makanan penyebab sembelit

Ada beberapa makanan penyebab sembelit yang perlu kamu waspadai. Meskipun terdengar sepele, sembelit menjadi masalah kesehatan yang menyiksa tubuh. Kamu pasti merasa tidak nyaman ketika sulit buang air besar. Mengejutkannya, wanita lebih sering mengalami sembelit daripada pria loh!

Pencernaan yang lancar menjadi salah satu kunci kesehatan yang utama. Sembelit dan konstipasi menjadi masalah umum dalam pencernaan, yang bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Bagi kamu yang ingin mengurangi resiko sembelit, yuk simak makanan apa saja yang perlu dihindari.

Apa itu sembelit?

Sembelit adalah kondisi dimana feses (alias kotoran) menjadi keras, sehingga sulit untuk keluar bahkan menimbulkan rasa nyeri. Penderita sembelit bisa tidak buang air besar selama tiga hari bahkan satu minggu. Meskipun secara medis buang air besar tidak perlu dilakukan setiap hari, tetap saja masalah ini membuat tubuh tidak nyaman.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kamu sembelit mulai dari dehidrasi, salah makan, kurang nutrisi dari sayur dan buah, diet, dan masih banyak lagi. Dalam beberapa kasus, kondisi stress juga bisa menyebabkan sembelit yang tidak nyaman.

Jenis jenis makanan penyebab sembelit

Sembelit bukan masalah yang bisa dibiarkan begitu saja, kamu mungkin tidak akan merasa nyaman seharian karena sembelit. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang menyebabkan kamu sembelit:

1. Susu

Minum banyak air memang dapat mengatasi sembelit, namun berbeda dengan susu karena lebih sulit dicerna. Kamu mungkin harus berhenti minum susu sapi selama beberapa hari untuk mengatasi masalah sembelit.

2. Daging merah

Daging-dagingan umumnya tidak menyebabkan sembelit secara langsung. Namun kurangnya serat dari daging merah bisa berpotensi menimbulkan sembelit. Hal ini akan terjadi jika kamu makan daging berlebih tanpa disertai serat dari sayur dan buah.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji memang dapat menghemat waktu, perut lapar akan langsung kenyang dalam sekejap. Namun kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah pencernaan, karena makanan cepat saji umumnya sangat rendah serat.

4. Keju

Sama seperti susu, keju cukup sulit dicerna oleh tubuh sehingga sangat mungkin menyebabkan sembelit. Kamu mungkin bisa menggantinya dengan keju vegan atau saus keju yang kandungan susunya sedikit.

5. Pisang mentah

Pisang matang mengandung serat dalam jumlah tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Sedangkan pisang mentah yang masih mengandung pati memiliki efek sebaliknya, menyebabkan sembelit atau memperburuk sembelit yang sedang kamu alami.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memperlambat pencernaan karena kaya akan lemak dan rendah serat. Apalagi jika kamu mengonsumsi gorengan berlebih, tidak perlu ditanya lagi penyebab sembelitnya dari mana.

6. Coklat

Coklat menjadi salah satu makanan manis yang menyebabkan sembelit. Beberapa penelitian juga menyebutkan roti dan teh hitam menjadi konsumsi manis lain yang dapat menimbulkan sembelit.

7. Biji-bijian olahan

Makan biji-bijian olahan adalah penyebab umum sembelit lainnya seperti tepung, pasta, roti, dan olahan lainnya. Sebaiknya kamu pilih gandum utuh jika ingin mendapat manfaat serat biji-bijian.

Faktor pengaruh makanan penyebab sembelit

Selain pengaruh makanan, sembelit juga dapat disebabkan oleh hal lainnya salah satunya karena penyakit.

Berikut beberapa penyebab lainnya:

  1. Berhenti berolahraga setelah sebelumnya rutin olahraga.
  2. Kamu mengalami stress berat.
  3. Mengonsumsi obat pereda nyeri.
  4. Tidak minum air putih dengan cukup.
  5. Tiroid dalam tubuh mengalami masalah.
  6. Kamu mengalami iritasi usus besar.
  7. Terlalu sering menahan buang air besar.
  8. Mengonsumsi obat seperti antasida.
  9. Mengalami eating disorder.

Cara mengatasi sembelit

Meskipun menjadi masalah pencernaan yang cukup mengganggu, sembelit sebenarnya mudah untuk diatasi. Kamu bisa mengobati sembelit sendiri tanpa harus ke dokter, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Perbanyak konsumsi serat, orang dewasa membutuhkan antara 25 dan 38 gram serat per hari.
  2. Perbanyak minum air putih.
  3. Makan dengan teratur.
  4. Usahakan untuk selalu rileks dan hindari stress.
  5. Olahraga rutin meskipun ringan.

Tips menghindari makanan penyebab sembelit

Hindari makanan penyebab sembelit agar pencernaan selalu lancar dan tubuh menjadi sehat. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari makanan-makanan tersebut:

  • Ganti makanan olahan dengan organik.
  • Luangkan waktu untuk memasak, jangan selalu makan makanan cepat saji.
  • Hindari semua susu dan olahannya.
  • Bila perlu, ganti semua cemilan menjadi makanan khusus vegan.
  • Kurangi makan gorengan.

Jangan sepelekan masalah sembelit, karena dapat mengakibatkan masalah lain yang membuat kesehatan memburuk. Perbanyak serat dan minum air menjadi kunci utama untuk menghindari sembelit.

Share artikel ini
Reference