kalori kerupuk kulit

Kerupuk kulit merupakan makanan ringan yang cocok untuk camilan. Selain itu, kerupuk ini juga cocok untuk dipadukan bersama berbagai makanan dan nasi. Namun, berapa ya jumlah kalori kerupuk kulit? Yuk ketahui jawabannya disini.

Kalori dan nutrisi kerupuk kulit

Jumlah kalori kerupuk kulit pada setiap 100 gram adalah 422 kalori. Selain itu, kerupuk ini juga mengandung lemak sebanyak 4.00 gram. Bukan hanya itu, kerupuk ini juga memiliki kandungan protein sebanyak 83,00 gram.

Ini Jumlah Kalori Kerupuk, Hati-Hati Bisa Bikin Gemuk!

Manfaat dan efek samping kerupuk kulit

Setelah mengetahui jumlah kalori kerupuk kulit, kamu juga perlu tahu manfaat hingga efek samping kerupuk ini. Berikut manfaatnya.

1. Mengobati maag

Kerupuk kulit diketahui dapat mengatasi gejala perih pada perut dan mual karena gangguan maaf. Jika kamu sedang mengalami gejala tersebut, kamu bisa mengkonsumsi kerupuk kulit ini. 

pertolongan pertama saat maag kambuh

2. Baik untuk pertumbuhan tulang

Kerupuk kulit memiliki kandungan protein hewani yang tinggi, kalsium dan fosfor. Kandungan fosfor dan kalsium ini juga dapat membantu pertumbuhan gigi dan tulang. Jadi, cocok sekali untuk dikonsumsi anak selama masa pertumbuhan tersebut.

3. Menambah cadangan energi

Mengkonsumsi kerupuk kulit dapat membantu menambah cadangan energi terutama jika dikonsumsi pada pagi dan siang hari. Kandungan protein hewani pada makanan ini lah yang dapat menyimpan energi cadangan pada tubuh sehingga kamu bisa menjalani berbagai aktivitas dengan baik. 

4. Tinggi akan kandungan protein

Salah satu kandungan gizi dalam kerupuk kulit adalah protein yang tinggi. Asupan protein ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh termasuk untuk pertumbuhan hingga regenerasi sel-sel tubuh.

5. Baik untuk pencernaan

Manfaat selanjutnya adalah baik untuk pencernaan. Ini karena kerupuk kulit memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat inilah yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat mengatasi sulit BAB. 

Jenis Penyakit Pencernaan yang Perlu Kamu Ketahui, Yuk Hindari!

6. Mengandung protein hewani yang tinggi

Bahan dasar untuk membuat kerupuk kulit adalah kulit dari hewan seperti sapi dan kerbau. Ini sebabnya, kerupuk kulit memiliki kandungan protein hewani yang tinggi. Protein ini dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, membantu pertumbuhan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, protein hewani juga dapat membentuk otak, organ dan sel darah merah. Dengan begitu, fungsi otak juga dapat meningkat. Perlu kamu ketahui bahwa asupan protein hewani juga dapat membantu menjaga keseimbangan dan pembentukan hormon.

7. Meredakan rasa pedas

Manfaat kerupuk kulit selanjutnya adalah dapat mengatasi rasa pedas. Ini karena kerupuk kulit memiliki kandungan minyak alami yang berasal dari kulit hewan. Kandungan inilah yang dapat menetralisir rasa pedas yang menyiksa pada lidah. Jadi, kamu bisa makan kerupuk kulit untuk menghilangkan rasa pedas tersebut.

Efek samping makan kerupuk kulit

Bukan hanya cukup mengetahui kalori kerupuk kulit dan manfaatnya, kamu juga perlu tahu sejumlah efek samping yang dapat ditimbulkan. 

Meskipun memiliki berbagai manfaat, namun mengkonsumsi kerupuk kulit tidak boleh berlebihan. Ini karena ada sejumlah efek samping yang dapat terjadi dan mengganggu kesehatan tubuh. Berikut sejumlah efek samping mengkonsumsi kerupuk kulit berlebih.

ciri kolesterol tinggi pada wanita

1. Sebabkan kolesterol

Kerupuk kulit memiliki kandungan minyak berlebih, apalagi kerupuk ini diolah dengan cara penggorengan yang berulang. Ada sejumlah efek buruk dari konsumsi minyak berlebih ini, yakni dapat sebabkan kolesterol menjadi naik.

Apalagi, kerupuk kulit juga mengandung lemak jenuh yang bisa membuat kolesterol melonjak. Ini sebabnya, jangan konsumsi kerupuk kulit secara berlebihan atau terlalu sering.

2. Tidak baik dikonsumsi dalam jangka panjang

Mengkonsumsi kerupuk kulit berlebih juga tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang. Pasalnya, beberapa produk kerupuk kulit memiliki kandungan pengawet, pewarna dan dibuat dari bahan yang tidak sehat.

Bahkan, terkadang mengandung MSG terlalu banyak untuk meningkatkan cita rasa. Jika dikonsumsi terus, berbagai kandungan tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan dalam jangka panjang. 

Itulah sejumlah ulasan mengenai kalori kerupuk kulit, manfaat hingga efek samping yang dapat ditimbulkan. Meskipun mengkonsumsi kerupuk kulit memang dapat membawa beragam manfaat, namun kamu harus tetap membatasi jumlah konsumsi makanan ini.

Baca juga:

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference