Cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja

Cara menjaga kesehatan mental mungkin masih menjadi banyak perbincangan di kalangan pekerja, terutama bagi mereka yang melek terhadap kesehatan. Banyak pekerja yang masih abai terhadap kesehatan mental, bahkan malas mencari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan.

Kesehatan mental bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan terhadap produktivitas pekerjaan. Bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Yuk simak tips dan triknya di artikel ini ini!

Kenapa penting menjaga kesehatan mental di tempat kerja

Penyebab utama dari kesehatan mental yang buruk yang di tempat kerja adalah kecemasan berlebihan. World Health Organization (WHO) bahkan memperkirakan bahkan sekitar 264 juta orang di dunia menderita depresi karena berbagai hal. Tidak memiliki pekerjaan bisa menyebabkan gangguan kesehatan mental, namun lingkungan yang buruk juga memiliki potensi yang sama besar.

Sangat penting menjaga kesehatan mental di tempat kerja. Risiko gangguan kesehatan mental dapat mendatangkan:

  • Turunnya produktivitas kerja
  • Sulit untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas kantor
  • Bosan di tempat kerja
  • Tidak dapat hadir sepenuhnya secara pikiran di kantor
  • Stres
  • Depresi
  • Dapat berujung pada penyalahgunaan obat terlarang dan alkohol

Cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja

cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja

Isu kesehatan mental di tempat kerja masih belum banyak yang memprioritaskan, padahal memiliki kesehatan mental di tempat kerja sangat penting, lho. Berikut cara menjaga kesehatan mental di tempat kerja agar hidup lebih sehat dan terjaga mentalnya:

1. Gaya hidup dan pekerjaan dilakukan seimbang

Banyak pekerja yang sulit membagi antara tugas pekerjaan dengan menjalani kehidupannya. Terkadang karena pekerjaan yang menumpuk, kamu membawanya ke rumah sehingga mengurangi waktu berkualitas dengan keluarga. Terapkan batasan pekerjaan kantor dan kehidupan pribadi agar lebih seimbang, ya.

2. Diskusi kesehatan mental di tempat kerja

Cobalah lakukan diskusi kesehatan mental dengan atasan atau rekan kerja. Jangan takut untuk mengangkat masalah pekerja yang berkaitan dengan kecemasan, depresi dan stres. Ajak orang untuk melek dan betapa pentingnya mempunyai kesehatan mental yang baik di tempat kerja.

3. Latih pikiran positif

Saat berpikiran positif, stress dapat diatasi dan daya tahan tubuh akan lebih baik. Cobalah latih pikiran positif di tempat kerja agar kamu lebih siap dengan kemungkinan terburuk dan alihkan pikiran negatif ke produktivitas kerja.

4. Pola hidup sehat

Jalani pola hidup sehat di rumah dan tempat kerja. Lakukan peregangan jika tubuh mulai kaku selama 10-15 menit sehingga mengurangi kantuk saat bekerja. Konsumsi makanan sehat dan bawa bekal sehingga tidak menunda makan di tempat kerja.

5. Jalin hubungan dengan lingkungan lain

Jalin hubungan baik dengan orang lain baik itu di sesame rekan, dengan atasan atau bawahan. Dengan menjalin hubungan yang baik, maka masalah di tempat kerja akan berkurang dan kesehatan mental lebih terjaga.

6. Atur waktu dengan baik

Atur waktu dengan baik saat sehingga semua pekerjaan dapat selesai sesuai dengan waktunya. Kurangi mengerjakan pekerjaan di saat deadline sehingga waktu kerja dan istirahat dapat seimbang yang memicu kesehatan mental yang baik di tempat kerja.

7. Sampaikan apa yang dirasakan

Stress dan depresi dapat muncul karena perasaan yang ditahan atau tidak diungkapkan. Gunakan bahasa yang baik untuk mengungkapkan perasaan di tempat kerja baik itu kepada rekan, atasan atau bawahan. 

8. Saling mendukung satu sama lain

Kesehatan mental pekerja yang baik bisa berhasil dicapai jika didukung oleh lingkungan dan orang-orangnya. Lakukan dukungan dengan pekerja lain di kantor dan utamakan untuk menjaga kesehatan mental semua orang.

9. Menyediakan layanan kesehatan mental bagi pekerja

Jika kamu adalah atasan, cobalah untuk memberikan pelayanan perawatan kesehatan mental di tempat kerjamu. Sediakan konselor atau terapis yang memberikan saran-saran kesehatan mental kepada semua pekerja agar tetap sehat dan tidak mengganggu pekerjaan.

10. Jadikan kesehatan mental sebagai prioritas

Jadikan kesehatan mental di tempat kerja sebagai prioritas untuk mencapai tujuan bersama. Kesehatan mental yang buruk dapat berdampak pada kualitas kesehatan, pekerjaan dan produktivitas kerja. 

11. Berantas sigma negatif kesehatan mental

Banyak orang yang masih belum paham mengenai kesehatan mental, salah satunya menyebut ‘gila’ pada orang yang stres atau depresi. Tentunya stigma buruk ini harus dikurangi untuk menerapkan manajemen stress dan kesehatan mental yang baik di tempat kerja. 

Cara-cara diatas masih cukup mudah lho untuk diterapkan di tempat kerja. Jika ingin pekerjaan lancar maka utamakan juga kesehatan mental, ya. 

Apa sih faktor yang menjadi pengaruh kesehatan mental di tempat kerja menjadi buruk?

Faktor yang mempengaruhi kesehatan mental di tempat kerja

Kesehatan mental di tempat kerja sangat dipengaruhi oleh lingkungan kerja itu sendiri. Fakta di lapangan yang menjadi faktor buruknya kesehatan mental di tempat kerja antara lain:

  • Kebijakan kesehatan dan keselamatan yang tidak memadai
  • Komunikasi dan praktik manajemen buruk di lingkungan kerja
  • Partisipasi yang terbatas dalam pengambilan keputusan di tempat kerja
  • Mempunyai control yang rendah atas area kerja 
  • Tingkat dukungan yang renda untuk karyawan, terutama masalah kesehatan mental
  • Jam kerja tidak teratur dan tidak fleksibel
  • Tugas atau pekerjaan yang tidak jelas

Faktor diatas membuat kesehatan mental di tempat kerja sulit di dapat, namun disisi lainm sulitnya seseorang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan menjadi sebab mereka tetap bertahan meskipun dengan kondisi tempat kerja yang tidak mendukung kesehatan mental terjaga. 

Cara menjaga kesehatan mental bisa berkaitan dengan erat dengan produktivitas di tempat kerja. Jika sehat jiwa dan raga, maka pekerjaan akan selesai dengan cepat, lebih produktif dan bermanfaat. Mulai gaya hidup sehat dari sekarang agar kesehatan mental sebagai seorang pekerja dapat terjaga, ya!

Share artikel ini
Reference