Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan buah labu. Buah ini memiliki rasa yang sedikit manis dan biasa dijadikan olahan makanan, seperti aneka kue dan roti. Nah selain rasa yang lezat, labu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk diet.

Nah, untuk tahu lebih jelasnya mengenai manfaat buah labu, jumlah kalori buah labu, dan tips mengonsumsi buah labu yang baik untuk kesehatan, simak artikel ini sampai akhir ya.

Apa itu buah labu?

Buah labu adalah buah berwarna orange yang bergizi, kaya nutrisi, dan rendah kalori. Buah ini memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Walaupun sering disebut sebagai sayuran, sebenarnya secara ilmiah labu adalah buah karena mengandung biji. Menariknya, buah ini memiliki nutrisi yang lebih mirip dengan sayuran daripada buah-buahan.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi buah labu, kamu bisa mencampurkannya ke dalam sup, salad, ataupun makanan penutup. Buah labu juga bisa diolah sebagai manisan yang menyehatkan. Selain daging buahnya, bijinya juga bisa dikonsumsi. Biji labu bisa dipanggang dan dijadikan camilan sehat.

Kandungan dalam buah labu

Buah labu kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Buah ini juga rendah kalori. Berikut ini adalah kandungan yang ada pada buah labu.

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalium
  • Tembaga
  • Mangan
  • Vitamin B2
  • Vitamin E
  • Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Seng
  • Folat
  • Vitamin B
  • Air

Kalori buah labu

Labu mentah dengan berat 100 gram mengandung sedikit kalori, yaitu 26 kalori saja. Hal ini berdasarkan pada data yang dirilis oleh United States Department of Agriculture (USDA). Sebagian besar kandungan buah labu ini merupakan air. Nah, karena jumlah kalorinya cukup rendah, kamu bisa mengonsumsinya tanpa perlu khawatir kelebihan kalori, terutama saat kamu sedang menjalani diet.

Manfaat buah labu

Berbagai manfaat buah labu bagi kesehatan tubuh, adalah:

1. Mencegah terjadinya kerusakan sel tubuh

Labu mengandung antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel. Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif yang berkaitan dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Nutrisi yang ada pada labu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini didukung dengan adanya kandungan vitamin A pada labu. Selain itu, vitamin A juga dapat melawan infeksi. Kandungan vitamin C-nya juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, mendukung kinerja sel-sel kekebalan, dan mempercepat penyembuhan luka.

3. Menjaga kesehatan mata

Seiring bertambahnya usia, kemampuan penglihatan dapat semakin berkurang. Kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang tinggi pada labu dapat menjaga kesehatan mata. Sehingga, kemampuan penglihatan dapat tetap baik.

4. Sebagai penurun berat badan

Labu merupakan buah yang rendah kalori dan kaya akan nutrisi. Jika kamu kelebihan berat badan dan berniat menurunkan berat badan, kamu bisa mengonsumsinya lebih banyak dari sumber karbohidrat lain, seperti nasi dan kentang. Hal itu karena Labu merupakan sumber makanan berserat yang bisa menekan nafsu makan.

5. Menurunkan risiko penyakit kanker

Labu mengandung karotenoid yang dapat menetralkan radikal bebas. Banyak penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan asupan karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko terkena kanker yang lebih rendah.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Labu memiliki kandungan vitamin C, kalium, dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dilansir dari Health Line, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang dengan asupan kalium yang lebih tinggi memiliki tekanan darah dan risiko stroke yang lebih rendah.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Labu sarat akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan karotenoid pada labu dapat berperan sebagai tabir surya alami. Karotenoid membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

8. Melancarkan sistem pencernaan

Labu adalah sumber serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, asupan serat yang cukup dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah dan mengurangi risiko kanker usus besar.

9. Menjaga kesehatan hati

Mengonsumsi buah labu yang kaya antioksidan dapat membantu kinerja hati. Tubuh dapat mengubah beta-karoten pada labu menjadi vitamin A yang bisa melawan penyakit, termasuk penyakit hati.

Buah labu untuk diet

Manfaat buah labu juga bisa digunakan untuk diet, lho. Labu mengandung banyak vitamin dan mineral. Buah sehat ini tidak mengandung natrium, lemak, dan kolesterol. Sehingga, cukup ideal dikonsumsi saat menjalani diet. Selain itu, labu merupakan sumber serat. Setiap 100 gram buah labu mengandung 0,5 gram serat. Selain dapat membantu proses penurunan berat badan, serat pada labu juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Sehingga, kamu bisa menahan keinginan untuk makan camilan.

Kedua kandungan nutrisi pada labu, yakni vitamin C dan beta karoten bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Alhasil, selama menjalani diet, daya tahan tubuh bisa tetap terjaga. Dengan demikian, Kamu dapat melakukan diet dengan sehat dan cepat. Agar dapat menjalani diet dan melakukan olahraga secara rutin, kita memerlukan suasana hati yang baik. Nah,labu dapat membantu kita meningkatkan suasana hati dan menangkal stres. Hal ini berkat adanya kandungan tryptophan pada labu.

Tips mengonsumsi buah labu

Berikut ini adalah beberapa tips mengonsumsi untuk mendapatkan manfaat buah labu, yaitu:

  • Jangan buang biji dari buah labu. Selain dagingnya, biji buah labu juga mengandung banyak nutrisi. kamu bisa mengonsumsinya dengan memanggangnya, menambahkannya ke puding, atau mengonsumsinya bersama sayuran.
  • Meskipun buah ini kaya akan manfaat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Sesuatu yang berlebihan biasanya memberikan efek yang kurang baik. Buah ini mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan vitamin A.
  • Apabila kamu merasa ragu mengenai jumlah asupan labu kuning yang tepat sesuai kondisi tubuh, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Karena kaya akan vitamin dan mineral, buah labu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, konsumsilah buah ini dalam jumlah yang cukup. Ingat, jangan sampai berlebihan, ya!

Share artikel ini
Reference