Kamu sudah sering mendengar yang namanya ozon. Ozon adalah lapisan pada atmosfer bumi yang memiliki peran sangat penting. Jika lapisan ini mengalami penipisan, maka kelangsungan makhluk hidup di bumi akan mengalami banyak gangguan. Mengapa mencegah penipisan lapisan ozon sangatlah penting?

Dalam rangka merayakan Hari Ozon Internasional yang jatuh tiap 16 September atau besok, Yoona ingin mengajak kamu untuk mengenali apa itu lapisan ozon. Cari tahu juga beragam cara mencegah penipisan lapisan ozon di artikel ini, yuk!

Apa itu lapisan ozon?

Lapisan ozon adalah adalah sebuah lapisan yang berada di bagian bawah atmosfer bumi. Fungsi utama dari lapisan ini adalah menyerap 97-99% radiasi ultraviolet berbahaya yang berasal dari matahari yang dapat merusak kehidupan di bumi. Jika lapisan ini tidak ada, maka banyak manusia yang akan terserang penyakit kulit dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Penipisan lapisan ozon

Menurut situs National Geographic, manusia menjadi pelaku utama dalam penipisan lapisan ozon selama 30 tahun terakhir akibat dari banyaknya bahan kimia. Pada tahun 1974, Mario Molina dan Sherwood Rowland, dua ahli kimia di Universitas California, Irvine, menerbitkan sebuah artikel di jurnal Nature.

Jurnal tersebut menjelaskan tentang ancaman terhadap lapisan ozon dari gas klorofluorokarbon (CFC). Pada saat itu, CFC biasa digunakan dalam semprotan aerosol dan sebagai pendingin lemari es. Saat mencapai stratosfer, sinar UV matahari memecah CFC menjadi zat seperti klorin. Jurnal ini menyimpulkan bahwa atmosfer memiliki “kapasitas terbatas untuk menyerap atom klorin” di stratosfer.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan A.S., satu atom klorin dapat menghancurkan lebih dari 100.000 molekul ozon sehingga proses menghilangnya ozon jauh lebih cepat daripada penggantiannya. Penelitian Molina dan Rowland ini divalidasi pada tahun 1985, ketika tim ilmuwan Inggris menemukan lubang di lapisan ozon di Antartika yang kemudian dikaitkan dengan CFC.

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi, Sebelum, dan Sesudahnya

Cara mencegah penipisan lapisan ozon

cara mencegah penipisan lapisan ozon

Lapisan ozon membantu kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi dengan memberikan perlindungan dari radiasi ultraviolet berbahaya matahari. Untuk mencegah penipisan lapisan ozon, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa cara mencegah penipisan lapisan ozon:

1. Menghindari penggunaan Ozone Depleting Substances (ODS)

Kamu dapat mulai ikut berkontribusi dalam membantu mengurangi penipisan lapizan ozon dengan menghindari penggunaan zat-zat yang menyebabkan menipisnya lapisa ozon atau ODS. Contohnya, menghindari penggunaan gas klorofluorokarbon (CFC) yang ada pada AC. Matikan AC ketika tidak sedang digunakan atau gunakan kipas angin.

2. Minimalkan penggunaan kendaraan

Asap atau gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor adalah gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global dan penipisan ozon. Kamu bisa mulai meminimalkan penggunaan kendaraan dengan lebih banyak berjalan kaki atau menggunakan sepeda ketika tempat yang kamu tuju dirasa cukup dekat.

3. Gunakan produk ramah lingkungan

Cara mencegah penipisan lapisan ozon yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan menggunakan produk ramah lingkungan. Cobalah untuk mengurangi penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia seperti korin dan brom. Kedua jenis bahan tersebut dapat masuk ke atmoser dan juga membuat lapisan ozon menipis.

Kamu bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai pembersih, contohnya lemon untuk membersihkan kaca jendela, baking soda untuk membersihkan noda pada pakaian, dan cuka untuk membersihkan lantai berkeramik di kamar mandi atau dapur.

Jangan Bingung, Yuk Coba Cara Merayakan Hari Bumi dengan Seru!

Nah, khusus untuk kamu para wanita, kamu bisa ikut berkontribusi dalam mencegah penipisan lapisan ozon dengan menggunakan produk kewanitaan yang ramah lingkungan. Salah satu produk ramah lingkungan yang bisa kamu pilih, yaitu pembalut organik dan panty liner Yoona. 

yoona anniversary pembalut organik ramah lingkungan

Pembalut organik dan panty liner Yoona terbuat dari 100% organic cotton yang ramah lingkungan. Selain itu, pembalut Yoona juga menggunakan lem perekat food grade sehingga aman untuk digunakan. Dilengkapi dengan teknologi anion strip, pembalut Yoona dapat secara alami menghilangkan bakteri dan jamur penyebab iritasi serta bau tak sedap.

Itulah penjelasan lengkap tentang lapisan ozon dan beberapa cara mencegah penipisan lapisan ozon yang bisa kamu ikuti. Dengan berkontribusi dalam mencegah penipisan lapisan ozon, kamu juga ikut menjaga kelangsungan hidup manusia dan bumi seisinya. Semoga bermanfaat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference