ciri-ciri batuk mau sembuh

Secara garis besar, ada dua jenis batuk, yaitu batuk kering dan berdahak. Gangguan batuk yang disertai keluarnya lendir atau dahak, merupakan tanda adanya peradangan atau infeksi pada saluran pernapasan.

Sebagian dari kamu pasti menganggap dahak merupakan pertanda buruk dan menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh. Padahal, adanya dahak saat batuk sebenarnya merupakan respon imun yang ditujukan untuk melindungi saluran napas kamu.

Biasanya, batuk akan sembuh dalam waktu 3 minggu dan tidak memerlukan perawatan apa pun. Ciri ciri batuk mau sembuh biasanya ditandai dengan intensitas batuk yang mulai jarang. Yuk, simak cara mengobati batuk secara alami agar batuk kamu segera sembuh!

Cara merawat batuk secara alami

Batuk merupakan refleks alami sekaligus cara tubuh mengeluarkan benda asing di saluran napas, termasuk dahak. Jika kamu belum sempat memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab batuk, kamu bisa mencoba berbagai obat batuk herbal alami berikut ini.

obat batuk herbal alami

1. Pepermint

Daun peppermint terkenal efektif dalam meredakan batuk. Hal ini karena kandungan mentol di dalamnya dapat berperan sebagai obat batuk herbal yang membantu melegakan tenggorokan dan melegakan pernapasan. Kamu bisa mencoba minum teh peppermint tanpa gula atau menghirup uap yang dicampur minyak esensial peppermint.

2. Nanas

Kandungan yang terdapat pada batang nanas dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak. Bromelain juga tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

3. Minum banyak air

Ciri ciri batuk mau sembuh adalah batuk mulai berkurang. Salah satu cara meredakan batuk secara alami adalah dengan banyak minum air putih.

Air dipercaya sebagai obat batuk alami untuk orang dewasa dan anak-anak karena dianggap dapat membantu mengencerkan dahak penyebab batuk berdahak dan melembapkan tenggorokan yang kering.

Dengan demikian, batuk diharapkan mereda. Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa minum cairan hangat membantu meredakan pilek dan bersin. Selain air putih, kamu bisa mengonsumsi air kaldu, teh hangat, dan jus buah hangat.

4. Jahe

Manfaat jahe dianggap dapat digunakan sebagai obat batuk alami karena memiliki sifat anti radang, dan bisa membantu meredakan mual.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Respiratory and Molecular Biology mengungkapkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, membantu mengurangi batuk.

Untuk mencobanya, kamu bisa mengonsumsi air rebusan jahe atau mencampur irisan jahe dengan teh.

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

5. Madu

Menurut sebuah penelitian, madu tergolong lebih efektif meredakan batuk daripada obat yang mengandung dextromethorphan, yaitu penekan batuk. Untuk menggunakan obat batuk alami ini, kamu bisa mencampurkan dua sendok teh madu dengan air hangat atau teh.

6. Kunyit

Mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang bersifat anti radang, antivirus, dan antibakteri. Atas dasar itulah kunyit dianggap mampu mengatasi batuk, terutama batuk kering.

Sebelum mencoba obat batuk kering alami ini, perlu diketahui bahwa kurkumin dapat terserap ke dalam aliran darah dengan baik jika dikonsumsi bersamaan dengan lada hitam.

5+ Manfaat Minum Kunyit saat Haid yang Wajib Kamu Tahu

Cara batuk mau sembuh

Jika kamu menderita batuk akut, itu akan membaik dalam beberapa minggu. Tetapi jika batuk kamu disebabkan oleh kondisi kronis yang mendasarinya, mungkin perlu waktu lebih lama untuk melihat perbaikannya.

Berikut ini adalah beberapa ciri ciri batuk mau sembuh, antara lain:

  • Dahak lebih tipis dan lebih jarang
  • Batuk yang lebih pendek dan tidak terlalu parah
  • Batuk semakin berkurang
  • Demam atau gejala lainnya tidak ada
  • Hidung tersumbat atau pilek telah membaik

Berapa lama batuk akan sembuh?

penyebab batuk kering

Umumnya batuk akan reda dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga sekitar 2-3 minggu tanpa perlu obat-obatan khusus. Namun karena dapat mengganggu kenyamanan, tidak sedikit orang yang ingin segera mengatasi keluhan ini dengan berbagai cara.

Ada berbagai klasifikasi batuk. Hal ini didasarkan pada berapa lama batuk tersebut berlangsung.

  • Batuk akut: Biasanya selama kurang lebih 3 minggu. Dalam beberapa kasus, seperti setelah infeksi pernapasan, batuk dapat bertahan antara 3 hingga 8 minggu. Ini disebut batuk akut.
  • Batuk kronis: Batuk dianggap kronis jika berlangsung lebih dari 8 minggu pada orang dewasa dan lebih dari 4 minggu pada anak-anak.

Pada kasus tertentu, batuk kronis yang tidak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh penyakit berbahaya tertentu, seperti kanker paru-paru. Selain batuk yang tidak kunjung sembuh, penyakit ini juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti batuk darah, sesak napas, suara serak, dan penurunan berat badan.

Ciri-ciri batuk mau sembuh juga ditandai dengan dahak yang semakin sedikit. Jika kamu ingin menggunakan obat batuk, dianjurkan untuk meminumnya sesuai dengan jenis batuknya.

Jika setelah beberapa hari batuk tidak kunjung reda dan semakin parah, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference