Penderita jantung lemah atau kardiomiopati merupakan kondisi saat otot jantung melemah. Menurut American Heart Association, jantung lemah mengakibatkan jantung tidak dapat berfungsi dengan baik, yaitu saat memompa darah yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh.

Pengobatan jantung lemah juga mungkin direkomendasikan agar mencegah efek perkembangan yang semakin parah seperti gagal jantung.

Kondisi jantung lemah dapat berakibat fatal seperti kematian. Penderita jantung lemah harus menjaga kesehatan dan menerapkan hidup sehat melalui makanan yang dikonsumsinya. Ketahui jenis Makanan untuk jantung lemah yang direkomendasikan di bawah ini yuk~

Seberapa umumkah jantung lemah terjadi

Jantung lemah dapat terjadi karena beberapa faktor. Pola makan yang buruk seperti mengonsumsi banyak makanan dengan tinggi natrium atau garam, lemak jahat dan lemak trans.

Pola makan buruk ni dapat meningkatkan berbagai penyakit serius seperti tekanan darah tinggi, risiko diabetes, tinggi kolesterol sehingga memperparah kardiomiopati.

Asupan makanan bagi penderita jantung lemah perlu diperhatikan agar kesehatan jantung tetap terjaga disamping tetap melakukan pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter.

Daftar makan untuk jantung lemah juga dapat dikonsumsi dengan mudah sehingga tidak ada alasan untuk menghindarinya. 

Mengenai penyebab jantung lemah, apa saja faktor yang dapat memperburuk kondisi jantung sehingga mengakibatkan otot melemah?

Baca juga: Penyakit Kardiovaskular Adalah Gangguan Jantung, Ini Faktanya! 

Faktor penyebab jantung lemah

risiko serangan jantung

Jantung lemah ternyata dapat terjadi karena berbagai faktor. Penyakit ini perlu diwaspadai karena dalam tingkat yang parah dan tidak ada penanganan, maka kondisi akan memburuk sehingga aktivitas memompa darah tidak akan efektif.

Gejala dari jantung lemah juga dapat dirasakan pasiennya. Faktor yang menyebabkan jantung lemah antara lain:

  • Usia (lansia)
  • Penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, infeksi dll
  • Kebiasaan merokok
  • Riwayat penyakit jantung keluarga
  • Efek samping obat tertentu

Dilansir dari National Heart, Lung and Blood Institute, berikut ini gejala jantung lemah yang umumnya dirasakan oleh kardiomiopati:

  • Kelelahan
  • Sesak nafas, sulit nafas dan merasa berat saat beraktivitas fisik
  • Bengkak pada kaki, pergelangan tangan, perut, tungkai, pembuluh darah
  • Pusing
  • Sering pingsan saat beraktivitas fisik
  • Detak jantung tidak teratur atau aritmia
  • Murmur jantung atau terdapat suara tidak biasa dari detak jantung

Terdapat beberapa makanan untuk jantung lemah yang direkomendasikan agar menjaga kesehatan dan tidak memperparah kondisi jantung yang bisa dikonsumsi oleh kardiomiopati.

Baca juga: Apa Penyebab Serangan Jantung? Tak Hanya Kolesterol!

Daftar makanan untuk jantung lemah

Pola hidup yang sehat dan konsumsi makanan yang bergizi merupakan cara tepat untuk dapat dilakukan saat kondisi jantung lemah.

Asupan serat, mineral, lemak baik, vitamin dan nutrisi lain dapat diperoleh dari makanan yang sehat. Berikut daftar makanan yang direkomendasikan untuk penderita jantung lemah, antara lain:

1. Ikan dan minyak ikan

manfaat ikan pollock untuk kesehatan jantung lemah

Ikan dan minyak ikan sangat baik dimanfaatkan sebagai asupan karena tinggi asam lemak omega-3. Dengan kandungan bermanfaat ini, banyak faktor kesehatan jantung yang dapat diatasi.

Misalnya, menghindari detak jantung tidak teratur atau aritmia, tekanan darah tinggi, menurunkan trigliserida, risiko gagal jantung, stroke dan penggumpalan darah.

Banyak studi yang telah menunjukkan bahwa omega 3 dapat membantu pengobatan pada pasien jantung lemah. Jenis ikan yang direkomendasi karena mempunyai omega 3 tinggi antara lain mackerel, ikan kod, tuna, trout, salmon.

Konsumsi ikan dna minyak ikan ini dua kali seminggu agar menjaga kesehatan dan mengurang risiko kematian.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan makanan yang baik utnuk penderita jantung lemah. Jenis sayuran seperti kol, sawi, kale, selada, bayam, paprika dan sawi mempunyai kandungan vitamin A, C, K dan B (folat), serta kalium.

Jenis sayuran hijau ini sangat baik untuk pembuluh darah, menurunkan berat badna hingga mencegah risiko obesitas. Sayuran hijau ini sangat mudah ditemukan di rumah dan cocok dikonsumsi oleh kardiomiopati.

Manfaat sayuran hijau dapat dirasakan saat dikonsumsi dengan rutin setiap hari. Direkomendasikan untuk makanan sayuran hijau segar dan bukan makan kemasan atau kaleng. Jenis sayur kaleng mengandung natrium tinggi yang tidak baik untuk kardiomiopati.

Baca juga: 7 Makanan Pantangan Kolesterol, Jauhi Supaya Tetap Sehat

3. Oatmeal

Oatmeal mempunyai kandungan serat tinggi, vitamin, mineral dan nutrisi lain seperti fosfor, zinc, vitamin B1 dan magnesium.

Nutrisi ini sangat baik untuk penderita jantung lemah karena dapat menurunkn factor risikonya seperyi tekanan darah, kolestrol jahat hingga komplikasi kardiomoipati.

4. Kacang-kacangan

Siapa yang tidak suka makan kacang? Kacang-kacangan merupakan jenis makanan untuk jantung lemah tinggi protein namun tidak mengandung lemak jenuh.

Jenis kacang dan polong sangat baik untuk penderita jantung lemah seperti kacang hitam, kacang merah, kacang hijau dan lima. Kandungan lemak tak jenuh dan vitamin dapat mengontrol kolesterol jahat dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

5. Alpukat

manfaat alpukat untuk kesehatan

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh atau monounsaturated fat yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Faktor kolesterol dapat memperparah kondisi jantung lemah sehingga dapat diturunkan dengan banyak mengonsumsi buah ini.

Baca juga: Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Bisa Atasi Depresi Juga!

6. Buah beri

Jenis buah beri, khususnya strawberry dan blueberry baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung lemah. Senyawa flavonoid dalam buah beri seperti antosianin mempunyai sifat antioksidan sehingga dapat mencegah peradangan.

Antosianin memang dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi pembuluh darah. Buah beri dapat dimakan langsung atau dicampur dengan makanan lain seperti oatmeal atau yogurt tanpa lemak sebagai sarapan rutin penderita jantung lemah.

7. Kiwi

manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Tahukan kamu jika buah kiwi mengandung vitamin c lebih banyak daripada jeruk? Vitamin c akan membantu menjaga kesehatan jantung dan kelenturan pembuluh darah. Aliran darah akan semakin lancar dan jantung dapat bekerja dengan baik.

8. Manggis

Tidak hanya rasanya yang enak, asam manis, namun khasiat manggis juga tidak kalah baik sebagai Makanan untuk jantung lemah.

Buah dan kulit buah manggis berkhasiat besar dalam menjaga kesehatan jantung dengan kandungan zat xanthone yang mengurangi risiko penyakit jantung. 

Xanthone dapat melebarkan pembuluh darah dan mengurangi lemak yang menumpuk pada aliran darah sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras.

9. Tomat

Tomat baik untuk meningkatkan vitalitas tubuh dengan kandungan vitamin c-nya yang tinggi. Tomat juga mengandung likopen yang dapat menghilangkan lemak jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah. Kalori pada tomat juga dapat mengurangi risiko jantung lemah semakin parah.

10. Nanas

manfaat pisang, makanan untuk menyehatkan jantung lemah

Buah segar ini memiliki daya tarik dan khasiat yang luar biasa. Vitamin c dalam nanas dapat menangkal radikal bebas yang mengganggu metabolisme dan kesehatan jantung.

Rutin konsumsi nanas dapat mencegah penyakit jantung lemah dan menjaga jantung tetap sehat.

11. Semangka

Buah dengan kandungan air yang tinggi ini merupakan rekomendasi makanan untuk jantung lemah. Semangka mengandung likopen yang merupakan senyawa antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Aliran darah dapat lebih lancar dan mencegah jantung bekerja terlalu keras sehingga mengakibatkan lemahnya otot jantung.

12. Pisang

kalori pisang

Pisang baik untuk penderita hipertensi yang memicu kondisi jantung lemah semakin parah. Dalam buah ini terdapat kandungan kalium yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan jantung. Kalium juga dapat menurunkan tekanan darah dan menghindari risiko yang akan ditimbulkannya.

Baca juga: Manfaat Jus Pisang untuk Kesehatan, Cocok untuk Diet!

13. Delima

Delima diketahui mengandung polifenol dan antosinin yang bermanfaat untuk melenturkan pembuluh darah. Aliran darah menjadi lebih lancar dan risiko jantung lemah dapat dihindari dengan buah ini.

Makanan untuk jantung lemah yang direkomendasikan ini cukup mudah ditemukan dengan khasiatnya yang tinggi untuk kardiomiopati. Jangan lupa untuk terus menerapkan pola hidup dan pola makan sehat agar risiko jantung lemah dapat dihindari.

Share artikel ini
Reference