Manfaat daging bebek

Apakah kamu suka makan daging bebek? Daging bebek mempunyai tekstur yang sedikit lebih alot, namun memiliki rasa yang lezat. Selain rasanya yang enak, ternyata daging bebek memiliki manfaat yang tidak kalah penting untuk kesehatan. Sehingga daging ini banyak direkomendasikan sebagai bahan makanan.

Kira-kira apa saja manfaat daging bebek? Bagaimana mengolah bebek agar semakin aman untuk kesehatan? Yuk coba kulik disini untuk mengetahui manfaat tinggi dari daging bebek.

Kandungan daging bebek

Daging bebek merupakan salah satu sumber protein yang sangat tinggi. Kalori dan lemak dalam daging inipun cukup tinggi sehingga banyak hal khusus yang disarankan dalam mengonsumsi bebek ini.

Kandungan gizi daging bebek secara lengkap dapat diketahui dari informasi berikut. U.S Department of Agriculture menerangkan dalam 85 gram daging bebek terdapat:

  • 119 kkal kalori
  • 2g lemak
  • 89mg sodium
  • 0g karbohidrat
  • 0g serat
  • 0g gula
  • 23,5g protein

Bebek tidak mengandung karbohidrat sehingga tidak mengandung serat dan gula. Untuk kandungan manfaat daging bebek secara detail antara lain:

Lemak

Bebek terkenal akan kandungan tinggi lemaknya. Jumlah kandungan lemak bervariasi berdasarkan apakah bebek dikonsumsi dengan atau tanpa kulit.

Daging bebek mengandung lemak yang terdapat di antara daging dan lemak. Lemak tersebut termasuk dalam lemak tak jenuh tunggal dengan jumlah yang tinggi dan memiliki kombinasi asam lemak omega-6 dan omega-3.

Protein

Daging bebek memiliki protein tinggi kualitas dengan asam amino esensial dan non esensial. Protein ini sangat baik sebagai nutrisi makanan yang mendukung kesehatan.

Vitamin dan mineral

Mikronutrien dalam bebek mengandung zat besi, vitamin C dan selenium. Bebek juga mengandung berbagai vitamin C yang tinggi niasin dan vitamin B-12.

Niasin akan berperan penting dalam proses mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan metabolisme protein serta lemak.

BACA JUGA: 15+ Makanan yang Mengandung Lemak, Baik maupun Jahat!

Manfaat daging bebek

manfaat daging bebek untuk kesehatan

Daging bebek merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak nutrisi bermanfaat dan umumnya ditemukan dalam daging merah, seperti zat besi. Manfaat dari daging bebek untuk kesehatan antara lain:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bebek merupakan sumber selenium yang sangat baik. Kerusakan sel juga dapat dilawan dengan antioksidan tinggi untuk mencegah peradangan. Hal ini sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan tiroid

Konsumsi selenium dalam jumlah tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan tiroid. Dalam porsi 28 gram daging bebek dapat memenuhi 50% nilai harian selenium yang dibutuhkan tubuh.

BACA JUGA: Tanda dan Gejala Tiroid pada Wanita, Yuk Cermati! 

3. Melindungi tulang

Manfaat daging bebek selanjutnya adalah mampu melindungi kepadatan tulang. Konsumsi protein hewani dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Nah, daging bebek ini dapat dijadikan sebagai sumber protein yang menjaga dan melindungi tulang.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

risiko serangan jantung

Bebek memiliki kandungan asam amino yang baik untuk kesehatan jantung. Konsumsi bebek dapat dimanfaatkan untuk pengganti steak dan daging tinggi lemak jenuh lain yang berpotensi memicu penyakit kardiovaskular. Selain itu, bebek juga menyediakan zat besi lebih tinggi daripada ayam.

BACA JUGA: 25 Tips Agar Jantung Sehat, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah! 

5. Pengganti lemak hewani dan mentega

Lemak bebek mengandung persentase lemak tak jenuh yang tergolong tinggi. Lemak ini mengandung manfaat yang lebih baik dari mentega dan lemak sapi. Manfaat daging bebek dapat dikonsumsi sebagai menu harian pengganti lemak hewani jenuh.

Jumlah kalori dalam daging bebek

Menurut U.S Department of Agriculture, kalori yang terdapat dalam 85 gram daging bebek adalah 119 kalori. Sedangkan dalam berat 100gr bebek terdapat 337 kalori. Tentunya bebek dengan cara masak yang berbeda akan memiliki kandungan kalori yang berbeda pula.

Bebek yang di rebus atau steam akan memiliki kandungan kalori lebih rendah dari bebek goreng. Bebek goreng tidak direkomendasikan untuk kamu yang sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan, ya.

BACA JUGA: Berapa Kalori Ramen? Amankah Dikonsumsi Saat Diet? 

Bahaya terlalu banyak konsumsi daging bebek

Manfaat daging bebek memang baik untuk kesehatan. Namun, jika dikonsumsi dalam kondisi yang berlebihan, ada gangguan kesehatan yang bisa kamu rasakan, antara lain:

  • Meningkatkan kolesterol. Lemak yang tinggi dalam daging bebek harus diwaspadai karena dapat meningkatkan kolesterol. Konsumsi dengan hati-hati dan gunakan tips memasak daging bebek untuk mengurangi kandungan lemak.
  • Meningkatkan penyakit kardiovaskular. Kolesterol tinggi dapat memicu timbulnya plak pada saluran arteri dan pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan stroke, jantung, dan darah tinggi.
  • Memicu diabetes. Makan daging ungga berlebihan dapat memicu diabetes sehingga konsumsi hariannya harus dibatasi.
  • Meningkatkan risiko kanker. Lemak dan kolesterol dapat menyebabkan kanker payudara dan jenis penyakit lainnya.

Begitu banyak manfaat daging bebek yang bisa dirasakan untuk kesehatan, namun tentu saja ada rekomendasikan khusus dalam mengonsumsi daging yang satu ini agar terbebas dari gangguan kesehatan lainnya.

Tips memakan daging bebek agar baik untuk kesehatan

Manfaat daging bebek dapat dirasakan dengan maksimal jika kamu tahu bagaimana tips mengonsumsi daging ini dengan aman.

Ada banyak cara untuk dapat mengolah daging bebek yang bisa coba kamu lakukan agar manfaat dalam dagingnya bisa berguna untuk kesehatan:

  • Pilih daging bebek segar atau baru dipotong, sebisa mungkin pilih yang rendah lemak.
  • Rebus daging dan lemak bebek secara terpisah, ambil kulit dari bagian bawah.
  • Simpan masakan lemak bebek dalam toples kaca.
  • Masak daging bebek dengan cara di panggang dalam oven.
  • Masak dengan suhu sesuai keinginan.
  • Untuk menetralisir lemaknya, pisahkan lemak dari daging dan konsumsi dengan porsi yang cukup agar nutrisi lain dalam daging bebek dapat diserap untuk kesehatan.

Manfaat daging bebek untuk kesehatan sangat banyak, namun lemaknya terkadang bisa menjadi boomerang. Pahami bagaimana konsumsi daging bebek yang benar dan sesuaikan jumlah konsumsi harian terhindar dari berbagai macam penyakit serius.

Share artikel ini
Reference