manfaat berenang bagi tubuh

Berenang adalah jenis olahraga yang disukai banyak orang. Olahraga yang satu ini tidak hanya menyenangkan namun juga menyehatkan. Jika kamu sedang bingung ingin melakukan olahraga apa, aktivitas ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena ada banyak manfaat berenang bagi tubuh yang tidak boleh kamu lewatkan.

Artikel kali ini Yoona ingin mengajak kamu untuk mencari tahu lebih lanjut apa saja manfaat berenang bagi tubuh. Cek juga apakah sebenarnya boleh berenang saat haid dengan menyimak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat berenang bagi tubuh

Salah satu jenis olahraga kardio adalah renang. Berenang dapat membantu kamu membakar cukup banyak kalori dalam tubuh. Itulah mengapa olahraga yang satu  ini sangat cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang kamu miliki sekarang.

Berenang merupakan olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat jika dilakukan dengan rutin. Olahraga ini sangat baik untuk kesehatan fisik dan juga mental kamu. Beberapa manfaat berenang bagi tubuh, yaitu:

1. Membantu menurunkan berat badan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu manfaat berenang bagi tubuh adalah membantu menurunkan berat badan. Resiko kecelakaan otot dan sendi bisa dihindari oleh seseorang dengan obesitas jika melakukan olahraga renang. Olahraga ini bisa membakar 500 kalori lebih jika dilakukan selama kurang lebih 1 jam.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat berenang lainnya, yaitu menyehatkan jantung dan juga paru-paru. Dengan berenang, sirkulasi darah di dalam tubuh kamu bisa menjadi lancar. Efeknya, tubuh dapat dengan maksimal menggunakan oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

3. Mencegah insomnia

Berenang ternyata juga dapat menjaga kualitas tidur kamu dan juga mencegah insomnia, lho! Menurut jajak pendapat Sleep in America National Sleep Foundation pada 2013 yang berfokus pada tidur dan olahraga, orang yang berpartisipasi dalam latihan aerobik melaporkan bisa tidur lebih nyenyak. Dalam survei tersebut, berenang dikategorikan sebagai jenis aktivitas aerobik berat.

4. Menjaga mood

Selanjutnya, manfaat berenang, yaitu menjaga mood kamu dan mencegah stres atau depresi. Penelitian yang diterbitkan pada 2003 di Journal of Psychology menemukan bahwa satu sesi berenang meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, menurunkan kecemasan, dan memerangi depresi.

Tenang Dulu, Ini Cara agar Tidak Stres yang Ampuh

5. Memperkuat paru-paru

Berenang ternyata juga dapat memperkuat kinerja paru-paru. Olahraga ini melatih paru-paru untuk bekerja lebih baik ketika berenang untuk melawan tekanan di dalam air. Hal ini dapat meningkatkan volume paru-paru dan juga menyehatkannya.

6. Memperkuat tulang

Ulasan yang diterbitkan pada 2020 di BioMed Research International menemukan bahwa berenang 3-6 jam per minggu dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita pascamenopause, terutama di kalangan perenang jangka panjang.

7. Menguatkan otak

Dalam penelitian kecil dari jurnal Physiological Reports, peserta yang berenang dengan intensitas sedang selama 20 menit memproses informasi visual dan merespons lebih cepat tes kognitif yang dilakukan tepat sebelum dan segera setelah berenang. Ini artinya, kinerja otak seseorang yang melakukan aktivitas berenang meningkat cukup signifikan.

8. Mengurangi gejala asma

mengurangi gejala asma salah satu manfaat berenang bagi tubuh

Manfaat berenang bagi tubuh cocok bagi kamu yang mempunyai penyakit asma. Lingkungan kolam renang dalam ruangan yang lembap menjadikan berenang sebagai aktivitas yang menyenangkan bagi penderita asma. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia disinfektan yang digunakan di kolam renang dapat memperburuk gejala asma.

9. Baik untuk penderita multiple sclerosis

Dalam penelitian, diketahui bahwa program berenang selama 20 minggu menghasilkan pengurangan rasa sakit yang signifikan bagi penderita multiple sclerosis. Mereka juga menunjukkan kemaujuan dengan berkurangnya gejala seperti kelelahan, depresi, dan kecacatan.

10. Aman untuk ibu hamil

Studi menunjukkan bahwa tidak ada efek buruk dari berenang di kolam yang mengandung klor saat hamil. Bahkan, wanita hamil yang berenang pada awal hingga pertengahan kehamilan memiliki risiko lebih rendah mengalami persalinan prematur dan cacat bawaan.

5 Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil, Baik untuk Ibu dan Janin!

Apakah boleh berenang saat haid?

Kamu sudah mengetahui berbagai macam manfaat berenang bagi tubuh, lalu bagaimana jika kamu ingin berenang ketika sedang haid? Secara medis, tidak ada larangan untuk berenang saat sedang haid. Aliran darah haid tidak akan berhenti saat berenang namun tekanan air kolam renang akan menghambat darah keluar. Ketika keluar dari kolam renang, barulah aliran darah ini akan kembali mengalir.

5 Cara Berenang Saat Haid Agar Tidak Bocor, Ampuh dan Bikin Nyaman!

Sebelum berenang sebaiknya melakukan apa?

Melakukan pemanasan adalah hal yang sebaiknya kamu lakukan terlebih dahulu sebelum berenang. Pemanasan akan membantu mempersiapkan persendian dan otot tubuh kamu agar dapat melakukan gerakan dan gaya saat berenang dengan lebih mudah. Kram tubuh pun bisa kamu hindari.

Nah, sudah paham kan sekarang apa saja manfaat berenang bagi tubuh? Jika kamu memilih renang sebagai aktivitas utama untuk berolahraga, pastikan kamu melakukannya dengan rutin ya! Semoga bermanfaat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference