kalori kopi

 

Kalori kopi terkenal sangat kecil, sehingga banyak orang yang menjadikan kopi sebagai minuman aman saat diet. Tapi hal itu hanya berlaku untuk kopi murni tanpa banyak campuran susu atau gula, seperti kopi Americano.

Banyak orang yang menyukai kopi karena rasa dan aromanya yang nikmat. Di samping itu, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh, asalkan kamu mengonsumsinya dengan cara yang sehat.

Kalori dalam kopi tanpa gula

Kopi murni tanpa campuran apapun dapat memberikan dorongan energi pada tubuh, tidak heran jika banyak orang yang meminumnya di pagi hari. Kalori dalam kopi tanpa gula sangat kecil, untuk kopi hitam hanya ada 2 kkal per 240 ml. Angka ini berlaku untuk kopi panas maupun dengan campuran es.

Sedangkan untuk espresso memiliki lebih banyak kalori per sajian 240 ml, yaitu sekitar 20 kcal. Namun, segelas espresso biasanya hanya 1 ons (30 mL), yang memiliki sekitar 2 kalori. Meski begitu, angka kalori ini masih terbilang kecil dan aman untuk dikonsumsi saat sedang diet.

Kalori dalam kopi susu

efek samping minum kopi saat haid

Kalori kopi susu tentunya memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi daripada kopi murni tanpa tambahan lainnya. Berikut adalah jumlah kalori kopi yang ditambah dengan 2 ons susu:

  • Susu tanpa lemak menambah 22 kalori dan 0,1 gram lemak.
  • Susu full cream menambah 30 kalori dan 1,2 gram lemak.
  • Susu murni menambah 38 kalori dan 2 gram lemak.

Manfaat kopi untuk kesehatan

Kopi berasal kafein yang mengandung stimulan alami yang membuat tubuh menjadi lebih enerjik. Tidak hanya itu, kopi merupakan sumber nutrisi termasuk vitamin B, potasium dan riboflavin.

Bijinya juga kaya akan antioksidan, senyawa yang melindungi sel dari kerusakan. Mengonsumsi kopi dapat menurunkan resiko dari beberapa penyakit berikut:

  • Diabetes tipe 2: Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kopi secara teratur menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Hal ini berlaku untuk kalori kopi tanpa kafein serta varietas beroktan tinggi.
  • Penyakit neurologis: Asupan kafein harian secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson yang biasanya orang derita saat lanjut usia.
  • Penyakit liver: Kopi mampu melindungi sirosis hati pada orang-orang yang berisiko terkena penyakit liver, seperti orang yang aktif minum alkohol dan orang dengan kolesterol tinggi.
  • Kanker: Para peneliti telah menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker hati dan kanker kolorektal. Keduanya menjadi penyebab utama kematian akibat kanker di dunia.
  • Depresi: Beberapa penelitian telah menemukan bahwa semakin banyak kopi yang seseorang minum, semakin rendah risiko depresi yang akan dialaminya.

Tips minum kopi sehat

Minum kopi memang sudah terbukti memberikan banyak kesehatan untuk tubuh. Namun kamu juga harus meminumnya dengan cara yang sehat agar mendapat manfaat maksimal. Berikut tips minum kopi sehat yang harus kamu ikuti:

1. Tidak minum kopi setelah jam 2 sore

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan. Kafein membuat kamu mendapat energi sehingga kamu tetap terjaga meskipun tubuhmu sudah lelah. Minum kopi sore hari bisa mengganggu waktu tidur yang nantinya memberikan efek buruk bagi kesehatan.

2. Hindari kopi dengan gula

Meskipun kopi itu sendiri sehat, kamu dapat dengan mudah mengubahnya menjadi minuman yang berbahaya karena gula. Gula dengan jumlah fruktosanya yang tinggi, dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

3. Pilih merek berkualitas, sebaiknya organik

Kualitas kalori kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam. Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak baik untuk dikonsumsi.

4. Hindari minum terlalu banyak

Asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan, meskipun sensitivitas setiap orang bervariasi. Lebih baik hindari minum kopi berlebih seperti 2-4 gelas per hari.  

5. Tambahkan kayu manis ke kopi 

Kayu manis adalah rempah-rempah lezat yang sangat cocok dengan rasa kopi. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes. Pilih kayu manis Ceylon daripada kayu manis Cassia dan tambahkan sejumput pada gelas kopimu.

Asupan kopi yang tinggi memang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Agar mendapat manfaat maksimal hindari memuat kopi tambahan gula. Sebagai gantinya, kamu bisa membumbui kopi dengan menambahkan sedikit kayu manis atau kakao.

Share artikel ini
Reference