omega 3 untuk ibu hamil

Young pregnant woman taking vitamins. A, D, E, omega-3 capsules. Female in home interior sitting in bed, capsules close up

Salah satu manfaat terbesar asam lemak omega 3 untuk ibu hamil, yaitu mengurangi resiko bayi lahir prematur. Bayi yang mendapat asupan omega 3 yang cukup akan berkembang lebih cepat daripada bayi yang kurang asupan omega 3.

Kandungan ini sangat bagus untuk perkembangan otak dan mata bayi dalam janin. Kamu bisa mendapat manfaat asam lemak omega 3 dari berbagai makanan atau suplemen minyak ikan. Biasanya dokter kandungan atau bidan akan selalu merekomendasikan suplemen tersebut kepada ibu hamil.

Apa itu omega 3?

Omega 3 adalah nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan (atau suplemen) yang membantu membangun dan menjaga kesehatan tubuh. Omega 3 adalah kunci struktur setiap dinding sel yang dalam tubuh. Juga menjadi sumber energi dan membantu menjaga jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan yang penting pada omega 3, yaitu EPA dan DHA umumnya ditemukan pada jenis ikan tertentu seperti salmon. Adapun kandungan yang tidak kalah penting dari omega 3 yaitu ALA (asam alfa-linolenat), bisa kamu temukan pada sumber tanaman seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Tubuh kamu sangat memerlukan kandungan nutrisi tersebut agar tetap sehat.

Mengapa omega 3 untuk ibu hamil sangat penting

Penelitian yang dilakukan di Laval University, Quebec menyebutkan bahwa ibu hamil dengan kandungan DHA tinggi pada darahnya, akan melahirkan anak dengan kemampuan inderawi, motorik, dan kognitif yang lebih baik. Kandungan DHA ini bisa ditemukan pada asam lemak omega 3.

Kemampuan tersebut sangat berkaitan dengan kecerdasan anak, dengan kata lain bahwa omega 3 dapat membantu anak lahir dengan kecerdasan. Tidak hanya itu, anak pun akan memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan jarang sakit. Mengkonsumsi omega 3 setelah melahirkan juga dapat memperlancar ASI.

Kapan mengkonsumsi omega 3 untuk ibu hamil

Waktu terbaik untuk mengkonsumsi omega 3 yaitu saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga. Karena pada saat itu, perkembangan otak janin dimulai dan berat otak pun bertambah pesat hingga dua setengah kali lipat dari sebelumnya.

Lanjutkan konsumsi omega 3 hingga bayi berusia dua tahun, karena perkembangan otaknya akan terus berlangsung. Tidak hanya pada bayi, ibu juga boleh melanjutkan konsumsi suplemen atau makanan kaya akan omega 3. Salah satu manfaatnya yaitu untuk memperlancar asi yang baik untuk bayi.

Macam macam sumber omega 3 untuk ibu hamil

Selain suplemen minyak ikan, kamu juga bisa mendapat nutrisi omega 3 secara alami melalui beberapa makanan. Berikut adalah macam macam sumber omega 3 untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi:

Ikan dan seafood

Banyak ikan dan seafood yang mengandung omega 3 tinggi, namun sayangnya masih banyak hewan laut yang mengandung merkuri. Beberapa ikan dengan merkuri rendah yaitu salmon, tuna, sarden, ikan cod, ikan tilapia, dan catfish. Sedangkan untuk seafood rendah merkuri yaitu udang, kepiting, dan kerang. Kamu harus lebih hati-hati dalam memilih seafood yang rendah merkuri.

Telur

Telur ayam mengandung omega 3 terutama jenis DHA. Jika ingin mendapat nutrisi terbaik dari telur, pilihlah ayam betina dengan pangan mikroalga yang diperkaya DHA atau yang diberi suplemen mikroalga turunan DHA.

Tahu

Produk kedelai seperti tahu, susu kedelai, dan edamame dapat menjadi sumber asam lemak omega-3 yang baik. Pastikan setiap jenis produk kedelai yang kamu pilih termasuk produk rendah lemak dan telah diperkaya dengan tambahan omega-3.

Sayuran daun hijau

Sayuran hijau tua dan berdaun seperti kubis, kangkung, bayam dan selada air mengandung jumlah omega-3 yang bervariasi. Kamu bisa mengonsumsi berbagai sayuran untuk mendapat manfaat omega 3.

Manfaat mengonsumsi omega 3 untuk ibu hamil

Manfaat omega 3 bagi ibu hamil tidak perlu diragukan lagi, ibu dan janin akan mendapat segudang manfaat jika rutin mengkonsumsinya. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Mengurangi resiko bayi lahir prematur.
  • Meningkatkan perkembangan otak dan mata janin.
  • Bermanfaat untuk kesehatan mental ibu.
  • Memiliki dampak positif terhadap risiko obesitas pada anak.

Jumlah omega 3 untuk ibu hamil yang diperlukan

Para ahli menyarankan ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi minimal 8 ons ikan atau seafood per minggu, jumlahnya sekitar 2-3 porsi. Ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi sekitar 1,4 mg omega 3 dalam sehari.

Kamu bisa mendapatkan nutrisi omega 3 dengan mengkonsumsi ikan dan seafood atau suplemen. Jika ingin memilih suplemen, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan untuk mendapatkan dosis yang tepat.

Tips mengonsumsi omega 3 untuk ibu hamil

Jika kamu masih bingung seputar konsumsi omega 3, berikut adalah beberapa tips mengonsumsi omega 3 untuk ibu hamil:

  1. Pilihlah seafood rendah merkuri untuk mendapat nutrisi omega 3.
  2. Jika ragu memilih seafood, sebaiknya pilihlah konsumsi suplemen dengan konsultasi ke dokter.
  3. Pilih produk makanan berlabel ‘kaya akan omega 3’ untuk mendapat nutrisi yang banyak.
  4. Pastikan kamu rutin mengkonsumsi omega 3 selama hamil hingga menyusui.

Suplemen omega-3 (DHA/EPA) dapat membuat pendarahan lebih mungkin terjadi pada ibu hamil. Maka dari itu, kamu tidak bisa membeli suplemen sembarangan. Dokter akan membuatkan resep dengan dosis yang sesuai.

Share artikel ini
Reference