Apakah Uban Boleh Dicabut?
Kecantikan dan Kebugaran

Apakah Uban Boleh Dicabut? Berikut Faktanya!

Putri Aprillia | Desember 22, 2021
Share

Rambut beruban seringkali dimiliki oleh orang yang sudah tua. Namun, tak jarang ada juga usia remaja yang sudah memiliki uban. Mungkin bagi sebagian orang, munculnya uban dapat mengganggu penampilan. Lantas, apakah uban boleh dicabut?

Apa sih sebenarnya penyebab uban? Bagaimana cara mengatasinya? Agar kamu tidak salah mengambil tindakan, mari simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa itu uban?

Uban adalah rambut yang berubah warna menjadi putih atau abu-abu. Hal ini disebabkan karena pigmen pada folikel rambut berkurang. Alhasil, warna rambut tidak lagi sama seperti warna sebelumnya.

Orang yang memiliki uban seringkali dianggap sebagai orang yang sudah berusia dewasa hingga tua. Namun, tidak sedikit juga orang-orang berumur 20 tahun ke bawah yang memiliki uban. Jadi, berapapun usiamu saat ini, sebenarnya tidak menutup kemungkinan akan berubah menjadi uban.

Bagi beberapa orang, memiliki uban bisa saja jadi masalah yang dapat mengganggu penampilannya sehari-hari. Sehingga, mereka mungkin penasaran mengenai penyebabnya dan apakah uban boleh dicabut atau tidak.

Penyebab munculnya uban

Uban memang tidak selalu muncul karena faktor usia saja. Sebenarnya, ada banyak faktor lain yang bisa memicu tumbuhnya rambut putih ini, seperti:

Genetik

Apakah kamu pernah melihat orang dewasa muda hingga anak-anak sekolah yang sudah memiliki uban? Hal ini bisa terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Sehingga, ibu atau ayah yang memiliki riwayat uban di usia muda ini cenderung menurunkan risiko tersebut pada anak mereka.

Defisiensi vitamin

Penyebab kedua adalah kurangnya asupan vitamin di dalam tubuh. Beberapa vitamin yang memicu uban jika pasokannya kurang adalah:

  • Vitamin B-6
  • Vitamin B-12
  • Biotin
  • Vitamin D
  • Vitamin E

Jurnal Development internasional tahun 2015 telah membahas penelitian tentang hubungan vitamin dan rambut yang memutih. Di dalam jurnal tersebut disimpulkan bahwa defisiensi vitamin B-12, Vitamin D3, dan tembaga akan menyebabkan pigmentasi pada folikel rambut berkurang.

Produk sampo dan perawatan rambut

Produk perawatan rambut yang kamu gunakan ternyata bisa mengandung bahan berbahaya. Kebanyakan bahan tersebut akan mengurangi melanin. Bahan yang ada pada produk sampo dapat berpengaruh pada pigmentasi folikel rambut.

Kebiasaan merokok

Salah satu kebiasaan buruk yang berhubungan dengan munculnya uban adalah merokok. Sebuah studi menunjukkan para perokok memiliki kemungkinan lebih mudah beruban. Rasionya mencapai 2,5 kali lebih mudah beruban dibanding yang tidak merokok.

Kondisi kesehatan tertentu

Beberapa masalah kesehatan juga berpotensi membuat kamu beruban lebih cepat. Misalnya, ketika kamu menderita penyakit autoimun.

Apakah uban boleh dicabut?

Ada pernyataan yang mengatakan bahwa jika kamu mencabut uban, maka rambut akan kembali menghitam. Namun, apakah hal itu benar secara medis? Faktanya hal itu hanyalah sebuah mitos yang tidak ada buktinya.

Bahkan, jika kita berbicara dari kacamata medis, maka jawaban dari pertanyaan apakah uban boleh dicabut ini adalah tidak boleh. Selain merusak tekstur permukaan kulit kepala, mencabut uban juga tidak akan membuat uban habis.

Faktanya, uban akan muncul lagi. Uban sendiri ada karena folikel rambut kamu sudah tidak memproduksi pigmen dengan baik. Jadi, tindakan mencabut uban ini tidak disarankan.

Cara merawat uban

Setelah mengetahui apakah uban boleh dicabut, kamu perlu tahu cara merawat uban. Jika rambut kamu sudah beruban, maka perawatan berikut ini dianjurkan:

  • Sisir secara teratur setiap malam sebelum tidur agar rambut kamu bisa mendapatkan minyak alami dari kepala. Tujuannya untuk melembabkan rambut.
  • Gunakan pelindung kepala agar rambut tidak mengering, rusak, dan warnanya menjadi kusam.
  • Pakailah jenis sampo atau produk perawatan rambut yang dibuat dari bahan alami.
  • Hindari menggunakan alat-alat penataan rambut.

Cara menghindari uban dini

Berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk menghindari uban, yaitu:

  • Cukupi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh.
  • Gunakan produk perawatan rambut dengan bahan aman dan alami.
  • Usahakan rambut tetap lembab.
  • Jangan sampai rambut terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Menggunakan masker rambut yang dibuat dari bahan-bahan alami.

Dengan penjabaran tersebut, kamu bisa tahu apakah uban boleh dicabut atau tidak. Ternyata, tidak dianjurkan untuk mencabut uban, ya! Jika dilakukan, hal ini tidak akan mengatasi masalah uban yang semakin banyak bermunculan. Jika kamu beruban, maka jangan lupa lakukan tips-tips yang telah dibahas, ya!

Reference
Share