kandungan skincare untuk kulit berjerawat

Kulit yang berminyak dan berjerawat memang membuat senewen ya? Kondisi kulit ini jika menggunakan kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang kurang tepat, maka akan memperparah kondisi jerawat sehingga sulit untuk sembuh.

Ada beberapa bahan yang sebaiknya digunakan saat berjerawat dan berminyak serta ada bahan yang juga harus kamu hindari, lho. Apa saja bahan-bahan itu? Simak yuk agar pilihan skincare tepat untuk kondisi kulit kamu!

Jerawat adalah

Siapa yang tidak pernah berjerawat? Mungkin sangat jarang ya seseorang yang tidak pernah mengalami jerawat sama sekali.

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang terjadi karena penyumbatan minyak dan sel kulit mati dengan bentuk benjolan kecil. Jenis jerawat yang muncul dan meradang dapat mengganggu kenyamanan hingga gangguan kesehatan lain.

Jerawat umumnya bisa diatasi dengan bahan alami, namun tentu membutuhkan aktu yang cukup lama sampai mengembalikan kulit tanpa jerawat dan bekasnya.

Jerawat juga bisa datang karena salah dalam pemakaian skincare. Ada kandungan dalam skincare yang sebaiknya dipakai dan dihindari. Apa saja kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang aman digunakan?

Baca juga: Sedang Jerawatan? Ini Cara Ampuh Mengatasi Breakout

Kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat

Memilih kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang aman sebetulnya cukup banyak dan bisa disesuaikan dengan penggunaan skincare sehari-hari kamu. Melansir dari webMD, berikut kandungan skincare yang cocok untuk kulit berjerawat.

1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida menjadi salah satu kandungan dalam skincare yang baik untuk kulit berjerawat. Kandungan ini dapat menjadi pengobatan jerawat yang banyak ditemukan dalam sabun cuci muka, obat atau resep dalam bentuk gel, lotion, krim dan jenis obat jerawat lainnya. 

Bahan ini dapat membunuh bakteri pada kulit dan membuka pori-pori kulit. Namun bagi pemilik kulit yang sensitif haru hari-hari karena bahan ini kerap menimbulkan iritasi. Pakailah skincare dengan kandungan benzoil kadar paling rendah maksimal 2,5%.

2. Asam salisilat

Kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang selanjutnya adalah asam salisilat. Produk perawatan kulit ini mudah didapatkan, menjadi eksfoliasi dan menghilangkan kulit mati. Asam salisilat juga dapat mencegah pori-pori tersumbat yang menjadi sebab jerawat.

3. Asam Alfa Hidroksi

Asam Alfa Hidroksi atau AHA adalah obat untuk jerawat yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mengurangi peradangan dalam kulit. Bahan ini dapat memperbaiki penampilan kulit, merangsang regenerasi kulit baru. AHA dalam skincare jerawat mempunyai 2 jenis yaitu asam laktat dan asam glikolat.

Baca juga: Bahas Tuntas Kegunaan Moisturizer untuk Wajah Glowing! 

4. Sulfur

Sulfur kerap menjadi kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang dicampur dengan benzoil peroksida atau asam salisilat. Bahan ini dapat menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat jerawat dan penyebab jerawat pada kulit berminyak.

Meskipun memiliki bau yang menyengat dan kurang sedap, namun bahan ini dapat mengurangi minyak berlebih.

5. Retinol

Retinol menjadi bahan yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak dalam skincare dengan kandungan turunan vitamin A. Retinol dalam skincare dapat mencegah kemunculan jerawat dan mengecilkan pori-pori lebar pada kulit.

6. Adapalene

Adapalene merupakan retinoid topical yang dapat menjaid kandungan skincare aman utnuk wajah berjerawat dan berminyak. Retinoid merupakan turunan vitamin A yang baik untuk merawat kulit menua dan berjerawat.

Pori-pori yang lebar dapat dicegah sehingga tidak membuat minyak tersumbat dan menyebabkan jerawat.

7. Asam azelaic

Kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang aman digunakan yaitu asam azelaic. Asam azelaic mempunyai sifat anti inflamasi dan anti bakteri sehingga membantu mencegah penumpukan keratin dan protein yang menyumbat pori-pori kulit.

8. Vitamin C

Manfaat vitamin c untuk kulit

Vitamin C atau asam askorbat merupakan nutrisi yang memiliki sifat anti inflamasi. Zat bermanfaat ini dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit yang berjerawat.

9. Minyak tea tree

Minyak tea tree menjadi salah satu kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang aman digunakan. Minyak ini dibuat dari pohon the yang khasiatnya hampir sama seperti benzoil peroksida. Minyak ini bermanfaat namun tidak secepat bahan lain dalam mengobati jerawat.

10. Niacinamide

Sifat anti inflamasi dalam niacinamide menjadi perawatan kulit jerawat dan berminyak yang cukup ampuh. Jerawat yang meradang dan menyebabkan jaringan parut dapat dipulihkan dengan bahan ini.

Niacinamide juga dapat menurunkan kadar minyak pada kulit dan memperbaiki kembali tekstur kulit rusak karena jerawat.

11. Centella asiatica

kandungan centella asiatica

Skincare dengan kandungan centella asiatica acid mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan akibat jerawat dan asiaticoside yang menyembuhkan luka karena jerawat, menenangkan kulit dan meningkatkan sintesis kolagen pada kulit.

12. Ceramide

Dengan ceramide, kulit tetap dalam lembab namun mengurangi minyak sehingga jerawat tidak terus memburuk. Kandungan skincare yang aman ini bisa dicoba dulu di kulit untuk mencegah iritasi

13. Witch hazel

Witch hazel merupakan salah satu produk skincare yang mengandung tanin dengan sifat antioksidan. Sifat ini akan mengatasi noda bekas jerawat sehingga memperbaiki kerusakan pada kulit.

13 bahan ini cenderung aman untuk kamu pilih sebagai kandungan skincare, namun tetap sesuaikan dengan tipe kulit dan gunakan sesuai dengan aturan, ya. Lalu apa saja kandungan skincare yang harus dihindari?

Baca juga: Masker Spirulina yang Ampuh Hempaskan Jerawat

Kandungan skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang harus dihindari 

Ada skincare yang sebaiknya digunakan dan juga dihindari bagi kulit berjerawat. Berikut kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang harus dihindari, antara lain:

1. Minyak esensial

Minyak esensial sebaiknya dihindari jika kamu memiliki kulit berjerawat dan berminyak. Kandungan minyak ini akan meningkatkan iritasi dan memperparah radang pada jerawat.

2. Wewangian

Wewangian atau bahan yang mengandung parfum kurang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak sehingga sebaiknya dihindari. Kandungan dalam wewangian biasanya dapat menimbulkan iritasi dan peradangan kulit. Jerawat menjadi sulit sembuh dan semakin parah.

3. Cocoa butter

Kandungan emolien dalam cocoa butter memang baik untuk hidrasi kulit, namun kandungan ini tidak disarankan untuk pemilik wajah berjerawat dan berminyak. Sifat komedogenik dalam bahan ini malah dapat memicu jerawat muncul lho.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa sebaiknya dihindari bagi kulit berjerawat dan berminyak. Kandungan minyak ini akan meningkatkan produksi minyak dan pori-pori semakin tersumbat hingga menyebabkan jerawat.

Selain itu kandungan bahan rentan jerawat yang perlu dihindari yaitu paraffin, lanolin, minyak mineral, petroleum jelly, turunan silicon seperti dimethicone dan cyclomethicone. Pakailah kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang berbahan dasar air atau bahan non-komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori dan memburuk kondisi jerawat.

Share artikel ini
Reference