makanan yang mengandung kalsium

Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan menjalankan fungsi seperti sistem kardiovaskular, otot dan saraf. Bagi ibu hamil, kebutuhan kalsium juga penting untuk janinnya. Untungnya ada beberapa makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

Tubuh kita tidak dapat memproduksi kalsium sendiri, jadi kita perlu mendapatkan tambahan kalsium yang dibutuhkan tubuh melalui makanan. Juga, kalsium tak akan dapat diserap tanpa vitamin D.

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dari saluran pencernaan, sehingga penting untuk memiliki jumlah yang cukup dari kedua nutrisi untuk mendukung kesehatan yang optimal. Yuk cari tahu makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil.

Kalsium untuk ibu hamil 

kalsium untuk ibu hamil
kalsium untuk ibu hamil

Janin yang sedang berkembang membutuhkan kalsium untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga membantu dia menumbuhkan jantung, saraf, dan otot yang sehat serta mengembangkan ritme jantung yang normal dan kemampuan pembekuan darah.

Mendapatkan kalsium yang cukup dalam makanan sangat penting selama tiga bulan terakhir kehamilanmu, ketika janin tumbuh dengan cepat dan memiliki kebutuhan kalsium terbesar.

Ingin Cepat Hamil? Coba Manfaat Delima Merah untuk Promil!

Kalsium juga dapat mengurangi risiko hipertensi dan preeklamsia. Dan jika kamu tidak mendapatkan cukup kalsium dalam diet saat hamil, janin akan mengambilnya dari tulangmu, yang dapat mengganggu kesehatanmu sendiri nantinya.

Berapa asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk ibu hamil?

Wanita hamil membutuhkan sekitar 1.000 miligram kalsium sehari dan wanita berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan 1.300 miligram per hari. Itu berarti kamu harus mengonsumsi empat porsi makanan kaya kalsium setiap harinya.

Sebagian besar vitamin prenatal tidak mengandung cukup kalsium untuk memenuhi 1.000 miligram yang direkomendasikan per hari, tapi jangan khawatir karena sumber makanan kalsium dapat dengan mudah didapatkan. Misalnya, ambil secangkir yogurt tawar dengan sarapan dan taburi mozzarella pada pasta gandum saat makan malam, maka kamu sudah mencukupi lebih dari setengah dosis harian.

8 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil, Ternyata Bisa Cegah Hipertensi!

Saat memperkirakan asupan kalsium selama kehamilan, perhatikan kalsium yang sudah ada dalam vitamin prenatal. Ingat juga, bahwa banyak tablet pereda mulas yang dijual bebas mengandung kalsium, jadi periksa labelnya jika kamu menggunakannya untuk membantu meredakan mulas kehamilan.

Dampak negatif kekurangan kalsium untuk ibu hamil

Jika tubuh ibu hamil kekurangan kalsium, maka ia akan mengalami lebih banyak masalah fisik seperti kelelahan, lemas, dan nyeri tubuh. Selain itu, karena kekurangan kalsium, ada risiko penurunan perkembangan fisik janin dalam kandungan.

Jika saat kehamilan, ibu hamil mengonsumsi sedikit kalsium, risiko kelahiran prematur akan meningkat. Karena kekurangan kalsium, ada kemungkinan kamu mendapatkan banyak masalah pendarahan setelah melahirkan, sehingga mengkonsumsi banyak kalsium membantu wanita untuk menghindari masalah ini setelah melahirkan.

Menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam “The Journal of Nutrition,” ibu hamil yang kekurangan kalsium mengakibatkan perkembangan kardiovaskuler pada janin dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi pada bayi baru lahir. Studi ini juga mengaitkan kekurangan kalsium ibu dengan risiko peningkatan persentase lemak tubuh, peningkatan trigliserida, dan resistensi insulin pada anak-anak. 

Rekomendasi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil 

manfaat makan coklat untuk ibu hamil

Susu dan produk susu lainnya adalah sumber utama kalsium, seperti halnya ikan dan sereal yang diperkaya kalsium, jus, minuman kedelai dan nasi, serta roti. Tapi kamu harus ingat, tidak semua merek diperkaya dengan kalsium, jadi periksa labelnya.

Berikut ini adalah beberapa makanan dengan kandungan kalsium.

  1. Keju mozzarella 
  2. Sarden (kalengan dalam minyak dengan tulang)
  3. Daging salmon merah
  4. Tahu
  5. Yogurt 
  6. Lobak hijau
  7. Kangkung
  8. Es krim vanila
  9. Susu
  10. Jus jeruk
  11. Keju
  12. Susu kedelai
  13. Daging sapi
  14. Oatmeal
  15. Brokoli

Mendapatkan kalsium untuk tubuh kini tidak hanya dari susu dan produk turunannya, loh. Beberapa makanan lain juga bisa jadi alternatif ibu hamil mendapatkan asupan kalsium.

Share artikel ini
Reference