mata kedutan

Banyak mitos yang beredar tentang mata kedutan sebelah kiri, bahkan setiap negara memiliki mitosnya tersendiri. Sebenarnya kondisi ini bisa dijelaskan secara medis, yaitu disebabkan oleh otot sekitar mata yang mengalami kejang beberapa kali. Meskipun hanya terjadi sesekali, terkadang kedutan mengganggu kenyamanan.

Kedutan di mata juga bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan kamu kurang baik. Maka dari itu jika kamu mengalami kedutan terlalu sering, mulailah curigai kondisi kesehatan dan ingat kembali apakah kamu menjalani pola hidup yang sehat atau tidak.

Mitos mata kedutan sebelah kiri

Kedutan bisa terjadi entah dari mana dan terasa seperti kelopak mata tersengat listrik seketika. Meskipun penyebabnya bisa dijelaskan secara ilmiah, banyak orang yang masih meyakini mitos tentang mata kedutan. Mitos yang beredar berbeda-beda di setiap negara, seperti:

Indonesia

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan mitos ini, mata kiri kedutan menandakan kamu akan mendapat hal baik seperti bertemu dengan saudara yang sudah lama berpisah.

China

Tidak jauh dengan Indonesia, negara China juga memiliki mitos bahwa mata kiri kedutan akan membawa keberuntungan layaknya hujan emas. Namun mitos lainnya juga mengatakan, kedutan menjadi pertanda bahwa kamu akan segera menangis.

Singapura

Masih di Asia, masyarakat Singapura memiliki mitos bahwa mata kiri kedutan menjadi pertanda bahwa seseorang sedang memikirkanmu. Sedangkan jika kedutan di mata kiri, berarti kamu akan mendapat keberuntungan.

India

Negara ini memiliki mitos yang unik karena disesuaikan dengan gender. Jika wanita yang mengalami kedutan maka diyakini akan membawa keberuntungan. Sebaliknya, jika pra yang matanya kedutan maka akan menjadi pertanda buruk.

Hawaii

Orang Hawaii meyakini bahwa mata kiri kedutan menjadi pertanda akan datangnya orang asing. Kepercayaan lain mengatakan, bahwa hal itu menjadi pertanda akan adanya kematian dalam keluarga.

Afrika

Beberapa wilayah di Afrika seperti Nigeria, memiliki mitos kedutan mata kiri menjadi pertanda kesialan. Wilayah Afrika lainnya meyakini bahwa kedutan di mata bagian bawah berarti kamu akan segera menangis. Sedangkan kedutan mata bagian atas, menandakan kamu akan bertemu seseorang yang tidak diduga.

Mesir

Negara ini juga meyakini bahwa kedutan mata kiri menandakan keburukan atau kesialan. Sedangkan kedutan mata kanan akan membawa keberuntungan.

Arti mata kedutan sebelah kiri menurut medis

Kedutan mata atau dalam medis disebut dengan myokymia, bisa terjadi karena iritasi mata, ketegangan mata, kurang tidur, mata kering, atau terlalu banyak kafein. Otot sekitar mata akan mengalami tegang atau kejang selama beberapa saat. Kejang mata yang parah atau berlangsung lama bisa jadi pertanda dari kondisi kesehatan yang tidak baik.

Waktu kedutan tidak bisa diprediksi dan terjadi begitu saja. Kamu bisa mengalami kedutan selama beberapa minggu hingga berbulan-bulan. Kedutan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, tetapi dapat mengganggu karena rasanya tidak nyaman. Kebanyakan kedutan akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan. 

Sedikit kasus menunjukan kedutan mata menjadi gejala dari gangguan otak atau saraf yang serius. Jika penyebabnya memang karena masalah kesehatan yang serius, kamu mungkin akan mengalami gejala lainnya. Gangguan otak dan saraf yang dapat menyebabkan kedutan mata meliputi:

  • Bell’s palsy (kelumpuhan wajah)
  • Dystonia
  • Distonia serviks (torticollis spasmodic)
  • Multiple sclerosis (MS)
  • Parkinson
  • Sindrom Tourette

Apa penyebab mata kedutan sebelah kiri

Kedutan mata berasal dari berbagai penyebab. Jika gejala ini sudah sangat mengganggu, kamu perlu mendiskusikannya dengan dokter. Mata berkedut atau kejang dapat disebabkan atau diperburuk oleh:

  • Iritasi mata, ketegangan, atau abrasi kornea.
  • Iritasi lingkungan, seperti angin, cahaya terang, matahari, atau polusi udara.
  • Kelelahan atau kurang tidur.
  • Aktivitas fisik atau stress.
  • Konsumsi alkohol, tembakau, atau kafein berlebih.
  • Mata kering.
  • Efek samping obat.
  • Sensitivitas cahaya.
  • Uveitis, atau pembengkakan lapisan tengah mata.
  • Blepharitis, atau radang kelopak mata.
  • Konjungtivitis, atau mata merah.
  • Migrain.

Kedutan mata sangat jarang menjadi penyakit yang serius sehingga memerlukan perawatan medis darurat. Jika kamu merasa kedutan sering muncul, cobalah untuk mengubah pola hidup dan konsumsi makanan sehat agar gejalanya berkurang. Kurang merokok dan konsumsi alkohol, serta jaga kesehatan mata.

Share artikel ini
Reference