makanan pantangan kolesterol

Dejected crying young Asian woman with dark hair holds sweet cotton candy and ice cream feels temptation to eat high calories dessert keeps to diet poses indoor. Dieting and junk food concept

Menghindari makanan pantangan kolesterol menjadi langkah yang tepat untuk mencegah penyakit semakin parah. Kolesterol menjadi penyakit yang banyak dialami oleh orang-orang, baik itu orang tua maupun anak muda. 

Salah satu penyebab kolesterol tinggi yang paling umum yaitu pola hidup yang buruk, seperti jarang olahraga dan terlalu banyak makan makanan berlemak. Sebelum kolesterol semakin tinggi dan membuat kamu terbaring di rumah sakit, yuk hindari makanan pantangan kolesterol dari sekarang!

Daftar makanan pantangan kolesterol

Menghindari makanan pantangan kolesterol memang tidak mudah, apalagi jika kamu terbiasa makan makanan cepat saji sehari-sehari. Namun demi menjaga kesehatan, langkah ini harus kamu lakukan. Berikut makanan yang harus harus kamu hindari:

1. Telur

Telur menjadi salah satu makanan paling bergizi tapi juga mengandung kolesterol tinggi, 1 butir telur besar (50 gram) menghasilkan 207 mg kolesterol. Angka ini tentu akan membuat kadar kolesterol meroket.

2. Jeroan

Jeroan hewan seperti jantung, ginjal, hati, usus, sangat bergizi namun juga mengandung kolesterol yang tinggi. Misalnya jantung ayam (145 gram) saja mengandung kolesterol sebanyak 351 mg.

3. Makanan cepat saji

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan cepat saji tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Selain beresiko kolesterol tinggi, makanan ini juga mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan gula. Kamu tidak hanya beresiko terkena kolesterol tapi juga penyakit jantung, hipertensi, dan obesitas.

4. Gorengan

Tidak hanya gorengan bakwan atau tahu, kamu sebaiknya menghindari semua jenis makanan yang digoreng. Semua makanan yang digoreng mengandung kolesterol yang tinggi dan lemak trans.

5. Full-fat yoghurt

Full-fat yoghurt mengandung kolesterol yang dikemas bersamaan dengan berbagai nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng, dan kalium. Satu kemasan (245 gram) yogurt mengandung 31,8 mg kolesterol.

6. Udang

Dibandingkan dengan makanan laut lainnya, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi. Maka dari itu, udang menjadi makanan pantangan kolesterol yang wajib kamu hindari.

7. Kulit

Kulit hewan yang sering dimasak menjadi berbagai olahan termasuk ke dalam makanan tinggi kolesterol. Terutama kikil dan kulit ayam krispi, kamu harus menghindari makanan lezat ini jika mengidap kolesterol tinggi.

Pantangan kolesterol selain makanan

Selain menghindari pantangan makanan kolesterol, kamu juga perlu menghindari kebiasaan buruk yang membuat kolesterol semakin parah. Berikut adalah pantangan kolesterol selain makanan:

Malas-malasan

Bermalas-malasan atau tidak banyak gerak hanya akan membuat penyakit semakin parah. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik selama 30-40 menit setiap harinya. Langkah ini dapat membantu mengelola kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Merokok

Berhenti merokok mengurangi risiko penyakit jantung dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Cara paling efektif untuk berhenti merokok adalah dengan melakukan terapi berhenti merokok (bagi yang sudah kecanduan).

Alkohol

Alkohol bukanlah konsumsi yang memberikan manfaat bagi tubuh, ini hanya akan memperparah penyakit termasuk kolesterol dan jantung.

Makanan penurun kolesterol

Beberapa makanan menurunkan kolesterol dengan cara yang berbeda. Ada yang memberikan serat larut, mengikat kolesterol dan prekursor dalam sistem pencernaan, atau menyeret mereka keluar dari tubuh sebelum mereka masuk ke sirkulasi, dan beberapa mengandung sterol dan stanol,yang menghalangi tubuh menyerap kolesterol.

Berikut adalah makanan yang bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol tinggi:

  • Oats
  • Barley dan biji-bijian utuh lainnya
  • Terong dan okra
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan
  • Minyak sayur
  • Apel, anggur, stroberi, buah sitrus
  • Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol 
  • Kedelai
  • Fatty fish (sarden, tuna, mackerel)
  • Suplemen serat

Cara menghilangkan kolesterol 

Menurunkan kadar kolesterol tinggi harus dilakukan dengan konsistensi dan kesabaran. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan kolesterol:

  • Makan lebih banyak serat. Penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak serat  terutama serat larut yang ditemukan dalam buah-buahan, kacang-kacangan, dan gandum dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.
  • Meningkatkan aktivitas fisik. Menjadi lebih aktif secara fisik adalah cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. Latihan aerobik intensitas tinggi bisa menjadi cara paling efektif untuk menguranginya.
  • Menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan berlebih adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol. 
  • Kurangi kebiasaan tidak sehat. Berhenti dari kebiasaan tidak sehat seperti merokok dapat secara signifikan mengurangi kadar kolesterol buruk. Merokok meningkatkan kadar kolesterol LDL dan sangat meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, dan emfisema.
  • Makan lebih banyak buah dan sayur. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki kadar kolesterol LDL (jahat) yang lebih rendah.

Kamu harus mewaspadai penyakit kolesterol tinggi sedini mungkin, karena gejalanya dapat membuatmu kesulitan beraktivitas sehari-hari. Lakukan pola hidup sehat sebisa mungkin demi masa depan yang lebih sehat.

Share artikel ini
Reference