histigen 6 obat apa

Salah satu obat yang kerap diresepkan untuk masalah vertigo dan tinitus adalah histigen. Tapi, histigen 6 obat apa sebenarnya? Yuk, ketahui bersama manfaat obat ini dan dosis yang perlu dikonsumsi. Berikut sejumlah ulasannya. 

Histigen 6 obat apa

Histigen adalah obat dengan kandungan zat aktif Betahistine Mesylate. Kegunaan obat yang satu ini adalah untuk mengatasi atau mengobati vertigo, telinga berdenging (tinitus) serta kondisi gangguan pendengaran yang terkait dengan penyakit Meniere.

Cara kerja obat ini adalah dengan mengurangi tekanan yang ada di bagian dalam telinga serta melebarkan pembuluh darah pada bagian dalam telinga.

Ketahui Penyebab Vertigo Mendadak Yang Bikin Mual Dan Pusing

Gejala vertigo dan tinitus

penyebab vertigo kambuh

Seperti yang dijelaskan di atas, histigen adalah obat untuk mengatasi vertigo dan tinitus. Tapi apa saja sih gejala vertigo dan tinitus tersebut? Berikut gejalanya.

1. Vertigo

Vertigo adalah sensasi kehilangan keseimbangan. Orang yang mengalaminya, umumnya merasa pusing seperti berputar. Berikut beberapa gejala vertigo:

  • Merasa mual
  • Muntah
  • Gerakan mata yang tidak normal atau menyentak (nystagmus)
  • Sakit kepala
  • Berkeringat
  • Dering di telinga atau gangguan pendengaran
  • Gejala dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam atau lebih dan dapat datang dan pergi.

2. Tinitus

Kondisi yang satu ini digambarkan sebagai telinga berdenging meskipun tidak ada suara eksternal yang menyebabkan degingingan tersebut. Beberapa jenis suara yang kerap dirasakan penderita tinitus adalah telinga terasa berdengung, bergemuruh, berdesis, dan lain sebagainya. 

Penderita penyakit ini juga hanya mendengar suara yang hanya bisa didengarnya sendiri. Suara tinitus juga bisa bervariasi yakni seperti raungan rendah hingga suara pekikan yang tinggi. Penderita kondisi ini dapat mendengarnya di satu maupun di kedua telinga.

Bahkan, dalam beberapa kasus, suara tersebut bisa sangat keras sampai mengganggu kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi maupun mendengar suara dari luar. Kondisi ini dapat terjadi sepanjang waktu atau bisa juga datang dan pergi. 

Dalam kasus yang jarang terjadi, tinitus juga dapat berupa suara berdenyut atau mendering yang berirama, bahkan seringkali bersamaan dengan detak jantung. Kondisi ini disebut sebagai tinitus pulsatile. 

Apa Obat Tinnitus Di Apotik, Kondisi Telinga Berdering Yang Mengganggu?

Manfaat histigen

Sebelum menggunakan obat, tentu kamu perlu tahu apa manfaatnya. Sama seperti penggunaan histigen, kamu perlu tahu terlebih dahulu histigen obat apa. Histigen adalah obat yang membantu mengobati vertigo dan tinitus. 

Dosis obat

clixid obat apa ini manfaat dan cara kerjanya

Saat mengkonsumsi obat, hal terpenting yang perlu kamu ketahui adalah dosis penggunaan obat tersebut. Sehingga obat dapat bekerja dengan tepat dan efektif untuk mengatasi keluhan masalah kesehatan yang sesuai dengan fungsi obat tersebut. Lantas, bagaimana dengan dosis obat histigen?

Histigen adalah obat yang termasuk dalam golongan obat keras. Ini sebabnya, untuk menggunakan obat yang satu ini perlu menggunakan resep dokter karena tidak dapat dibeli tanpa menggunakan resep. 

Untuk penggunaan obat yang satu ini juga perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Penggunaan obat ini bisa berbeda pada tiap individu tergantung pada tingkat keparahan penyakit, kondisi tubuh dan pertimbangan lainnya. 

Namun, umumnya penggunaan dosis obat histigen adalah:

Dosis awal yakni 1-2 tablet dengan jadwal minum 4 kali sehari. Atau bisa juga dengan dosis 3 tablet yang dikonsumsi 2 kali sehari. Pemberian dosis ini disesuaikan dengan respon tiap individu.

Dosis pemeliharaan yakni 1-2 tablet dengan jadwal minum 3 kali sehari.

Jangan mengubah dosis obat, baik mengurangi atau menambah dosis penggunaan obat tanpa persetujuan dokter. Perubahan dosis obat mungkin dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas obat atau efek lain yang dapat ditimbulkan. 

Efek Samping

Selain mengetahui histigen obat apa, kamu juga perlu tahu efek samping penggunaan obat yang satu ini. Berikut beberapa efek sampingnya.

  • Mengantuk
  • Sakit kepala, pusing
  • Kelelahan
  • Pencernaan yang terganggu
  • Mual dan muntah
  • Perut kembung atau sakit

Efek samping ini bisa berbeda pada tiap individu, bahkan beberapa individu mungkin tidak mengalami efek samping apapun. Jika efek samping berkepanjangan atau mengganggu, pastikan untuk konsultasikan dengan dokter. 

Itulah sejumlah ulasan mengenai histigen obat apa, manfaat hingga dosis dan efek sampingnya. Ingat, ya ini adalah obat golongan keras. Tidak disarankan menggunakan obat tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference