manfaat mindfulness

Tahukah kamu jika pikiran menjadi alat utama untuk tetap fokus terhadap kondisi sekitar dan emosi yang dirasakan? Nah, untuk memperoleh hal itu semua dibutuhkan sikap mindfulness. Mindfulness adalah penerapan untuk menjadi lebih sepenuhnya akan momen saat itu. 

Penasaran bagaimana cara menerapkan mindfulness adan apa saja tipe-tipe yang bisa diketahui? Simak informasi selengkapnya di sini, ya!

Apa itu mindfulness?

yoga asanas

Mindfulness adalah sebuah sikap untuk sadar yang menjadi bagian dari metode meditasi. Metode ini bertujuan melatih fokus kamu terhadap lingkungan sekitar dan bisa mengendalikan emosi secara terbuka. 

Bagi kamu yang saat ini memikirkan hal-hal negatif dan membuat tidak nyaman atau merasa gelisah, cobalah menerapkan mindfulness. Pasalnya, pemikiran yang negatif berdampak besar terhadap kesehatan mental, seperti stres, depresi, atau gangguan kecemasan. 

Itu sebabnya, banyak orang yang kini mencoba mindfulness untuk mengelola stres dan rasa cemas. Dengan begitu, kamu bisa melatih menenangkan pikiran dan berfokus pada apa yang terjadi saat ini. 

Perbedaan Stres dan Depresi, Begini Penanganannya!

Tipe-tipe mindfulness

Tipe-tipe mindfulness sebenarnya cukup banyak dan bisa melibatkan alat-alat untuk mendukung penerapan ini, seperti: 

    • Teknik pernapasan
    • Meditasi mencintai diri sendiri (Loving Kindness Meditation)
    • Meditasi untuk mengamati pikiran diri sendiri (Observing-thought meditation)
    • Acceptance and commitment therapy (ACT)
    • Dialectical behavior therapy (DBT)
    • Mindfulness-based art therapy (MBAT)
    • Mindfulness-based cognitive therapy (MBCT)
    • Mindfulness-based pain management (MBPM)
    • Mindfulness-based stress reduction (MSBR)

Manfaat mindfulness

Mindfulness adalah jenis meditasi yang terdiri dari banyak macam. Kamu bisa memilih salah satu diantara tipe-tipe di atas untuk memusatkan pikiran atas apa yang terjadi saat ini. Jika dilakukan dengan benar, kamu bisa memperoleh beberapa manfaat di bawah ini. 

  • Meningkatkan kemampuan kognitif
  • Memperlambat penuaan otak
  • Mengelola stres, gejala kecemasan, dan depresi
  • Meningkatkan kesejahteraan diri
  • Membantu mengelola rasa nyeri atau rasa sakit
  • Meningkatkan kualitas hidup bagi penderita penyakit kronis

Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan yang Efektif

Cara menerapkan mindfulness

meditasi mindfulness

Cara menerapkan mindfulness adalah memanfaatkan teknik meditasi. Namun, kamu juga bisa mempraktikkan cara ini melalui kehidupan sehari-hari, seperti berdialog dengan diri sendiri untuk mencapai kesadaran. 

Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba untuk berlatih meditasi dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Lebih perhatian

Pertama-tama, kamu perlu meluangkan waktu untuk memperhatikan hal-hal di dunia sekitar, termasuk perasaan, panca indra, dan pikiran diri sendiri. Fokus terhadap sekitar dengan menikmati kejadian-kejadian yang dialami. 

2. Lebih fokus masa kini

Alih-alih memikirkan masa lalu atau mencemaskan masa depan, cobalah menerima apa yang terjadi saat ini. Dengan begitu, kamu bisa merasakan kesadaran dan perhatian yang lebih penuh sehingga membantu berpikir lebih jernih. 

3. Mencoba meditasi mindfulness

Seperti yang sudah disebutkan, mindfulness adalah bagian dari meditasi. Jadi, kamu perlu mencoba melatih meditasi kesadaran secara teratur yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kamu. 

Bila sering merasa gelisah saat meditasi, cobalah cara lain untuk menerapkan mindfulness. Kamu bisa mencoba berkebun, mendengarkan musik, atau membersihkan rumah untuk langkah yang paling sederhana. 

Kamu perlu lebih fokus dan menenangkan suara yang ada di dalam pikiran. Hal ini bukan untuk membungkam apa yang sudah terjadi, melainkan mengamati pikiran kamu tanpa menghakimi apa yang sudah dilakukan. Alhasil, kamu bisa lebih berfokus apa yang perlu dilakukan saat ini. 

Penerapan Gaya Hidup Halal untuk Muslimah Indonesia

4. Berjalan menikmati alam

Cobalah untuk menghabiskan waktu di luar ruangan dengan berjalan santai. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk mempraktikkan meditasi mindfulness. Kamu dapat mengamati pemandangan alam sekitar, suara, dan sensasi dunia di sekitar kamu. 

5. Menghargai diri sendiri

Jangan lupa untuk bersikap baik kepada diri adalah bagian dari mindfulness, terutama ketika pikiran tengah kalut. Bagian dari meditasi ini juga tentang menerima dan menghargai diri sendiri dengan kasih sayang. Tunjukkan ke diri sendiri kasih sayang dan pengertian yang sama kamu berikan ke orang tercinta. 

Jika diperhatikan lebih seksama, mindfulness adalah cara untuk mengosongkan pikiran, bukan mengisinya. Metode ini bisa digunakan oleh siapa saja dan di mana saja tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun ketika ingin mendapatkan fokus penuh terhadap sekitar. 

Bila diterapkan secara teratur, mindfulness bisa menuntun kamu kepada pengalaman yang lebih jelas tentang cara menjalani hidup untuk diri sendiri dan orang lain. 


Penulis: Nabila Azmi

Share artikel ini
Reference