cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat

Demam adalah reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus, bakteri, atau benda asing yang dianggap berbahaya bagi tubuh. Sebenarnya kamu tidak perlu minum obat penurun demam jika demamnya ringan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan pengobatan alami untuk menurunkan panas tubuh akibat demam. Berikut cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat yang bisa kamu coba segera di rumah.

Demam pada orang dewasa

Demam adalah suatu kondisi peningkatan suhu tubuh di atas suhu rata-rata harian. Orang dewasa dianggap demam jika suhu mulut (diukur melalui mulut) di atas 38 derajat Celcius, atau suhu rektal (diukur melalui anus) atau telinga di atas 38,3 derajat Celcius. Namun, hal ini seringkali hanya menjadi perhatian jika suhu telah mencapai > 39,4 derajat Celcius.

Banyak ahli yang mengatakan, demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi. Karena itu, orang-orang dari segala usia dapat mengalaminya.

Penyebab demam pada orang dewasa

Demam mudah diukur, tetapi menentukan penyebabnya sulit. Umumnya, kondisi ini merupakan respons terhadap salah satu dari berikut:

  • Adanya infeksi. Menjadi penyebab paling umum dari demam. Infeksi yang paling sering menyebabkan demam adalah infeksi saluran pernapasan atas, saluran pencernaan, paru-paru, dan saluran kemih
  • Efek samping obat-obatan, seperti antibiotik, narkotika, dan antihistamin
  • Trauma atau cedera parah, seperti serangan jantung, stroke, dan luka bakar
  • Penyakit tidak menular, seperti kanker, penyakit autoimun, gangguan tiroid, dan radang sendi
  • Efek samping imunisasi pada anak. Dokter kemungkinan akan memeriksa darah, urin, atau rontgen dada untuk menentukan penyebab demam.

Demam tanda penyakit

Untuk mengetahui seseorang mengalami demam atau tidak, maka perlu dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer. Suhu tubuh umumnya diukur di mulut (oral), anus (rektal), telinga, ketiak, dan dahi. Hasil yang didapat berbeda-beda, tergantung dari lokasi pengukuran suhu.

Berikut perbandingan secara umum:

  1. Rata-rata suhu normal mulut adalah 37 derajat Celsius.
  2. Suhu rektal dan telinga 0,3–0,6 lebih tinggi dari suhu oral.
  3. Suhu ketiak dan dahi biasanya 0,3–0,6 lebih rendah dari suhu oral.
  4. Pengukuran melalui ketiak, telinga, dan dahi lebih mudah dilakukan daripada melalui anus dan mulut, namun hasilnya kurang akurat.

Saat sehat, ukur suhu tubuh pada pagi dan sore hari. Ini akan membantu seseorang mengetahui berapa suhu basal rata-rata mereka (suhu normal terendah), sehingga sedikit peningkatan bisa menjadi tanda ada sesuatu di dalam tubuh. Suhu tubuh normal dapat bervariasi, sekitar 0,6 celcius dalam sehari.

Untuk mendapatkan hasil pengukuran suhu tubuh yang akurat, sebelum melakukan pengukuran sebaiknya menunggu setidaknya 20-30 menit setelah merokok, makan, atau mengonsumsi minuman panas atau dingin, dan minimal 1 jam setelah berolahraga atau mandi air panas.

Apakah demam berbahaya?

Demam pada orang dewasa adalah hal biasa. Hal ini karena bentuk dari pertahanan tubuh dari infeksi. Siapapun bisa mengalami demam dalam hidupnya, baik wanita maupun pria.

Namun, ketika suhu naik terlalu tinggi, itu bisa berbahaya dan merupakan tanda penyakit serius.Kamu harus menghubungi dokter jika kamu memiliki salah satu gejala berikut:

  • Demam lebih dari 40 derajat dan tidak bisa diobati dengan obat-obatan yang ada di pasaran
  • Memiliki demam selama 48 jam lebih
  • Memiliki kondisi medis yang serius seperti masalah jantung, diabetes, atau cystic fibrosis
  • Ruam atau memar
  • Adanya gejala seperti sakit kepala, batuk, dan radang tenggorokan.

Cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat di rumah

Pada kasus ringan, demam yang menyebabkan peningkatan suhu tubuh dapat berkurang dengan sendirinya dengan istirahat. Namun, perawatan tertentu dapat membantu tubuh pulih dari demam lebih cepat sehingga gejala yang dialami juga lebih cepat mereda.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu meredakan demam.

1. Kompres air hangat

Kompres air dingin telah digunakan sebagai obat demam alami sejak zaman dahulu. Padahal, kompres dingin tidak bisa menyembuhkan demam. Sebenarnya yang terjadi adalah tubuh mengartikan suhu dingin sebagai ancaman, yang membuat suhu tubuh semakin meningkat dan membuat demam semakin parah.

Kompres hangat adalah cara yang lebih efektif untuk menurunkan demam daripada kompres dingin. Pembuluh darah yang melebar akibat suhu yang hangat dapat memicu produksi keringat dan mempermudah pengeluaran panas dari tubuh, sehingga suhu tubuh secara alami akan menurun dari dalam.

Cukup rendam kain lap bersih dalam semangkuk air hangat, bukan air panas. Kemudian, peras sisa airnya dan coba aplikasikan langsung ke area ketiak.

Kamu dapat merendam kembali kain lap dalam air dingin dan ulangi jika perlu. Namun, jangan mengoleskannya pada kulit kamu selama lebih dari 20 menit. Sebaiknya beri jeda sekitar 10 menit sebelum mengompresnya lagi.

2. Makan lebih banyak buah

Obat demam alami lainnya yang bisa membuat suhu tubuh turun adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan. Kamu bisa konsumsi jeruk, jambu biji, pepaya, nanas, dan mangga. Buah tersebut sangat kaya dengan vitamin C.

Adanya vitamin C mampu meningkatkan imun untuk melawan infeksi akibat virus maupun bakteri. Oleh sebab itu, proses pemulihan akan menjadi lebih cepat. Selain itu, pisang juga dapat membantu menggantikan asupan kalium dalam tubuh.

3. Minum air kelapa

Air kelapa mengandung berbagai vitamin, mineral, dan elektrolit. Kandungan ini membantu kita menjadi lebih segar dan berenergi saat tubuh sedang lemas akibat suhu tubuh yang meningkat.

Air kelapa segar adalah pilihan yang baik untuk menurunkan demam secara alami dibandingkan dengan air kelapa kemasan. Jika kamu membeli produk kemasan, perhatikan baik-baik label komposisinya, terutama kandungan gulanya.

Sebagai alternatif, kamu bisa minum teh herbal hangat yang dibuat sendiri dirumah untuk cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat. Seduh teh biasa dengan potongan jahe, serai, atau irisan lemon, dan madu untuk menambah rasa.

4. Mandi air hangat

Suhu tubuh yang tinggi terkadang bisa membuat kamu merasa gerah dan tidak nyaman, namun jangan tergoda untuk menyiram diri dengan air dingin.

Mirip dengan kompres dingin, taktik ini akan langsung menyempitkan pembuluh darah sehingga memperlambat aliran darah ke tempat peradangan.

Di sisi lain, perbedaan suhu yang ekstrim ini justru membuat suhu tubuh turun secara tiba-tiba sehingga menyebabkan tubuh menggigil. Mandi air hangat membantu menurunkan demam secara bertahap dan aman.

Cara menurunkan demam pada orang dewasa tanpa obat bisa diterapkan di rumah. Jika suhu tubuh kamu masih tinggi dan kamu merasa tidak fit, kamu sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Ini karena panas yang terus-menerus bisa menjadi tanda keadaan darurat tertentu.

Share artikel ini
Reference