berapa kalori pisang rebus

Pisang merupakan buah yang dapat diolah dengan berbagai cara dan menjadi berbagai bentuk makanan. Salah satu teknik mengolah pisang yang paling umum adalah dengan cara direbus. 

Pisang rebus ternyata juga disukai oleh banyak orang, karena rasanya yang manis dan lebih lembut. Pisang rebus biasanya nikmat disantap sebagai cemilan sore hari bersama teh hangat. Dibandingkan dengan kalori pisang goreng, kalori pisang rebus tentunya lebih menyehatkan. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Kandungan dan kalori pisang rebus

Kandungan nutrisi pada pisang rebus yakni 0 gram lemak dan kolesterol, 1 gram protein, dan 422 miligram kalium.

Saat ini, belum diketahui secara pasti bagaimana pengaruh proses perebusan pisang terhadap kandungan nutrisinya. Acuan kandungan nutrisi pisang rebus yang perlu kamu ketahui dapat didasarkan pada kandungan nutrisi pisang segar. Pisang telah terbukti menjadi sumber yang baik untuk:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Besi

Studi awal tentang efek merebus pisang menunjukkan bahwa hal itu dapat mempengaruhi nilai gizi sampai batas tertentu. Sebagai contoh, satu penelitian menunjukkan bahwa merebus pisang dapat meningkatkan pelepasan vitamin A pada pisang.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya bagaimana proses perebusan mempengaruhi nutrisi lain dalam pisang. Satu pisang rebus atau segar sedang mengandung rata-rata 105-137 kalori yang terdiri dari 3% lemak, 93% karbohidrat, 4% protein.

Baca juga:

Manfaat pisang rebus

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi pisang rebus yang dapat membantu kesehatanmu:

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

cara menurunkan berat badan

Pisang rebus adalah makanan rendah kalori yang tinggi serat makanan. Serat dikenal membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori

Merebus pisang hijau adalah cara paling populer untuk menyiapkannya. Saat pisang hijau direbus, pati resistennya sebagian dipecah dan ini membuatnya lebih mudah dicerna.

Metode memasak pisang hijau yang rendah kalori dan serat tinggi ini menjadikannya makanan yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Pisang hijau adalah sumber pati resisten yang baik. Pati resisten telah terbukti membantu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah.

Menjaga kadar gula darah tetap terkendali penting bagi penderita diabetes. Pisang hijau rebus dapat menjadi tambahan asupan makanan yang bermanfaat untuk diet penderita diabetes.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

25 tips menjaga kesehatan jantung

Kalium dalam pisang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan melawan efek natrium. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Selain itu, serat makanan dalam pisang hijau rebus juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan peradangan (3).

Bebas gula

Kalori pisang rebus juga merupakan makanan bebas gluten atau gluten free. Sehingga pisang rebus dapat pilihan yang baik untuk orang dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten.

Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Pisang merupakan salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi. Zat tersebut tidak hanya penting untuk fungsi otot, tetapi juga penting untuk fungsi sistem saraf. Elektrolit ini membantu mengatur tidur dengan mempromosikan relaksasi.

Jadi, mengkonsumsi pisang hijau yang direbus sebelum tidur selain terasa menghangatkan badan, dapat membantu juga meningkatkan kualitas tidur kamu

Share artikel ini
Reference