manfaat kurma

Female hands hold bowl of dried dates on yellow background

Siapa yang tidak kenal dengan manfaat kurma. Buah yang identik dengan makanan berbuka puasa ini memiliki kandungan gula yang cukup untuk membatalkan puasa dan sebagai energy booster untuk melanjutkan ibadah berikutnya. Kurma juga berperan dalam menjaga fungsi otak dan sistem saraf, membantu konstraksi jantung, dan otot.

Buah kurma menjadi pilihan pas untuk berbuka puasa karena tidak berlebihan, tapi bisa menggantikan energi yang habis saat puasa. Pas banget untuk kamu yang ingin tetap sehat selama berpuasa. Jika kamu khawatir kalap saat berbuka, yuk nikmati kurma agar tetap mindful eating di bulan puasa.

Apa itu kurma?

Kurma adalah buah berbiji tunggal, artinya memiliki satu biji yang dikelilingi oleh buah berdaging luar (seperti persik, mangga, dan zaitun). Mereka tumbuh di pohon kurma, yang bentuknya mirip pohon kelapa.

Mesir adalah produsen kurma terbesar saat ini, diikuti oleh hampir semua negara Timur Tengah lainnya. Tapi tentu saja, dunia yang terus mengglobal berarti hampir semua orang bisa mendapatkan buah lezat ini dengan mudah. Pilihlah kurma yang mengkilat, tidak pecah, dan tidak terlalu keras. Jangan khawatir jika kamu mendaoati kurma yang keriput, itu normal karena proses pengeringan.

Kandungan buah kurma

Rata-rata, per 4 kurma mengandung hal-hal berikut.
Kalori: 277
Karbohidrat: 75g
Serat: 7g, 27% Nilai Harian (DV)
Protein: 2g
Lemak: 0g

Manfaat kurma untuk buka puasa

Berbuka puasa dengan kurma dapat dengan cepat menurunkan rasa lapar yang besar dan kita tidak akan terburu-buru makan berlebihan segera setelah berbuka, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Selain itu, kurma sangat kaya dengan energi manis ‘alami’ yang merupakan nutrisi terbaik untuk sel-sel otak dan saraf. Manfat kurma lainnya adalah melindungi kita dari sembelit akibat perubahan waktu makan atau asupan serat yang rendah selama hari-hari puasa.

Manfaat kurma untuk ibu hamil

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi di mana tubuh kamu tidak memiliki cukup sel darah merah untuk menjalankan semua fungsinya dengan baik. Saat kamu hamil, permintaan darah meningkat, menempatkan kamu pada risiko anemia yang lebih tinggi dan mengharuskanmu untuk menambah lebih banyak zat besi.

Ngemil beberapa kurma kering dapat memberi kamu dorongan energi yang besar. Bentuk gula alami yang sehat, bila dikombinasikan dengan serat dalam buah, dapat memberi tubuh energi yang lebih tahan lama. Makanan olahan, seperti permen dan kafein, dapat membuat kamu berenergi seketika, tetapi akan membuat tubuh mengalami gangguan gula yang berat.

Magnesium yang ditemukan dalam kurma adalah mineral yang luar biasa, dikemas dengan banyak kualitas bermanfaat. Kandungan tersebut membantu janinmu memiliki tulang yang kuat dan mencegah kontraksi prematur. Kurma, sama halnya dengan jeruk bali, memiliki kadar asam folat yang tinggi. Asam ini telah terbukti membantu mencegah cacat lahir.

Olahan kurma saat buka puasa

Banyak olahan yang bisa dibuat dari kurma. Beberapa hidangan berikut mungkin sudah sering kamu dengar, seperti puding kurma dan kue pai kurma. Yuk intip apa saja olahan kurma lainnya berikut ini.

1. Laddus kurma dan coklat

Panaskan 1 sendok teh minyak dalam wajan dan tambahkan ampas kurma ke dalamnya. Masak campuran ini sampai mengering. Dalam mangkuk terpisah, lelehkan cokelat hitam; gabungkan dengan campuran kurma. Campurannya mungkin tampak agak lengket, jadi tambahkan biji chia dan oat untuk menambah kerenyahannya.

Kamu juga bisa memotong beberapa almond untuk ditambahkan ke dalamnya. Setelah campuran siap, buat beberapa laddus bulat. Kamu bisa menggulungnya dalam kelapa kering jika mau, tetapi laddu yang lezat ini tetap enak meski tanpanya.

2. Isian kurma

Buka perlahan kurma untuk membuka lubang di dalamnya, dan isi dengan keju krim yang dicampur dengan kulit lemon. Setelah isian selesai, taburi beberapa pistachio cincang di atasnya. Susun kurma isi di piring. Kurma seukuran gigitan yang lezat siap ditawarkan saat berbuka puasa. Mudahkan!

3. Granola kurma

Panaskan sedikit mentega dalam wajan. Tambahkan madu, oat, kurma cincang, dan kayu manis. Masak selama 20 menit, aduk terus untuk memastikan tidak ada gumpalan. Dinginkan campuran dan masukkan ke dalam stoples. Renyah dan penuh dengan kebaikan oat dan kurma, granola ini bisa diawetkan dalam waktu lama.

Share artikel ini
Reference