apa kegunaan moisturizer

Ada yang masih bingung dengan apa kegunaan moisturizer? Moisturizer bukan hanya sekedar pelembap kulit. Pada dasarnya, moisturizer adalah perawatan topikal yang mengurangi gejala kulit kering dan membuat kulit kasar terasa lebih halus.

Bukan hanya membasahi kulit—yang dapat melemahkan lapisan pelindung alaminya—peran penting moisturizer adalah untuk ‘menjebak’ air dan mencegahnya keluar.

Tergantung pada bahan apa lagi yang digunakan, moisturizer juga memperbaiki penghalang kulit, memberikan bahan anti-penuaan dan/atau anti-inflamasi, dan mengurangi ketidaknyamanan dari kondisi kulit tertentu seperti dermatitis dan eksim.

Sebagian besar moisturizer adalah campuran terpisah antara minyak dan air, memberikan konsistensi krim atau lotion. Namun, formula dengan konsentrasi air yang lebih tinggi akan terasa lebih seperti gel (dan seringkali bebas minyak), sedangkan formula dengan banyak minyak cenderung lebih kental.

Apa kegunaan moisturizer?

Melembabkan secara instan memberimu kulit yang kenyal dan kencang. Moisturizer juga menawarkan sejumlah manfaat lain:

Menggunakan moisturizer adalah cara yang efektif untuk memperlambat tanda-tanda penuaan kulit. Menjaga kelembapan kulit dapat mencegah munculnya garis dan kerutan dini, dan dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan yang sudah ada. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology menemukan bahwa subjek yang menggunakan moisturizer mengembangkan kerutan jauh lebih lambat daripada mereka yang memiliki kulit kering.

Moisturizer memberimu permukaan kulit yang halus. Bukan hanya karena meratakan kulit dengan menutupi, moisturizer juga menutupi pori dan menahan kelembaban sehingga wajahmu tetap bersih.

Moisturizer membantu mencegah jerawat, baik pada kulit kering maupun kulit berminya. Meskipun minyak berlebih biasanya merupakan penyebab di balik jerawat, kulit kering dapat memberi sinyal pada kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan jerawat.

Moisturizer dapat menjaga kulitmu dari kelebihan tersebut dengan sebum. Mereka yang memiliki kulit berminyak juga dapat memetik manfaat dengan moisturizer. Kamu hanya perlu meneyesuaikan kandungan moisturizer dengan jenis kulit yang kamu miliki.

Dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit. Beberapa bahan perwatan kulit bisa mengeringkan wajah, seperti retinol untuk kerutan dan benzoil peroksida untuk jerawat. Moisturizer dapat mencegahmu mengembangkan lebih banyak masalah kulit seperti gatal dan mengelupas dari produk yang mengandung bahan tersebut.

Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan moisturizer?

Moisturizer
Waktu tepat pakai moisturizer

Pagi hari

Pagi hari adalah cara terbaik untuk mempersiapkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dari segala macam faktor perusak kulit. Jadi, biasakan dirimu untuk menggunakan bisa mongering dan memakai produk wajah pagi lainnya dalam urutan yang benar.

Berikut adalah contoh rutinitas wajah pagi yang dasar:

  1. Bersihkan wajahmu
  2. Oleskan toner
  3. Krim spot – seperti perawatan jerawat topikal
  4. Serum
  5. Krim mata
  6. Moisturizer – biarkan meresap selama 1 – 2 menit 
  7. SPF
  8. Make-up (primer, foundation, concealer, bedak, bronzer, blush on)

Setelah mandi, cuci muka, atau berenang

Tidak peduli jam berapa, sangat penting untuk mengoleskan moisturizer setiap kali kulitmu bersentuhan dengan air, seperti setelah mandi, berenang, atau membersihkan/mengelupas kulit wajah. Gunakan segera atau dalam 3 menit setelah mandi, cuci muka, atau berenang.

Tepuk-tepuk wajahmu dengan handuk dengan lembut, jangan terlalu kering atau digosok, dan aplikasikan sejumlah kecil moisturizer. Menerapkan moisturizer ke kulit yang baru lembab akan mengunci produk dan kelembapannya. Jika menunggu lebih lama dari 3 menit, kelembapan kulit akan hilang dan moisturizer perlu bekerja keras untuk mengembalikan kelembapan.

Sebelum tidur

Penelitian menunjukkan bahwa dari jam 10 malam dan 11 malam adalah saat kulit kita paling efektif memperbaiki dirinya sendiri. Ini berarti bahwa kita harus memakai krim moisturizer malam sebelum waktu ini agar dapat bekerja dengan baik.

Tidur adalah waktu yang penting bagi tubuh kita untuk mengisi dan memperbaiki dirinya sendiri, termasuk kulit sampai pada tingkat sel.

Sama seperti rutinitas pagi, berikut adalah contoh rutinitas wajah malam hari yang paling dasar:

  • Bersihkan dan/atau eksfoliasi dengan scrub lembut
  • Toner atau zat
  • Krim spot – seperti perawatan jerawat topikal
  • Serum
  • Krim mata
  • moisturizer – biarkan meresap selama 1 – 2 menit 
  • Minyak wajah – membantu menyegel moisturizer dan merupakan satu-satunya produk yang dapat menembus moisturizer

Sekarang setelah kamu mengetahui 3 waktu terbaik untuk melembabkan wajah, inilah saatnya untuk melihat beberapa tips bermanfaat lainnya untuk menjaga kulit tetap halus dan kenyal.

Tips menggunakan moisturizer dengan benar

Selain mengoleskan moisturizer, tips berikut dapat membantu menjaga kadar air dalam kulit dan dengan demikian membantu kulit melembabkan dirinya sendiri secara alami. 

  • Minum cukup air: Hidrasi tidak hanya penting untuk fungsi internal tubuh, tetapi juga terlihat pada kulitmu.
  • Hindari mandi air panas: Mandi air panas menghilangkan semua minyak alami kulit. Sebagai gantinya, mandi air hangat untuk waktu yang singkat dan lanjutkan dengan moisturizer saat kulit masih lembap.
  • Jangan menggosok kulit setelah mencucinya: Menggosok kulit akan mengiritasi dan dapat membuatnya lebih kering. Bersikaplah lembut pada kulitmu dengan cara menepuknya.
  • Gunakan sabun ringan: Sabun dengan bahan kimia yang kuat dapat merusak kulitmu. Gunakan sabun bebas pewangi yang mengandung bahan minimal.
  • Gunakan moisturizer udara dalam cuaca kering dan dingin: Cuaca kering dan dingin membuat kulit lebih kering. Menggunakan moisturizer udara memastikan hidrasi kulit yang memadai.
  • Gunakan lip balm untuk bibir kering: Terus oleskan lip balm beberapa kali sehari, terutama jika kamu memiliki bibir pecah-pecah.

 

Share artikel ini
Reference