kalori buah pir dan manfaatnya

Pir merupakan buah yang lembut, manis, dan kaya akan serat. Banyak orang mengonsumsinya saat diet karena diyakini dapat mendukung penurunan berat badan. Selain itu, pir juga bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Ada banyak jenis pir yang tersebar di seluruh dunia. Ukuran dan bentuknya bervariasi. Agar kamu lebih paham mengenai pir, silakan baca artikel berikut sampai akhir. Artikel ini akan menjelaskan jumlah kalori buah pir dan manfaatnya untuk diet. 

Berapa kalori buah pir?

kalori buah pir dan nutrisinya

Berdasarkan Nutritionix, buah pir yang berukuran 178 gram mengandung 101 kalori. Selain itu, buah pir juga mengandung nutrisi seperti berikut ini:

  • 0,3 gram lemak
  • 1,8 miligram sodium
  • 206 miligram potassium
  • 27 gram karbohidrat, 17 gram gula
  • 0,6 gram protein, dan 5,5 gram serat

Dalam buah pir juga terdapat vitamin A, vitamin C, kalsium, dan besi. Buah pir juga mengandung karotenoid, flavonoid, dan antosianin.

Senyawa-senyawa ini bermanfaat untuk kesehatan dan berperan sebagai antioksidan. Pir merupakan sumber antioksidan polifenol yang sangat baik, yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Pastikan memakan seluruh pir, karena kulitnya mengandung enam kali lebih banyak polifenol daripada dagingnya.

Ini Dia Kalori Buah Naga, Cocok untuk Diet!

Manfaat buah pir untuk diet

Manfaat buah pir untuk diet, antara lain:

Membantu menurunkan berat badan

macam-macam diet

Makan kalori buah pir dapat meningkatkan asupan serat. Pir mengandung pektin yang dapat memelihara kesehatan usus. Asupan serat yang cukup bisa menjaga rasa kenyang setelah makan.

Peningkatan rasa kenyang sesudah makan bisa mendukung penurunan berat badan. Sebuah studi tahun 2015 menyatakan bahwa terdapat hubungan antara peningkatan asupan serat dengan penurunan berat badan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu, 40 orang yang makan buah pir setiap hari merasa lingkar pinggang mereka menjadi lebih kecil, yaitu berkurang sekitar 2,7 cm.

Selain itu, pada sebuah studi yang dilakukan selama 10 minggu, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 3 pir per hari saat diet mengalami penurunan berat badan sekitar 0,84 kg.

Memperlancar detoksifikasi

Buang air besar secara teratur sangat penting untuk membuang racun setiap hari melalui empedu dan tinja.

Pir mengandung air dalam jumlah yang tinggi sehingga dapat menjaga agar feses tetap lembut dan membantu membuang racun dari sistem pencernaan.

Rendahnya Kalori Tahu Cocok untuk Diet, Ini Resep Sehat Memasaknya!

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh 

manfaat kalori buah pir

Selain manfaatnya untuk diet, ada beberapa manfaat buah pir yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak!

Menurunkan risiko diabetes

Mengonsumsi kalori buah pir ternyata juga dapat menurunkan risiko diabetes. Hal itu karena buah pir kaya antioksidan, tinggi air, serat, dan vitamin K.

Kandungan tersebut sangat baik untuk penderita diabetes. Pastikan konsumsi buah pir yang segar, bukan buah pir kaleng yang mengandung pemanis buatan, ya.

Menjaga kesehatan jantung

Kalori buah pir dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan membantu memelihara kesehatan jantung.

Mencegah pengeroposan tulang

Buah pir mengandung mineral dan vitamin, seperti vitamin K, fosfor, magnesium, dan lainnya. Vitamin tersebut sangat baik untuk mencegah tulang keropos, sehingga membuatnya lebih kuat.

Mencegah dan mengatasi sembelit

Punya masalah dengan pencernaan seperti sembelit? Mengonsumsi 1 buah pir dapat memenuhi 22% kebutuhan serat harian, lho.

Kandungan tersebut dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Selain itu, kalori buah pir juga memiliki serat pektin yang dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik pada usus.

Mencegah Kanker

Manfaat terakhir dari kalori buah pir adalah mampu mencegah kanker. Hal itu karena buah pir memiliki zat anti kanker, seperti asam sinamat dan antosianinnya. Zat tersebut diklaim dapat menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium.

4 Bahaya Buah Pir untuk Ibu Hamil, Jangan Konsumsi Berlebihan

Pir sangat baik dikonsumsi saat diet. Kalori buah pir dapat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk dalam hal manajemen berat badan. Selain dapat dimakan secara utuh, kamu bisa menambahkannya ke dalam oatmeal, salad, maupun smoothie.

Share artikel ini
Reference