caviplex cdez obat untuk apa

Tahukah kamu caviplex cdez obat untuk apa? Obat yang satu ini sebenarnya merupakan multi vitamin dengan beberapa kandungan mineral di dalamnya.

Caviplex juga tersedia dalam beragam bentuk dan jenis. Ada yang berbentuk tetes, sirup, dan tablet. Bahkan ada caviplex yang menyediakan sumber vitamin D lebih banyak dari kandungan lainnya. Bagaimana cara mengonsunsi dan apa saja manfaatnya untuk tubuh? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Caviplex cdez obat apa?

lodecon obat apa

Caviplex cdez merupakan suplemen kesehatan. Kandungan utama di dalamnya yakni vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan Zinc. Keempatnya berfungsi mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan tulang, memelihara daya tan tubuh, dan masih banyak lainnya.

Terlepas dari berapa pun usiamu, kamu dapat mengonsumsi suplemen ini. Bahkan ibu hamil dan menyusui pun juga bisa. Karena mengandung vitamin dan mineral dasar yang dibutuhkan tubuh, caviplx cdez dapat kamu konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

Wajib Tahu! Ini 10+ Manfaat Vitamin D untuk Wanita

Manfaat caviplex cdez

Berikut adalah penjelasan dari kandungan utama yang ada dalam caviplex cdez.

Vitamin C 

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, terkenal di industri kecantikan karena manfaatnya yang luar biasa bagi kulit. Vitamin C diperlukan untuk biosintesis kolagen. Kolagen adalah sahabat terbaik kulit karena merupakan protein yang merupakan komponen penting dari jaringan ikat alias membuat kulit terlihat kencang dan juga diperlukan untuk menyembuhkan luka pada kulit. 

Vitamin C juga merupakan anti-oksidan yang kuat dan dapat bermanfaat dalam melindungimu dari penyakit kardiovaskular. Kerusakan oksidatif merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskular sehingga, mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti mengonsumsi banyak buah dan sayuran, atau suplementasi Vitamin C berpotensi mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Mungkin manfaat vitamin C yang paling banyak didokumentasikan adalah kontribusinya untuk mendukung respons kekebalan tubuh. Vitamin ini membantu merangsang produksi dan fungsi sel darah putih yang sehat, alias sel pelawan infeksi kita. Saat kita, kadar Vitamin C kita turun menjadi setengah dari kadar normalnya karena tubuh membutuhkan lebih banyak saat melawan infeksi.

7 Manfaat Vitamin C Untuk Wajah, Cari Tahu Cara Pakainya!

Vitamin D 

Vitamin D adalah vitamin esensial untuk sistem kekebalan fungsional dengan mengaktifkan sifat anti-inflamasi dan imunoregulasi. Reseptor Vitamin D diekspresikan pada sel imun yang meliputi sel B, sel T dan sel penyaji antigen, oleh karena itu, menjadi bagian penting dari sistem imun adaptif dan bawaan. Vitamin D juga merupakan mood booster. Jadi, lain kali kamu merasa sedikit pemarah, kamu mungkin hanya membutuhkan dosis harian Vitamin D.

Tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2019 dari delapan studi observasional yang mencakup 20.966 subjek menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko pneumonia.

Vitamin E 

makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak yang melindungi membran sel dari kerusakan dan dapat mencegah kolesterol LDL teroksidasi dan membentuk plak di arteri kamu. Wanita yang berisiko mengalami trombosis vena dalam mungkin mendapat manfaat dari mendapatkan vitamin E dalam jumlah yang cukup karena dapat mencegah DVT berkembang. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Journal of the National Cancer Institute” pada tahun 2012 mencatat bahwa orang Cina paruh baya atau lebih tua yang mengonsumsi vitamin E dalam jumlah tinggi, baik dari makanan atau suplemen, memiliki insiden kanker hati yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Zinc 

Zinc atau sengsangat penting untuk fungsi makrofag, sel yang membunuh mikroba asing dengan menelannya. Seng juga penting untuk perkembangan dan fungsi neutrofil dan sel pembunuh alami, nama sel darah putih dan merupakan kunci dalam respon imun.

Peneliti menunjukkan (2019, Baca, et al.) bahwa seng memiliki peran penting dalam kekebalan anti-virus. Mereka menunjukkan bahwa seng menghambat sesuatu yang disebut RNA polimerase yang dibutuhkan oleh virus untuk bereplikasi. 

Dosis obat dan petunjuk penggunaan

Caviplex tersedia dalam berbagai macam bentuk dan kegunaan. Kamu bisa menyesuaikan pemilihan caviplex dengan selera dan kebutuhanmu.

  • Caviplex CDEZ

Caviplex CDEZ tersedia dalam bentuk kaplet. Dalam 1 kaplet salut selaput mengandung vitamin C 500 mg, vitamin D3 400 IU, vitamin E 10 mg, dan zinc 10 mg.

Suplemen ini dapat diminum sesudah makan atau sesuai dengan anjuran dokter sebanyak 1 kaplet sehari.

  • Caviplex D

Caviplex D tersedia dalam bentuk tablet salut selaput yang setiap 1 tabletnya mengandung vitamin D3 1000 IU.

Dewasa dan anak-anak >12 tahun dapat mengonsumsi 1 tablet perhari sebelum atau sesudah makan, atau sesuai dengan anjuran dokter.

  • Caviplex Sirup

Caviplex jenis ini biasa tersedia dalam bentuk botol berisi 60 ml. Setiap 5 ml sirup mengandung:

  • vitamin A 1200 IU,
  • vitamin D3 100 IU,
  • vitamin B1 3 mg,
  • vitamin B2 1,5 mg,
  • vitamin B6 0,5 mg,
  • vitamin B12 5 mcg,
  • vitamin C 30 mg, dan
  • nicotinamide 10 mg.
  • kalsium pantotenat 5 mg, 
  • kalsium laktat 200 mg, 
  • kalsium gliserol fosfat 100 mg, dan 
  • asam glutamat 50 mg.

Sirup caviplex dapat dikonsumsi sesudah makan atau sesuai anjuran dokter dengan dosisi berikut:

Anak-anak: 1 sendok teh, 3 kali sehari.

Dewasa: 1 sendok makan, 3 kali sehari.

  • Caviplex Drops

Caviplex Drops disediakan dalam botol kecil berisi 10 ml. Dosisnya ialah:

Bayi 0–12 bulan: 8 tetes sehari.

Anak 1–4 tahun: 10–15 tetes sehari.

Anak >4 tahun: 15–20 tetes sehari.

Efek samping obat caviplex cdez

Sejauh ini belum ada laporan serius mengenai caviplx cdez. Beberapa efek samping yang umum setelah minum multivitamin ini tergolong ringan dan bersifat sementara, seperti:

  • Sakit kepala
  • Rasa tidak enak atau aneh di mulut
  • Mual dan muntah
  • Pusing

Bila kamu memiliki gejala lain yang tidak biasa atau berulang, segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter bila perlu.

—-

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference