Manfaat retinol untuk wajah
Hidup Sehat Kecantikan dan Kebugaran Perawatan Tubuh

5 Manfaat Retinol untuk Wajah Bermasalah, Yuk Intip Disini!

Putri Aprillia | Februari 23, 2022
Share

Retinol sering digunakan sebagai bahan aktif dari beberapa jenis skincare wajah. Manfaat retinol untuk wajah menjadi alasan kamu dapat menjumpai retinol di salah satu perawatan yang mungkin sering kamu gunakan setiap harinya.

Kira-kira, mengapa retinol sering digunakan sebagai salah satu bahan perawatan wajah? Apa yang menjadi manfaat dan bagaimana tips menggunakannya? Semua jawabannya bisa kamu ketahui dari ulasan berikut ini. Yuk simak!

Apa itu retinol?

Retinol adalah bahan aktif vitamin A yang sering digunakan dalam produk perawatan wajah atau skincare. Banyak fungsi yang bisa didapat dengan penggunaan bahan aktif ini. Namun tentunya ada aturan yang harus dipatuhi dalam penggunaan retinol, terutama dalam perawatan wajah.

Dari halaman Harvard Medical School, retinoid atau retinol ini dibuat dari vitamin A. Zat ini sangat umum digunakan sebagai obat untuk jerawat pada tahun 1970-an. Manfaat retinol untuk wajah ini juga mempercepat pembentuk sel baru sehingga baik untuk digunakan sebagai perawatan wajah.

Kandungan retinol

Sesuai dengan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk wajah, retinol juga memiliki jenisnya sendiri yang disesuaikan dengan tingkat kekuatannya. Beberapa produk dengan kandungan retinol, retinyl palmitate, retinaldehyde atau adapalene sangat baik untuk perawatan wajah.

Selain itu kandungan yang lebih kuat seperti jenis retinol tretinoin dan tazarotene juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kulit jika digunakan sesuai anjuran. Meskipun diketahui sangat bermanfaat, wajah perlu beradaptasi dengan pemakaian retinol sehingga banyak aturan khusus yang perlu diperhatikan.

Manfaat retinol untuk wajah

Retinol diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk wajah, diantaranya bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah, seperti:

1. Mengatasi Jerawat

Retinol dapat membantu agar pori-pori wajah bersih dan mengurangi penumpukan sel kulit. Kandungan retinol pada skincare dapat membantu meredakan peradangan jerawat di kulit wajah. Retinol juga dapat meminimalisir jerawat, noda hitam komedo hingga masalah wajah yang lain.

2. Penuaan dini

Manfaat retinol untuk wajah salah satunya bisa sebagai anti-aging alami. Retinol dalam skincare membantu mempercepat proses pergantian sel kulit sehingga menjadi lebih cerah dan halus. Bahan aktif retinol dapat membuat garis keriput memudar sehingga penuaan dini dapat dihindari.

3. Kerusakan wajah akibat sinar matahari

Manfaat retinol untuk memperbaiki wajah dari kerusakan akibat paparan sinar matahari seperti keriput, garis halus, dan hiperpigmentasi. Retinol dapat memperkuat kulit, melindungi dan membantu kerusakan wajah akibat matahari.

4. Menghilangkan milia

Milia adalah benjolan kecil yang biasanya tumbuh di sekitar dahi, kelopak mata dan hidung. Benjolan ini bisa dikurangi dengan serum retinoid yang dapat mengikis milia dan mencegah benjolan lain muncul kembali.

5. Mengendalikan gejala psoriasis

Retinol dapat mengendalikan penderita psoriasis atau penyakit kulit kronis sehingga dapat memperlambat kerusakan sel, meredakan bengkak atau kemerahan dan mengatasi kulit yang menebal hingga bersisik.

Manfaat retinol untuk wajah dapat membantu memperbaiki dan mengendalikan sel kulit wajah sehingga terhindar dari berbagai masalah. Retinol dapat dipakai bebas namun sesuai dengan aturan.

Retinol untuk ibu hamil

Meskipun retinol dikenal sebagai salah satu bahan terbaik untuk perawatan wajah, Namun The American Academy of Dermatology secara khusus menyebutkan bahwa retinol merupakan bahan yang tidak aman dan tidak direkomendasi untuk digunakan oleh ibu hamil.

Meskipun belum ada bukti khusus mengenai efek retinol pada ibu hamil, namun dermatologis menyarankan penggunaan vitamin A topical pada kandungan retinol ini sebaiknya dihindari selama kehamilan dan menyusui. Beberapa risiko penggunaan retinol untuk ibu hamil memiliki efek samping serius, antara lain:

  • Sindrom retinoid janin. Secara khusus, ini merupakan pola catat lahir fisik dan mental yang merupakan efek dari mengonsumsi retinoid. Hal ini dapat terjadi karena retinoid sistemik atau retinol yang diminum.
  • Adanya kelainan pada bayi. Konsumsi retinol saat hamil dapat berefek pada kraniofasial, kelainan jantung, malformasi timur dan sistem saraf pusat. Malformasi kraniofasial adalah bayi yang menunjukan kelainan struktur wajah ketika ibu hamil mengonsumsinya selama kehamilan.

Lalu bagaimana sebaiknya menggunakannya agar manfaat retinol untuk wajah dapat sesuai dan tidak memberikan dampak buruk untuk kesehatan?

Tips menggunakan retinol

Jika kamu ingin menggunakan produk retinol, pastikan kamu memperhatikan tips pemakaiannya. Hal itu supaya kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal dan terhindar dari efek sampingnya. Berikut beberapa tips menggunakan retinol yang aman:

  • Gunakan pada kulit kering. Gunakan produk skincare wajah mengandung retinol pada saat kondisi kulit kering. Jika kulit lembab maka dapat terjadi iritasi dan kulit menjadi lebih cepat kering. Berikan jarak pada penggunaan pelembab dan retinol agar dapat maksimal manfaatnya.
  • Gunakan secukupnya. Hindari penggunaan retinol dengan jumlah banyak dan terlalu sering. Gunakan secukupnya dan dalam skala kecil hingga bertahap jika baru pertama kali menggunakannya.
  • Aplikasikan pada malam hari. Produk retinol mempunya zat photolabile yang mudah rusak saat terpapar sinar matahari langsung sehingga dianjurkan penggunaanya pada malam hari untuk menghindari kerusakan.
  • Hindari pemaikaian retinol dengan bahan tertentu. Beberapa jenis bahan yang sebaiknya tidak digunakan bersama dengan retinol seperti produk eksfoliasi mengandung beta hydroxy acid (BHA) dan alpha-hydroxy acid (AHA).
  • Hentikan selama kehamilan dan menyusui. Penggunaan retinol dapat berefek pada cacat lahir janin sehingga disarankan ibu hamil untuk menghentikan pemakaian bahan ini.

Itu tadi manfaat retinol untuk wajah yang digunakan dengan jumlah yang tepat dapat membantu kerusakan pada kulit dan membebaskannya dari kerusakan wajah. Gunakan sesuai aturan dan patuhi tips penggunaanya agar terhindar dari efek buruk yang tidak diinginkan.

Reference
Share