7 Manfaat Vitamin E untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Vitamin E merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ini sebabnya, vitamin E kerap digunakan dalam kandungan produk kecantikan hingga digunakan secara langsung pada wajah. Tapi apa sih sebenarnya manfaat vitamin E untuk wajah? Yuk, ketahui jawabannya dengan simak ulasan berikut ini. 

Manfaat vitamin e untuk wajah

eksfoliasi untuk kulit kering

Berikut sejumlah manfaat vitamin E yang baik untuk kulit wajah:

1. Menjaga kelembaban kulit

Vitamin E akan menjaga kulit supaya tetap terhidrasi dalam jangka waktu lama. Ini karena vitamin E dapat membentuk penghalang pelindung di sekitar sel kulit. Penghalan ini dapat mencegah hilangnya kelembaban kulit. Vitamin E juga berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat.

2. Bertindak sebagai antioksidan

Vitamin E dianggap sebagai antioksidan yang sangat kuat. Ketika vitamin ini digunakan teratur, dapat membantu mencegah munculnya tanda penuaan dini. Selain itu, antioksidan juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.

3. Melawan kerusakan kulit akibat sinar UV

Vitamin E juga diketahui dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan efek dari paparan sinar UV seperti kulit kendur, kerutan, garis halus hingga bintik hitam pada kulit. Mengkombinasikan vitamin C dan E akan sangat baik untuk meningkatkan efektivitas manfaat vitamin E yang satu ini. 

4. Melindungi sel dari kerusakan

Kulit rentan mengalami kerusakan baik karena paparan sinar UV, lingkungan, polusi, hingga asap yang dapat mempercepat proses penuaan. Penggunaan vitamin E dapat membantu memperkuat pelindung kulit sehingga dapat melindungi kulit dari risiko kerusakan akibar berbagai faktor tersebut.

Alami sampai Medis, Ini Deretan Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

5. Melembutkan kulit

Manfaat vitamin E untuk wajah selanjutnya adalah dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Bukan hanya itu, vitamin ini juga membuat kulit lebih kenyal dan tampak lebih sehat.

6. Menenangkan kulit yang kemerahan

Kulit yang kemerahan juga dapat diminimalisir dengan penggunaan vitamin E. Pasalnya, vitamin yang satu ini dapat menenangkan kulit.

7. Menjaga elastisitas kulit

Vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk mempertahankan elastisitas kulit. Manfaat ini akan semakin bagus jika kamu mengkombinasikan Vitamin E dengan vitamin lain seperti vitamin A dan vitamin C. Sehingga elastisitas kulit terjaga dan kulit juga menjadi lebih kencang.

Cara pakai tablet vitamin e untuk wajah

manfaat natur e 300 untuk wajah

Sebelum menggunakan vitamin E, baiknya kamu memilih tablet vitamin E yang bebas paraben. Untuk penggunaannya sebenarnya mudah, berikut cara pakai tablet vitamin E untuk wajah:

1. Oleskan secara langsung

Berikut cara penggunaan vitamin E secara langsung

  • Bersihkan kulit dengan pembersih wajah yang ringan. 
  • Biarkan kulit kering terlebih dahulu
  • Buka tablet atau kapsul vitamin E dan tuangkan pada tangan
  • Oleskan vitamin pada wajah secara merata
  • Pijat atau tepuk kulit secara ringan supaya vitamin E mereka ke dalam kulit.

2. Campurkan dengan masker lidah buaya

Kamu juga bisa membuat masker dengan campuran lidah buaya dan vitamin E. Pasalnya, lidah buaya kaya akan nutrisi dan antioksidan. Ini cara membuat masker lidah buaya dan vitamin E.

  • Cuci lidah buaya, potong daun dan ambil bagian gel lidah buaya
  • Haluskan gel dan tambahkan vitamin E
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, kamu bisa membersihkannya dengan air bersih

3. Campurkan dengan masker pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang membantu meregenerasi kulit. Berikut cara membuat masker pepaya dan vitamin E:

  • Ambil beberapa sendok pepaya dan haluskan
  • Tambahkan vitamin E dan air mawar
  • Oleskan pada wajah selama 15-20 menit. 
  • Biarkan sampai kering lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Pipi

Efek samping kebanyakan pakai vitamin E untuk wajah

Meskipun manfaat viatamin E untuk wajah memang sangat banyak, namun tidak disarankan untuk penggunaan berlebihan. Selalu gunakan vitamin E cair untuk digunakan pada kulit wajah, kulit kepala hingga rambut. 

Penggunaan vitamin E berlebih dapat menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit. Berikut sejumlah risiko penggunaan vitamin E dalam dosis tinggi.

  • Mengganggu produksi hormon tiroid
  • Melemahkan tulang
  • Meningkatkan risiko kanker prostat
Share artikel ini
Reference