obat untuk sakit gigi berlubang

Gigi berlubang dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit. Bahkan, rasa sakit gigi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan mencabut gigi tersebut. Namun, beberapa orang mungkin memilih untuk menggunakan obat untuk sakit gigi berlubang terlebih dahulu sebelum mencabutnya. 

Ada sejumlah pengobatan medis dan tradisional yang ampuh untuk mengatasi masalah gigi yang satu ini. 

Apa itu sakit gigi berlubang?

Sakit gigi merupakan rasa sakit yang terjadi di sekitar atau di dalam gigi. Untuk sakit gigi yang ringan dapat diobati di rumah dan sembuh dalam beberapa hari. Namun, untuk sakit gigi berlubang yang parah perlu ditangani oleh dokter gigi sehingga rasa sakit dan masalah gigi dapat teratasi. 

Penyebab sakit gigi berlubang

Penyebab sakit gigi berlubang

Gigi berlubang dapat disebabkan oleh plak gigi. Plak merupakan lapisan lengket dengan warna bening yang melapisi gigi. Plak terbentuk karena mengkonsumsi banyak gula dan pati serta tidak membersihkan gigi dengan benar. 

Ketika gula dan pati yang ada pada gigi tidak dibersihkan dengan baik, bakteri akan membentuk plak. Plak gigi tersebut dapat mengeras dan berada di bawah maupun di atas garis gusi. 

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan plak pada gigi:

  • Jangan membersihkan gigi, terutama setelah makan
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman dan makanan manis
  • Menderita gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia
  • Berusia lanjut yang membuat enamel menipis dan produksi air liur berkurang
  • Mengkonsumsi vitamin, suplemen, dan obat-obatan yang mengandung gula

Obat untuk sakit gigi berlumbang yang biasa ditemukan

Berikut sejumlah pengobatan untuk sakit gigi berlubang secara medis yang biasa ditemukan:

  • Perawatan fluoride. Jika lubang pada gigi masih kecil, perawatan yang satu ini dapat membantu memulihkan email gigi. Selain melakukan perawatan, fluoride juga dapat ditemukan pada pasta gigi dan obat kumur. 
  • Tambalan. Restorasi atau tambalan merupakan perawatan yang dilakukan jika pembusukan pada gigi sudah cukup berkembang. Tambalan ini terbuat dari beberapa bahan seperti resin komposit sewarna gigi, porselen atau amalgam gigi.
  • Perawatan saluran akar. Perawatan yang satu ini digunakan aat pembusukan sudah mencapai pulpa gigi. Fungsi dari perawatan saluran gigi adalah untuk memperbaiki dan menyelamatkan gigi yang mengalami rusak parah. 
  • Pencabutan gigi. Jika gigi sudah sangat rusak, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan dicabut. Namun, kamu bisa memasang implan gigi untuk menggantikan gigi yang sudah dicabut tersebut. 
  • Obat nyeri. Obat untuk sakit gigi berlubang selanjutnya menggunakan obat pereda nyeri. Beberapa obat tersebut adalah aspirin, ibuprofen, dan naproxen.

Obat untuk sakit gigi berlubang secara tradisional 

sakit gigi
Sakit Gigi

Selain pengobatan medis, kamu juga bisa menggunakan obat tradisional atau obat alami untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Berikut caranya:

1. Air garam

Air garam merupakan desinfektan alami yang dapat melepaskan partikel makanan yang tertinggal pada gigi. Selain itu, air garam juga dapat membunuh bakteri yang mengurangi peradangan. 

Campurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk, dan kumur selama beberapa detik kemudian buang. 

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang bersifat antibakteri dan baik untuk mengobati sakit gigi. Kandungan ini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan plak dan mengurangi rasa sakit. 

Cara penggunaannya mudah. Hancurkan satu siung bawang putih. Campurkan pada pasta gigi dan gosok gigi menggunakan campuran tersebut. 

3. Minyak esensial

Obat sakit gigi berlubang selanjutnya adalah minyak esensial. Gunakan, minyak esensial peppermint atau cengkeh secukupnya. Taruh beberapa tetes pada jari dan pijat di area gigi yang sakit dengan menggunakan minyak esensial tersebut. 

4. Kantong teh

Teh memiliki senyawa tanin yang dapat mengurangi nyeri gusi sekaligus membunuh bakteri pada mulut. Kamu bisa menggunakan kantong teh celup dari teh hijau atau teh hitam. 

Masukan, teh celup tersebut ke dalam air panas selama 5 menit. Kemudian, angkat dan diamkan sebentar sampai tidak terlalu panas. Oleskan kantung teh yang hangat tersebut pada area yang sakit selama 5 menit. 

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman dan mencegah kerusakan pada gigi. Tempelkan gel lidah buaya pada area mulut yang sakit. Kemudian, pijat dengan lembut. 

6. Es batu

Obat untuk sakit gigi berlubang selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Air dingin atau es batu dapat mengebaskan saraf gigi sehingga rasa nyeri dapat teratasi. 

7. Cuka apel

Kandungan antibakteri dan antimikroba pada cuka apel juga dapat mengatasi rasa sakit gigi. Caranya, campurkan 1 sendok makan cuka apel dalam segelas air. Gunakan untuk berkumur atau tempelkan campuran tersebut pada kapas, kemudian letakan pada gigi yang berlubang. 

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji mengandung analgesik, antimikroba dan anti radang yang berguna untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara penggunaannya adalah tumbuk beberapa helai daun jambu biji. Kemudian rebus ke dalam air mendidih. Diamkan sampai dingin, lalu gunakan untuk berkumur. 

9. Jahe

Jahe mengandung antibiotik yang dapat membunuh kuman dalam mulut. Cara penggunaannya mudah. Tumbuh 1 siung jahe sampai halus. Kemudian, tempelkan pada gigi yang berlubang. 

10. Bawang merah

Selain bawang putih, bawang merah juga dapat mengatasi gigi berlubang. Kandungan antiseptik dan antimikroba pada bawang merah dapat mengatasi nyeri pada gigi dan gusi. Kamu cukup kunyah bawang merah dengan gigi yang sakit. Bisa juga dengan menempelkan bawang merah yang sudah dihaluskan pada gigi berlubang. 

11. akar manis

Akar manis memiliki senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, serta sifat antibakteri yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab lubang pada gigi. Cara penggunaannya simpel. Larutkan akar manis sebanyak 1 sendok teh dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur sampai rasa sakitnya berkurang. 

12. Kunyit

Sejak dulu, kunyit memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan termasuk mengatasi sakit gigi. Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antiperadangan serta antibakteri. Kandungan tersebut dapat menjaga kesehatan gusi sekaligus mencegah lubang pada gigi. 

Cara penggunaannya mudah, campurkan bubuk kunyit atau kunyit yang telah dihaluskan dengan sedikit air. Aduk hingga berubah menjadi pasta. Oleskan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Jika sudah, bilas menggunakan air hangat. 

13. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, antiperadangan serta analgesik yang baik untuk mengatasi masalah mulut dan gigi. Cara penggunaannya adalah campurkan minyak cengkeh 2-3 tetes dengan ¼ sendok minyak biji wijen. Celupkan kapas pada larutan tersebut pada gigi yang berlubang. Aplikasikan cara ini sebelum tidur. 

14. Vanila

Vanila mengandung alkohol yang berguna membunuh bakteri. Selain itu, vanila juga memiliki kandungan antioksidan yang membantu proses penyembuhan. Cara penggunaannya, oleskan ekstrak vanilla asli pada kapas. Lalu, tempelkan pada gigi yang berlubang. 

15. Daun sirih  

Obat untuk sakit gigi berlubang selanjutnya adalah daun sirih. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Remas dua lembar daun sirih, campurkan  garam dan air hangat. Aduk hingga garam larut dan diamkan sampai air campuran tersebut dingin. Setelah itu, kamu bisa kumur-kumur menggunakan air ini.

Share artikel ini
Reference