citoviplex obat apa

citoviplex obat apa

Citoviplex adalah obat yang mengandung vitamin B kompleks. Vitamin ini terdiri dari delapan vitamin B, yaitu vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (asam folat) dan B12 (kobalamin). 

Vitamin B kompleks dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi, seperti metabolisme energi, perkembangan sel, dan perkembangan saraf. 

Nah, obat citoviplex digunakan untuk mengobati kekurangan vitamin dan mineral yang dapat menyebabkan anemia, lelah, dan masalah kesehatan lainnya. 

Citoviplex sendiri mengandung berbagai macam vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan juga zat besi dan seng. 

Namun, sebelum menggunakan obat ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa obat ini cocok dan dosisnya sesuai. 

Yuk, ketahui mengenai apa itu obat citoviplex selengkapnya di bawah ini.

Citoviplex obat apa?

Citoviplex adalah obat multivitamin yang digunakan untuk mengobati kekurangan vitamin dan mineral.

Dengan mengonsumsi obat citoviplex, kamu dapat membantu mengatasi kekurangan vitamin dan mineral yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Selain itu, kandungan zinc dan zat besi juga penting untuk membantu proses pembentukan darah dan menjaga kesehatan tulang. 

Namun, sebelum mengonsumsi obat ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan apa obat ini cocok untuk kondisi kamu.

Kegunaan obat citoviplex

Karena mengandung berbagai vitamin dan mineral, ada banyak manfaat atau kegunaan dari multivitamin atau obat citoviplex, seperti berikut ini.

  • Meningkatkan energi tubuh

Suplemen B kompleks dapat mengisi celah atau kekurangan vitamin tertentu, tetapi tidak dapat memberikan energi dalam bentuk kalori seperti sumber makanan. 

Namun, vitaminnya tetap dapat membantu memetabolisme karbohidrat dan nutrisi lainnya untuk memecah lemak.

  • Mendukung kesehatan otak

Vitamin B6, B9, dan B12 berperan dalam metabolisme homocysteine, yang membantu mengurangi risiko penurunan fungsi otak kognitif dan demensia. 

Apalagi, vitamin B12 dapat mendukung struktur DNA sehat, sehingga cocok untuk perkembangan janin, pencegahan penyakit kronis, dan kanker.

Selain itu, vitamin B6 dapat mendukung perkembangan dan fungsi otak, sehingga mengurangi risiko cacat lahir pada otak dan tulang belakang.

  • Memproduksi sel darah merah

Beberapa vitamin B, khususnya vitamin B12, berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. 

Sel darah merah yang sehat diperlukan untuk mengangkut oksigen ke setiap bagian tubuh, dan bila terjadi kekurangan vitamin B12, tubuh akan berjuang untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup, hingga menyebabkan anemia.

  • Mendukung produksi hormon

Vitamin B3 dan B5 diperlukan untuk produksi hormon di kelenjar adrenal, seperti hormon seks dan stres. 

Di sisi lain, vitamin B6 juga dapat merangsang neurotransmitter dan hormon yang mempengaruhi suasana hati dan mengatur jam biologis tubuh.

Dosis obat citoviplex

Bila kamu ingin mengonsumsi obat citoviplex untuk mengatasi kekurangan vitamin B kompleks di dalam tubuh, maka dosis yang tepat adalah 1 tablet selama 3 kali dalam sehari.

Interaksi obat citoviplex

Pada kebanyakan kasus, vitamin B kompleks tidak berinteraksi negatif dengan obat lainnya. Meski demikian, ada beberapa obat yang dapat berinteraksi dan menurunkan kadar vitamin B kompleks, seperti:

  • Obat tekanan darah dan kemoterapi dapat menurunkan kadar vitamin B1 tubuh
  • Obat anti kejang untuk epilepsi dapat menurunkan kadar vitamin B3, B6 dan B9
  • Obat tuberkulosis dapat menurunkan kadar vitamin B3 dan B6
  • Obat kanker tertentu yang menurunkan kadar vitamin B9
  • Antibiotik dan obat tertentu untuk mengobati tukak, diabetes, atau refluks gastroesophageal (GERD) dapat menurunkan kadar vitamin B12
Share artikel ini
Reference