cara menghilangkan kutil di leher dengan cepat

Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah bahaya kutil di leher? Apakah sama bahayanya dengan kutil yang tumbuh di bagian tubuh lain?

Kutil biasanya tidak berbahaya dan kemungkinan hilang dengan sendirinya, tetapi dapat merusak bentuk jika muncul di leher.

Jika kamu ingin mengetahui cara menghilangkan kutil di leher dengan cepat dan aman, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu kutil di leher?

Kutil leher adalah pertumbuhan abnormal jaringan pada kulit yang dimulai sebagai benjolan kecil dan muncul di kulit leher. Seperti kutil pada umumnya, kutil leher terasa kasar dan kering saat disentuh.  

Orang  yang memiliki kutil, terutama di leher, mungkin  akan melakukan  banyak hal demi menyingkirkannya dengan cepat.

Bukan karena mengganggu estetika kulit, kutil juga merupakan penyakit kulit menular yang dapat ditularkan kepada orang lain melalui kontak fisik dengan seseorang yang memiliki kutil.

Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab munculnya kutil di leher dan cara menghilangkannya.

Penyebab munculnya kutil di leher

kutil di leher

Kutil di leher dapat dialami oleh siapapun, tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Namun, sebagian besar kasus kutil terjadi pada orang muda.

Kutil ini bisa disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Ada 150 jenis virus ini, tetapi hanya sedikit yang menyebabkan kutil pada kulit. 

Virus dapat menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom, kontak fisik dengan orang yang terinfeksi, atau menggunakan handuk dan pakaian yang sama dengan orang yang terinfeksi. 

Kutil di leher bisa disebabkan karena menggaruk leher setelah menyentuh kutil di area tubuh lain. Infeksi virus dimulai pada lapisan basal epidermis kulit.

Virus tersebut kemudian menyebabkan pembelahan sel pada keratinosit, menyebabkan penebalan kulit dan menghasilkan partikel virus yang menular.

Cara Mengobati Benjolan di Leher dengan Daun Sirih, Terbukti Ampuh!

Cara menghilangkan kutil di leher

Karena kutil adalah penyakit kulit yang menular, kamu sebaiknya tahu bagaimana cara menghilangkan kutil di leher dengan cepat. Ikuti langkah-langkah ini, yuk!

1. Gunakan obat medis

Kutil di leher dapat diobati dengan berbagai jenis obat kutil, seperti asam salisilat dan asam glikolat yang membantu pengelupasan kulit. Penggunaan obat medis ini akan memungkinkan kutil rontok secara alami.

2. Krioterapi

Krioterapi adalah prosedur medis yang paling umum digunakan untuk mengobati kutil leher. Prosedur ini merupakan prosedur medis yang menggunakan nitrogen cair untuk membekukan dan menghancurkan kutil. 

3. Bedah listrik dan kuretase

Cara menghilangkan kutil di leher dengan cepat selanjutnya adalah dengan prosedur pembedahan.

Bedah listrik dan kuretase sering digunakan bersamaan untuk mengobati kutil di leher. Bedah listrik digunakan untuk mengeringkan kutil dan kuretase untuk menghilangkan kutil kering.

4. Terapi laser

Perawatan laser digunakan ketika kutil di leher tidak dapat diobati dengan metode konvensional. Agar pasien bebas dari rasa sakit, dokter bedah memberikan bius lokal sebelum memulai perawatan.

Kutil di leher biasanya tidak berbahaya. Namun, jika kutil terasa nyeri, berubah warna, berdarah, atau berisi nanah, segera temui dokter.

Hal ini juga harus dilakukan untuk mencegah kutil menyebar ke area tubuh lain atau ke orang lain.

5. Operasi pembedahan

Tindakan ini akan digunakan oleh dokter ketika kutil sudah tidak merespons pengobatan atau sudah dilakukan tindakan lain sebelumnya.

Selama operasi, dokter akan menyuntik kamu dengan obat bius dan kemudian memotong kutil dengan pisau bedah. Namun, operasi bedah ini dapat menyebabkan munculnya jaringan parut.

Benjolan di Ketiak Kanan Sakit Bila Ditekan: Apa Saja Penyebabnya?

Obat menghilangkan kutil

cara menghilangkan kutil di leher

Di apotek sudah banyak obat kutil yang bisa kamu beli dan gunakan untuk menghilangkan kutil di leher dengan cepat. Beberapa di antaranya, yaitu:

1. SIMC Plester kutil

Plester ini adalah plester khusus yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit khusus seperti kutil. Yang harus kamu lakukan adalah menempelkan plester pada kutil dan membiarkannya selama beberapa saat.

2. Callusol

Obat yang satu ini biasa direkomendasikan untuk menghilangkan kutil, dijual bebas di apotek, tapi tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh bayi atau penderita penyakit ginjal.

3. Kutilos

Kutilos merupakan obat yang mengandung  asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol, yang digunakan untuk membantu menghilangkan kutil.

Untuk pemakaiannya, bersihkan terlebih dahulu area kutil yang akan diobati, rendam kapas pada obat, dan tempelkan kapas pada kutil.

Nah, sekarang kamu sudah tahu penyebab dan cara menghilangkan kutil di leher. Jauhi penyebabnya dan atasi sekarang jika kamu sudah mengalaminya!

Kutil Kelamin Wanita: Infeksi Menular Seksual yang Patut Diwaspadai

Share artikel ini
Reference