Yakult sendiri merupakan minuman probiotik, terbuat dari hasil susu yang telah difermentasi dan gula. Yakult sudah hadir di Indonesia sekitar tahun 90-an. Minuman ini sendiri berasal dari Negeri Sakura, Jepang, dengan brand ‘Jahurto’ yang artinya yogurt.

Yakult mengandung sejumlah besar bakteri ‘baik’ yang disebut Lactobacillus casei shirota strain, yaitu lebih dari 6,5 miliar per botol. Sebenarnya, bakteri ini hidup di usus, dan berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga menghambat perkembangan bakteri jahat.

Menurut penelitian yang dilakukan pada sekelompok wanita muda, mengonsumsi probiotik secara teratur selama beberapa waktu membantu membuat kulit menjadi bersih.

Pasalnya, yakult memiliki sejumlah khasiat atau manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Namun, harus dengan batas konsumsi yang aman. Mengingat kalori yakult mencapai 72 kalori dalam 100 g. Jadi, berapa banyak yakult untuk 1 hari yang aman dikonsumsi? Yuk ketahui selengkapnya berikut ini!

6 Manfaat Susu Skim Rendah Lemak, Ternyata Bagus untuk Diet!

Berapa jumlah kalori yakult?

Satu botol Yakult hadir dalam kemasan 65ml yang memiliki 50 kalori. Yakult sendiri memang tidak mengandung lemak dan kolesterol. Melainkan mengandung 15g natrium, 12g karbohidrat, 10g gula dan 0,8g protein di setiap botol Yakult.

Minuman kesehatan yang diproduksi oleh PT. Yakult Indonesia Persada adalah jenis minuman kesehatan yang bebas dikonsumsi tanpa perlu resep atau anjuran dokter. Berikut ini adalah rincian jumlah kalori dalam yakult yang sering kamu temukan di pasaran, di antaranya:

Yakult

72 kalori dalam 100 g
0% lemak
93% karbohidrat
7% protein

Yakult kurang gula

25 kalori dalam 1 porsi (65 ml)
0% lemak
86% karbohidrat
protein 14%

Untuk membakar 50 kalori Yakult kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang selama 4 menit, jogging selama 6 menit, bersepeda selama 8 menit, atau berjalan selama 14 menit.

Manfaat minum yakult

Sebagai minuman susu fermentasi yang mengandung probiotik, Yakult memiliki manfaat bagi kesehatan untuk melawan virus di dalam tubuh. Apa pun? berikut adalah manfaatnya.

1. Mengurangi kecemasan dan stres

Sesuai penelitian Harvard, ada hubungan erat antara nyali dan otak kamu. Perubahan bakteri usus dapat menyebabkan kondisi neuropsikiatri seperti kecemasan atau depresi pada orang.

Berbagai penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik membantu mengurangi skor kecemasan pada orang dengan gejala kecemasan. Skor depresi juga berkurang pada orang yang mengonsumsi probiotik setiap hari.

2. Membantu mencegah sembelit

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, probiotik memperlambat waktu transit usus hingga 12,4 jam. Itu juga meningkatkan buang air besar mingguan sebesar 1,3.

Bakteri yang ada dalam probiotik melunakkan tinja agar lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Probiotik juga membantu dalam mengelola masalah pencernaan lainnya seperti diare. Oleh karena itu, minum Yakult setiap hari dapat membantu kamu menghilangkan sembelit.

Makanan Penyebab Sembelit Yang Perlu Kamu Waspadai

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kalori Yakult memang tinggi. Namun, adanya probiotik yang ada membantu mengurangi peradangan dan juga membantu mengatur kadar kolesterol. Akibatnya, ini mencegah penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Mengurangi kemungkinan kanker

Ketidakseimbangan mikroba dalam usus dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit autoimun, termasuk kanker. Ini juga menunjukkan bahwa probiotik memiliki sifat anti-kanker dan dapat menjadi alat yang efektif untuk mencegah kanker.

Mereka menunda pembentukan tumor kanker dalam tubuh dan mempertahankan keadaan fisikokimia terus menerus di usus besar. Dengan demikian, Yakult dapat mencegah kemungkinan terjadinya kanker paru-paru dan usus besar.

5. Kulit sehat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam World Journal of Dermatology, ada hubungan langsung antara bakteri usus dan kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan hubungan erat antara dysbiosis usus (pengurangan bakteri usus) dan kondisi kulit. Oleh karena itu, untuk kulit yang sehat, kamu membutuhkan bakteri baik di usus kamu.

Ini karena Yakult memiliki probiotik, yang membantu mengelola rosacea, psoriasis, dan dermatitis atopik. Semua kondisi kulit ini berhubungan dengan penurunan keragaman usus. Selain itu, karena Yakult tidak mengandung lemak atau kolesterol, ia juga mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Berapa banyak yakult untuk 1 hari?

Tingginya kalori Yakult, sebaiknya dikonsumsi dalam batas wajar. Yakult sendiri tersedia dalam kemasan botol 65 gr dan 80 gr dengan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Air
  • Sukrosa
  • Susu bubuk skim
  • Dekstrosa
  • Kultur bakteri asam laktat (L. casei Shirota strain)

Dosis yakult yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah

  • Dosis dewasa: 1-2 botol dalam sehari
  • Dosis anak-anak: 1 botol sehari
  • Dosis untuk balita di atas 8 bulan: 1 botol per hari

Cara konsumsi yang direkomendasikan

Biar konsumsi Yakult makin efektif, berikut adalah cara yang direkomendasikan:

  • Kamu sebaiknya mengonsumsi sebelum atau sesudah makan.
  • Selalu ikuti petunjuk atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk sebelum mulai mengkonsumsinya.
  • Tidak dianjurkan mengkonsumsi yakult dalam jumlah besar setiap hari, terutama bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan (seperti antibiotik) yang dapat dipengaruhi oleh produk susu.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi yakult

  • Kalori Yakult yang tinggi juga karena mengandung gula. Bagi penderita diabetes, lebih baik sesuaikan kebutuhan gula harian.
  • Minuman probiotik ini cukup aman untuk dikonsumsi orang dewasa, orang tua, dan anak-anak. Namun, tidak disarankan untuk bayi di bawah usia 8 bulan.
  • Minuman ini mengandung produk susu di dalamnya, bagi penderita alergi laktosa yang parah sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi Yakult.

Selain itu, probiotik membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Ini memfasilitasi manajemen berat badan. Oleh karena itu, Yakult bisa baik untuk menurunkan berat badan.

Share artikel ini
Reference