faktor keturunan. Orang tua yang memiliki hipertensi mempunyai risiko besar menurunkan pada anaknya. Selain itu hipertensi juga didukung dengan riwayat kebiasaan keluarga.

6. Konsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat menjadi penyebab hipertensi di usia muda. Alkohol dapat merusak pembuluh darah sehingga pasokan darah yang membawa oksigen terhambat, hal ini dapat menjadi sebab tekanan darah tinggi terjadi.

7. Malas olahraga

Jika kamu malas berolahraga, maka saraf tubuh menyempit dan pasokan darah yang membawa oksigen juga akan terhambat. Sehingga, tekanan darah pada tubuh dapat meningkat.

Gejala darah tinggi di usia muda

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab hipertensi, kamu juga harus tau gejala dan ciri-ciri tekanan darah tinggi serta tahu cara menurunkan darah tinggi di usia muda, antara lain:

  • Bercak merah di mata
  • Wajah merah
  • Sering sakit kepala
  • Sesak nafas
  • Muncul darah pada urine
  • Detak jantung tidak teratur
  • Hidung mimisan/berdarah

Beragam kondisi dan gejala darah tinggi ini rupanya dapat menjadi parah jika sudah terjadi hal berikut ini, lho:

  • Muntah/mual
  • Nyeri di sekitar dada
  • Mati rasa pada area tubuh tertentu
  • Kejang

Jika kamu merasakan gejala darah tinggi baik itu dalam batas normal atau bahkan lebih, kami menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Di samping itu, ada beberapa bahaya yang harus kamu ketahui dan cara yang dapat dilakukan untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada usia muda.

Bahaya darah tinggi di usia muda

Ada beberapa bahaya darah tinggi di usia muda, sehingga kamu perlu mencari cara menurunkan darah tinggi di usia muda. Darah tinggi tidak hanya menjadi musuh bagi kaum tua, tetapi dengan faktor lingkungan dan pola hidup yang kurang sehat, usia muda juga tidak jarang dapat mengalaminya.

Selain itu jika tekanan darah tinggi diabaikan tentu akan berbahaya karena dapat menyebabkan komplikasi, seperti:

  • Gangguan ginjal
  • Jantung
  • Merusak kerja mata
  • Kelainan dan gangguan kerja otak
  • Pecahnya pembuluh darah

Cara menurunkan darah tinggi di usia muda

Jika kamu memiliki gejala hipertensi tadi, sebaiknya kamu segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara berikut untuk menurunkan kondisi darah tinggi di usia muda.

  1. Hindari stress berlebihan
  2. Istirahat yang cukup
  3. Berhenti atau kurangi merokok
  4. Batasi konsumsi alkohol
  5. Melakukan olahraga teratur dan rutin
  6. Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Hindari gorengan, garam dan makanan mengandung pengawet
  7. Kurangi makanan cepat saji

Yuk, Kontrol darah tinggi di usia muda!

Penyakit ini seringkali dianggap sebelah mata oleh anak muda karena mereka masih percaya bahwa darah tinggi hanya akan menyerang orang tua. Jika terjadi gejala dan kondisi darah tinggi, maka kamu yang berusia muda wajib mengontrolnya agar tidak semakin parah.

Pada usia muda, hipertensi memang tidak dapat disembuhkan dan dicegah. Apalagi jika faktor risikonya tidak berubah. Konsumsi obat dan tindakan penyembuhan dari dokter akan sangat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Lakukan pencegahan sedini mungkin, cek tekanan darah dan tensi sangat diperlukan guna melakukan pencegahan. Langkah proaktif dan mengetahui cara menurunkan darah tinggi di usia muda sangat penting diketahui untuk mencegah risiko bahaya di masa depan.

 

Reference
Share