kalori pisang ambon

Kalau kamu suka makan buah pisang, kamu pasti tidak asing dengan pisang ambon. Pisang jenis ini biasanya berwarna kuning segar atau hijau cerah.

Rasanya juga manis dan bentuknya lonjong. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang suka mengonsumsinya. Pisang ambon sangat mudah ditemukan di pasaran. Pisang ambon mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu.

Tapi, apakah kamu tahu berapa kalori pisang ambon dan apa saja manfaat mengonsumsinya? Jika kamu ingin tahu jumlah kalori dan manfaatnya, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Kandungan nutrisi pisang ambon

kalori pisang

Kalori pisang ambon merupakan sumber nutrisi penting yang sangat baik. Pisang ambon mengandung banyak nutrisi, termasuk:

  • Potasium
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Karbohidrat
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Serat

Selain itu, pisang ambon juga mengandung beberapa senyawa dan antioksidan, termasuk dopamin dan katekin.

WHO merekomendasikan untuk makan buah dan sayuran setiap hari. Jadi, menambahkan pisang ambon dalam menu harian kamu merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan.

Inilah Kalori Pisang Rebus, Olahan yang Menyehatkan Tubuh!

Berapa kalori pisang ambon?

Berdasarkan situs Fatsecret, setiap 100 gram pisang ambon mengandung 97 kalori. Lebih dari 90 persen kalori dalam pisang ambon sebenarnya berasal dari karbohidrat.

Pisang ambon mengandung 0,6 gram lemak, 25,8 gram karbohidrat, dan 1,3 gram protein. Kandungan lemak dan protein pada pisang ambon memang terhitung sangat rendah.

Baca juga:

Manfaat pisang ambon untuk kesehatan

manfaat pisang ambon

Karena mengandung banyak nutrisi, pisang ambon bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi pisang ambon untuk kesehatan.

1. Mengatasi diare

Jika kamu mengalami penyakit diare, cobalah makan pisang ambon. Pisang ambon dapat memulihkan kehilangan elektrolit yang kamu alami saat diare.

2. Mencegah mulas dan sembelit

Pisang ambon dapat bermanfaat sebagai antasida alami yang dapat mencegah mulas dan sembelit. Jadi, jika kamu menderita sakit maag, kamu bisa mengonsumsi buah pisang ini.

Serat yang terkandung dalam pisang ambon dapat meningkatkan fungsi otot pada saluran pencernaan agar dapat mencerna makanan dengan baik dan maksimal.

Atasi Sembelit Saat Hamil dengan 5 Cara Ini!

3. Detoksifikasi tubuh

Pisang ambon mengandung senyawa pektin yang dapat bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh, yaitu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Selain itu, pektin ini juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan yang lebih baik.

4. Mendukung aktivitas metabolisme

Pisang ambon mengandung mangan yang dapat membantu tubuh untuk menyerap berbagai vitamin dan mineral yang sangat penting, seperti vitamin B, vitamin E, dan magnesium.

Mangan juga berperan dalam mendukung aktivitas metabolisme dalam tubuh. Hal ini dapat mendukung proses pembakaran kalori di dalam tubuh.

Jadi, kamu bisa mengonsumsi pisang ambon saat diet untuk memaksimalkan proses pembakaran kalori.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Pisang ambon juga mengandung katekin, yaitu senyawa yang berkaitan erat dengan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Pisang ambon kaya akan berbagai mineral, omega 3, fitosterol, dan lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Mencegah penyakit diabetes tipe 2

Kalori pisang ambon merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium merupakan mineral yang sangat penting dalam tubuh.

Asupan magnesium yang cukup dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit diabetes tipe 2.

18 Makanan dan Minuman Sebagai Menu Diet Diabetes Terbaik

7. Menjaga kesehatan tulang

Selain dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes tipe 2, kandungan magnesium dalam kalori pisang ambon dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Mengurangi risiko kanker usus besar

Pisang kaya akan pati resisten dan pektin. Pektin ini difermentasi di usus besar dan menghasilkan butirat. Butirat adalah asam lemak yang berkontribusi dalam mengurangi risiko kanker usus besar.

Pisang ambon tidak memiliki efek samping yang serius sehingga aman untuk dikonsumsi. Namun, orang yang alergi terhadap lateks kemungkinan juga akan alergi terhadap pisang. 

Pisang ambon tergolong makanan yang memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Sehingga, saat mengonsumsinya, kamu tidak perlu khawatir dengan peningkatan gula darah.

Walaupun begitu, sebaiknya batasi asupannya dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat lainnya, melakukan olahraga secara teratur, dan tidur yang cukup, ya!

Share artikel ini
Reference