manfaat buah kiwi untuk ibu hamil
Kehamilan

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil yang Kaya Manfaat

dr. Wisniaty Condro | Januari 17, 2022
Share

Pernah melihat buah dengan kulit berwarna kuning keemasan atau kecokelatan, berukuran kecil, dan berserabut? Ya, itu adalah salah satu buah subtropis, buah kiwi. Dengan daging buah yang berwarna hijau, buah kiwi ternyata memberikan banyak manfaat terutama untuk ibu hamil.

Meskipun kebanyakan buah kiwi terasa asam dan sedikit manis, buah kiwi justru dapat mencegah masalah pencernaan. Tentu saja, masih banyak manfaat buah kiwi untuk ibu hamil lainnya.

Tapi, sebelum itu, apakah ibu hamil boleh makan buah kiwi? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apakah ibu hamil boleh makan buah kiwi?

Buah kiwi atau disebut juga gooseberry China tentu boleh-boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil. Sampai saat ini, tidak ada larangan bagi ibu hamil yang ingin menyantap buah kiwi kecuali ibu hamil rentan dengan gastritis atau memiliki alergi terhadap buah kiwi.

Pada kondisi lain seperti ibu hamil yang memiliki alergi lateks juga diharapkan untuk lebih waspada ketika hendak mengonsumsi buah kiwi. Pasalnya, ibu hamil yang memiliki alergi buah kiwi dan lateks bisa mengalami gejala alergi seperti ruam kulit dan pembengkakan di sekitar mulut.

Apabila ibu hamil tidak pernah memiliki alergi dengan buah kiwi, tentu saja ibu boleh menikmati buah berdaging hijau yang satu ini. Belum lagi, buah kiwi yang kaya akan vitamin dinilai memberikan banyak manfaat baik untuk ibu dan buah hati.

Di bawah ini adalah berbagai macam kandungan vitamin yang dimiliki oleh buah kiwi.

Kandungan buah kiwi untuk ibu hamil

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan tentu diperoleh dari berbagai kandungan vitamin dan mineralnya. Buah kiwi tidak hanya dikenal sebagai buah yang kaya vitamin C, melainkan juga kaya akan vitamin K.

Selain vitamin C dan K, berikut adalah kandungan lain dari buah kiwi yang bermanfaat baik untuk ibu hamil dan tumbuh kembang janin:

  • Asam folat
  • Kalium
  • Besi
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kolin
  • Protein
  • Asam alfa-linolenat
  • Asam lemak omega-3
  • Karotenoid
  • Beta karoten
  • Lutein
  • Zeaxanthin

Buah kiwi juga dikenal sebagai buah pembangkit tenaga atau nutrisi karena mengandung banyak serat makanan. Terlebih lagi, buah kiwi yang mengandung vitamin A dan E ternyata rendah gula, lemak, dan bahkan tidak mengandung kolesterol.

Karena berbagai kandungan tersebut, buah kiwi memberikan banyak manfaat dan dikatakan sangat ideal untuk dikonsumsi selama kehamilan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut.

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Buah kiwi tidak hanya memberikan manfaat untuk ibu hamil pada trimester pertama, tetapi hingga trimester ketiga. Pada suatu penelitian, buah kiwi dapat membantu mendukung proses perkembangan janin dan mencegah masalah pada bayi. Berikut adalah beberapa manfaat buah kiwi jika dikonsumsi selama kehamilan:

Mencegah cacat tabung saraf pada bayi

Mengandung asam folat, kiwi dapat membantu pembentukan dan pemeliharaan sel dalam tubuh, serta mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi dalam kandungan. Kamu bisa makan buah kiwi sebulan sebelum mencoba untuk hamil.

Membantu penyerapan zat besi

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang berikutnya adalah penyerapan zat besi. Dalam hal ini, zat besi berperan penting untuk membantu pembentukan neurotransmitter dan fungsi otak.

Mencegah anemia selama atau setelah kehamilan

Bayi yang sedang berkembang membutuhkan zat besi ekstra. Kondisi ini sering meningkatkan risiko anemia pada ibu hamil. Buah kiwi yang kaya akan vitamin C dapat menyerap zat besi dan mencegah anemia selama atau setelah kehamilan.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Dengan vitamin C, buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan dan energi untuk ibu hamil. Tidak hanya alergi, antioksidan dalam buah kiwi dapat melindungi ibu hamil dari bahaya radikal bebas.

Meningkatkan fungsi otak

Masih dengan vitamin C, manfaat buah kiwi untuk ibu hamil kali ini adalah membantu meningkatkan fungsi otak. Vitamin C akan membantu pembentukan neurotransmitter janin dan memaksimalkan fungsi otak.

Membantu perkembangan otot dan jantung

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun gigi, kalsium pada buah kiwi bermanfaat untuk membantu perkembangan otot dan jantung bayi dalam kandungan.

Membantu kelancaran buang air besar

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yang satu ini berhubungan dengan gangguan pencernaan seperti sembelit. Buah kiwi yang kaya akan serat makanan akan membantu melunakkan tinja sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Belum lagi, buah kiwi juga meredakan kembung dan sakit perut, lho.

Menjaga kadar gula darah

Kiwi dinilai memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada buah lain. Oleh karena itu, buah kiwi bisa menjaga kadar gula darah dan membantu mencegah diabetes gestasional.

Membantu pembekuan darah

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil berikutnya yakni meningkatkan penyembuhan dan membantu pembekuan darah. Dari kandungan buah kiwi yang kaya akan vitamin K, kamu bisa memastikan tubuh memiliki vitamin K yang cukup menjelang tanggal persalinan.

Mendukung regenerasi kulit yang sehat

Dari berbagai sumber vitamin dan mineral, kiwi yang kaya akan vitamin E dapat mencegah kerusakan sel-sel pada ibu dan bayi. Ketika sel-sel dapat berkembang dengan baik maka kesehatan kulit pun dapat terjaga.

Menjaga keseimbangan hormon

Selama kehamilan, banyak ibu hamil yang mengalami kelelahan, stres, bahkan depresi. Buah kiwi dapat membantu menyeimbangkan hormon dan mencegah terjadinya perubahan suasana hati yang buruk.

Terlepas dari beberapa manfaat buah kiwi di atas, ingatlah kalau buah kiwi mengandung manis alami dan rendah kalori. Jadi, ibu hamil dapat mengatasi rasa lapar atau ngidam dengan mengonsumsi buah kiwi tanpa perlu takut berat badan bertambah.

Nah, berikut berbagai resep penyajian buah kiwi yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Saran penyajian buah kiwi untuk ibu hamil

Ibu hamil dapat menyantap 2 hingga 3 buah kiwi setiap hari. Akan tetapi, jika kamu bosan menyantap buah kiwi, cobalah beberapa kreasi atau saran penyajian buah kiwi yang aman dan menyehatkan untuk ibu hamil berikut ini:

  • Buah kiwi sebagai campuran salad
  • Kiwi sebagai topping pada kue atau pie
  • Smoothie kiwi yang menyegarkan
  • Es buah kiwi yang dibekukan dalam cetakan
  • Selai buah kiwi

Apabila setelah makan buah kiwi kamu mengalami rasa gatal, pembengkakan di bibir atau lidah, ruam dan gatal-gatal, maupun diare, kamu bisa mengurangi hingga menghentikan asupan buah kiwi. Beberapa reaksi tersebut bisa jadi karena kamu memiliki alergi atau mengonsumsi buah secara berlebihan.

Reference
Share