manfaat habbatussauda

Black cumin seeds in a wooden spoon on concrete background. High quality photo

Habbatussauda atau nigella sativa adalah nama ilmiah dari biji jintan hitam yang berasal dari bunga adas asli Asia. Manfaat habbatussauda tercatat pada awal tahun 980 oleh tabib Muslim Persia, Avicenna, yang menyatakan bahwa menelan biji tanaman habbatussauda adalah pengobatan untuk dispnea—sesak napas.

Saat ini, biji habbatussauda digunakan sebagai metode penyembuhan alternatif untuk berbagai penyakit, termasuk sakit kepala, radang sendi, mules, masalah pencernaan dan banyak lagi. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat habbatussauda untuk kesehatan

Selama beberapa dekade terakhir, komunitas ilmiah telah mengembangkan minat khusus untuk mempelajari tanaman ini karena kemampuannya untuk menyesuaikan diri ke dalam jalur biologis—salah satu alasan mengapa bijinya dianggap sangat menyembuhkan.

1. Sebagai anti inflamasi

Manfaat habbatussauda yang paling menonjol adalah sifat anti-inflamasinya. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak kalonji (habbatussauda) efektif untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Bila kamu mengonsumsinya selama delapan minggu, maka kamu bisa mengurangi peradangan dan stres oksidatif (ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh).

Selain itu, biji habbatussauda mengandung antioksidan dan fitonutrien yang tinggi, yang mengurangi peradangan dalam tubuh dengan menetralkan radikal bebas dan kerusakan sel serta melindungi dari penyakit kronis dan obesitas.

2. Bagus untuk memori otak

Karena sifat anti-inflamasi habbatussauda dan antioksidan yang kaya, penelitian telah melihat beberapa manfaat otak utama dari biji ini, termasuk peningkatan memori dan fungsi kognitif.

Habbatussauda juga merupakan ramuan yang sangat menjanjikan untuk pengobatan dan pencegahan penyakit alzheimer karena telah terbukti membantu melindungi degenerasi neuron di beberapa bagian otak.

3. Antimikroba

Studi penelitian di Pakistan telah menunjukkan habbatussauda efektif dalam mengekang pertumbuhan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), infeksi staph yang fatal dan terkenal sulit diobati, serta strain bakteri lainnya.

4. Melawan kanker

Kandungan antioksidan yang besar membuat bahan ini berguna melawan kanker. Terdapat senyawa thymoquinone yang bisa mematikan kanker dalam darah. Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak habbatussauda membantu menonaktifkan sel kanker payudara.

5. Meringankan peradangan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bahan ini mungkin memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dalam tubuh. Dalam penelitian jurnal Avicenna J Phytomed, peradangan pada subjek percobaan dan menggunakan habbatussauda efektif melindungi dan menekan peradangan.

Manfaat biji habbatussauda untuk kecantikan

Minyak habbatussauda juga berguna untuk berbagai kondisi kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit.
Ini 3 manfaatnya untuk kecantikan:

  1. Melawan jerawat. Manfaat paling menarik dari ramuan hitam eksotis ini adalah sifat antibakteri dan anti-inflamasinya, yang bekerja untuk mengurangi pori-pori yang tersumbat dan mengontrol minyak, serta kemerahan yang jinak. dan menenangkan iritasi jerawat.
  2. Mencegah kerutan. Kandungan vitamin A, B, dan C dalam bahan ini membantu kulit mempertahankan kelembapan, menjaga elastisitas, dan melawan radikal bebas yang membuat kulit cepat menua.
  3. Memerangi eksim. Berkat khasiat penyembuhannya, bahan ini adalah pelawan eksim yang kuat. Satu studi menemukan peningkatan cepat eksim tangan di antara mereka yang mengoleskannya dua kali sehari selama empat minggu.

Efek samping habbatussauda

Kamu dapat mengambil dosis 500mg dua kali sehari, dan penelitian menunjukkan kamu tidak akan mengalami efek samping. Bahkan mungkin aman untuk mengonsumsi sebanyak dua gram dalam sehari, tetapi untuk hasil terbaik, mulailah dengan dosis kecil dan tingkatkan sesuai kemampuan.

Pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen, karena beberapa bahan aktif dalam minyak jintan hitam dapat mengganggu resep obat. Beberapa kondisi berikut ini harus kamu perimbangkan sebelum mengonsumsinya.

Kehamilan dan menyusui

Habbatussauda tampaknya aman dalam jumlah tertentu selama kehamilan. Tapi dalam dosis yang lebih besar besar kemungkinan tidak aman. Habbatussauda dapat memperlambat atau menghentikan kontraksi rahim. Tidak banyak informasi tentang keamanan penggunaan habbatussauda selama menyusui.

Anak-anak

Minyak mabbatussauda dianggap aman untuk anak-anak bila diminum dalam jangka pendek dan dalam jumlah yang sesuai saran profesional medis.

Gangguan pendarahan

Habbatussauda dapat memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko pendarahan. Secara teori, habbatussauda dapat memperburuk gangguan pendarahan.

Diabetes

Habbatussauda dapat menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan pantau gula darah kamu dengan cermat jika kamu menderita diabetes dan gunakan habbatussauda.

Tekanan darah rendah

Habbatussauda dapat menurunkan tekanan darah. Secara teori, mengonsumsi habbatussauda membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah pada orang dengan tekanan darah rendah.

Pembedahan

Habbatussauda dapat memperlambat pembekuan darah, mengurangi gula darah, dan meningkatkan rasa kantuk pada beberapa orang. Secara teori, habbatussauda dapat meningkatkan risiko pendarahan dan mengganggu kontrol gula darah dan anestesi selama dan setelah prosedur pembedahan. Berhenti menggunakan habbatussauda setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.

Itu dia beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dalam mengonsumsi habbatussauda. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk informasi yang jelas, sehingga kamu mendapatkan manfaat maksimal dari tanaman yang satu ini.

Share artikel ini
Reference