Seiring bertambahnya usia, hal yang normal jika uban mulai bermunculan. Seiring waktu, folikel rambut mulai kehilangan pigmen dan muncullah uban. Tetapi, sebenarnya uban juga bisa muncul pada anak remaja maupun mereka yang masih berusia 20-an, lho.

Pada artikel kali ini, kita akan mengetahui penyebab munculnya uban dan cara menghilangkan uban di usia muda. Penasaran bagaimana caranya? Maka, simak sampai akhir informasi berikut ini.

Apa itu uban?

Uban adalah helaian rambut berwarna putih yang terjadi karena berkurangnya pigmen rambut secara signifikan. Seringkali, uban muncul karena faktor penuaan.

Namun, sebenarnya uban juga bisa muncul pada usia remaja atau usia 20-an karena genetika, stres, perubahan hormon, dan sebagainya.

Tak heran, beberapa orang di usia 20-an sudah memiliki uban yang banyak. Untuk bisa menghilangkan uban di usia muda, kamu mungkin tidak bisa menghilangkannya secara menyeluruh sekaligus.

Baca juga: Apakah Uban Boleh Dicabut? Ini Faktanya! 

Penyebab mempunyai uban di usia muda

Apakah Uban Boleh Dicabut?Sebelum mengetahui apa saja cara menghilangkan uban di usia muda, ada baiknya jika mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dulu. Jadi, kamu bisa mengatasinya dengan tepat. Beberapa penyebab munculnya uban selain usia, yaitu:

1. Kekurangan vitamin

Uban bisa muncul karena seseorang kekurangan vitamin E, D, B-6, B-12, atau biotin. Kekurangan vitamin seperti ini bisa mempengaruhi pigmentasi rambut.

Baca juga: 10 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Termasuk Sereal! 

2. Genetika

Sebagian besar munculnya uban di usia muda berkaitan dengan faktor genetika. Hal ini disampaikan dalam laporan tahun 2013 di Indian Journal of Dermatology. Jika karena faktor genetika, kemungkinan akan sulit untuk menghilangkan uban di usia muda. 

3. Stres oksidatif

Stres oksidatif bisa meningkatkan munculnya penyakit, termasuk vitiligo. Vitiligo bisa mengubah rambut menjadi putih karena hilangnya fungsi sel melanin.

4. Kondisi medis tertentu

Uban juga bisa terjadi karena kondisi medis tertentu, misalnya penyakit autoimun. Penyakit ini meningkatkan kemungkinan munculnya uban di usia muda.

Selain itu, ada juga penyakit alopecia areata yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Setelah rambutnya tumbuh kembali, warnanya akan cenderung menjadi putih karena kekurangan melanin.

5. Kebiasaan merokok

Sebuah studi dalam Italan Dermatology Online Journal menyebutkan bahwa perokok 2,5 kali lipat lebih mungkin untuk beruban sebelum usia 30 tahun dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Baca juga: 9 Bahaya Merokok bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui! 

6. Pemakaian produk rambut

Produk rambut juga bisa menyebabkan munculnya uban. Banyak produk mengandung bahan berbahaya yang bisa mengurangi melanin, salah satunya adalah hidrogen peroksida.

7. Gangguan tiroid

Masalah tiroid seperti hipertiroidisme bisa mempengaruhi warna rambut. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

8. Stres emosional

Stres kronis bisa menyebabkan kecemasan, perubahan selera makan, masalah tidur, dan tekanan darah tinggi. Stres emosional juga bisa berperan dalam munculnya uban di usia muda.

Jadi, jika kamu melihat jumlah uban di kepala semakin banyak, kemungkinan penyebabnya adalah stres.

8 cara menghilangkan uban di usia muda

Jika genetika adalah penyebab munculnya uban, maka tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Apabila uban disebabkan karena kondisi medis tertentu, kamu perlu segera konsultasikan ke dokter untuk mengembalikan pigmen rambut.

Beberapa cara menghilangkan uban di usia muda secara alami, antara lain:

1. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin

manfaat vitamin D3

Jika kamu memperoleh uban karena kekurangan vitamin, sebaiknya konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin. Misalnya, kamu bisa mengonsumsi sumber vitamin B-12 yang baik, seperti telur dan daging.

Kamu juga bisa mengonsumsi susu, keju, dan salmon untuk memenuhi asupan vitamin D. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh vitamin dengan mengonsumsi suplemen.

2. Menghentikan kebiasaan merokok

Selain berpengaruh negatif bagi tubuh, merokok juga bisa meningkatkan kemungkinan munculnya uban di usia muda. Merokok berkaitan dengan menghilangnya pigmentasi rambut.

Untuk itu, supaya bisa menghilangkan uban di usia muda, cobalah menghentikan kebiasaan merokok jika kamu perokok aktif. Selain itu, merokok memang juga dapat menimbulkan banyak penyakit mematikan.

3. Menggunakan daun kari

Jika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan ke kulit kepala, daun kari bisa memperlambat munculnya uban.

International Journal of PharmTech Research menunjukkan bahwa daun kari bisa mempertahankan warna rambut dan mencegah munculnya uban.

4. Memakai teh hitam

Manfaat ampas teh untuk kecantikan

Teh hitam bisa membuat rambut lebih gelap, berkilau, dan lembut. Caranya, rendam 3 sampai 5 kantong teh hitam dalam 2 cangkir air.

Kemudian aplikasikan pada rambut yang bersih. Kamu juga bisa mencampurkan teh dengan kondisioner. Aplikasikan pada rambut selama 1 jam, kemudian bilas sampai bersih.

Baca juga: 10 Manfaat Ampas Teh untuk Wajah, Bisa Redakan Kantong Mata Panda! 

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung tembaga

Tak hanya penggunaan produk luar saja, kamu juga perlu menutrisi dari dalam tubuh. Nah, cara menghilangkan uban di usia muda selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tembaga. 

Kadar tembaga yang rendah ternyata bisa menyebabkan munculnya uban. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan tembaga. Sumber tembaga yang baik, antara lain almond, cokelat hitam, asparagus, dan hati sapi.

6. Menggunakan minyak kelapa dan lemon

Lemon mengandung vitamin C yang bisa mencegah kerusakan rambut dan mengatasi rambut beruban. Manfaat minyak kelapa salah satunya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan memberi nutrisi pada rambut.

Kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok teh jus lemon dan dua sendok makan minyak kelapa. Hangatkan campuran ini dan aplikasikan pada kulit kepala dan rambut sambil dipijat. Setelah 30 menit, bilas rambut dengan sampo dan kondisioner. Lakukan dua kali dalam seminggu.

7. Menggunakan produk rambut yang mengandung biotin

Cara menghilangkan uban selanjutnya yaitu dengan produk biotin. Biotin adalah bahan alami yang berfungsi untuk mempertahankan warna hitam pada rambut. Untuk itu, kamu perlu mencari produk rambut yang memiliki kandungan biotin.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung biotin, seperti oat dan juga almond.

8. Memakai Kondisioner Alami

Kondisioner bisa dibuat dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan untuk mempertahankan warna hitam pada rambut. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti, campuran minyak kelapa dan madu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan yogurt sebagai kondisioner alami.

Perawatan rambut yang baik bisa membantu mengatasi munculnya uban di usia muda. Penggunaan bahan-bahan yang alami secara teratur dapat memperlambat dan mungkin bisa menghilangkan uban.

Share artikel ini
Reference