Kalori spaghetti

Apakah kalori spaghetti lebih rendah dari nasi? Mungkin kamu bertanya-tanya karena banyaknya orang yang memilih untuk makan spaghetti atau pasta daripada nasi. Pasta dan nasi keduanya sama sama menjadi sumber kabohidrat yang dapat memberikan energi pada tubuh.

Kalori atau spaghetti sebenarnya tergantung pada toping yang digunakan, banyak orang berkreasi dengan topping saus, daging potong, dan sayuran. Kamu bisa menyesuaikan kalori dan rasa sesuai keinginan.

Berapa kalori spaghetti

Dalam satu cangkir spaghetti atau sekitar 140 gram, terdapat kalori sebanyak 221. Angka ini belum termasuk topping yang kamu tambahkan, bisa saja jumlah kalorinya lebih tinggi atau hanya bertambah sedikit saja. 

Nutrisi Kalori Indomie Goreng, Apakah Baik Untuk Kesehatan?

Sebagai gambaran, berikut beberapa menu spaghetti dengan topping dan jumlah kalorinya:

  • Spaghetti dengan saus marinara porsi kecil, mengandung 285 kalori.
  • Spaghetti gandum utuh dengan pesto, mengandung 313 kalori.
  • Spaghetti kalengan dengan bakso, mengandung lebih dari 273 kalori.

Nutrisi spaghetti

Nutrisi Spaghetti
Nutrisi Spaghetti

Informasi nutrisi berikut oleh USDA untuk 1 cangkir (140 gram) spaghetti tanpa tambahan garam, lemak, atau topping:

  • Kalori: 221
  • Lemak: 1,3 g
  • Natrium: 1 mg
  • Karbohidrat: 43,2 g
  • Serat: 2,5 g
  • Gula: 0,8 g
  • Protein: 8,1 g
  • Besi: 1.01mg
  • Folat: 115 mcg
  • Tiamin: 0,42

Satu porsi sama dengan satu cangkir spaghetti matang atau 2 ons spageti kering.

Apakah spaghetti lebih sehat dari nasi

Spaghetti dan nasi keduanya dapat dikreasikan menjadi menu favorit dengan berbagai rasa, sehingga akan mempengaruhi jumlah kalorinya. Pasta sering dipandang sebagai makanan untuk dinikmati pada acara-acara khusus, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa pasta dapat menjadi menu rutin diet sehat selama dinikmati dalam jumlah sedang.

Saat membandingkan nasi putih dengan pasta putih, kamu akan menemukan bahwa satu porsi masing-masing mengandung jumlah kalori yang sama. Hanya saja spaghetti mengandung lebih banyak serat yang baik untuk tubuh. Semua jenis nasi dan pasta dapat dinikmati dalam jumlah sedang sebagai menu diet seimbang.

Berapa Kalori Sepiring Nasi Putih Sekali Makan?

Jadi jika kamu bertanya apakah spaghetti lebih sehat dari nasi? Jawabannya belum tentu, karena keduanya memilih jumlah kalori dan karbohidrat yang relatif sama. Sehingga hal yang menentukan keunggulannya dari keduanya adalah cara pengolahan dan topping yang kamu pilih.

Manfaat makan spaghetti

Spaghetti adalah sumber makanan yang kaya karbohidrat dan serat bersama dengan vitamin dan mineral penting lainnya. Makanan ini tidak memiliki lemak jenuh atau natrium, sehingga baik untuk diet. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari spaghetti yang perlu kamu ketahui:

1. Kaya Karbohidrat penambah energi

Spaghetti dibuat terutama dengan tepung yang kaya akan karbohidrat, sumber energi utama. Makan spageti dapat memberi tubuh semburan energi. Jika kamu sedang menjalani program diet, sebaiknya buat topping spaghetti dari dada ayam rebus dan sayuran sehat lainnya, agar tidak merusak nilai nutrisinya.

Ketahui Kebutuhan Karbohidrat Harian Kamu untuk Kesehatan Tubuh!

2. Kaya serat makanan

Spaghetti gandum utuh memiliki lebih banyak serat daripada pasta biasa lainnya. Serat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali dan sistem pencernaan tetap sehat. Jika kamu mengikuti diet bebas gluten, pilihlah spageti yang mengandung dari buncis atau zucchini.

3. Baik untuk jantung

Konsumsi makanan mediterania seperti spageti juga dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular. Terutama karena spaghetti tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh dan rendah sodium. Peningkatan kolesterol serum menyebabkan pembentukan plak di dalam pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan (penyakit kardiovaskular aterosklerotik-ASCD) dan stroke.

4. Menyediakan protein dan mikronutrien

Satu porsi spaghetti dapat memberikan 8 g protein atau sekitar 16% kebutuhan harian untuk orang dewasa. Bersamaan dengan itu, kamu juga mendapat 10% zat besi, 5% vitamin B-6, dan 6% magnesium. Protein dan mikronutrien memainkan peran penting dalam membangun otot, menjaga kesehatan tulang, pengaturan tekanan darah, dan pencegahan kanker.

Tidak semua orang akan cocok dengan konsumsi spaghetti yang sehat. Spaghetti mengandung tepung sebagai bahan utamanya yang tidak cocok untuk orang sensitif terhadap gluten.

Gluten adalah sejenis protein yang ditemukan dalam gandum, rye, dan barley. Meskipun ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan orang, tetap saja dapat menyebabkan masalah bagi mereka yang memiliki alergi. Jadi, berhati-hatilah!

Share artikel ini
Reference