guasha adalah

Kamu mungkin sudah sering melihat para beauty influencer yang membahas guasha. Guasha adalah batu khusus untuk memijat, yang dipercaya dapat membuat wajah lebih tirus, simetris, dan mencegah kerutan

Teknik memijat dengan guasha berasal dari Tiongkok, yang kemudian populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Yuk, cari tahu manfaat guasha di sini!

Apa itu guasha?

Apa itu Guasha?

Gua sha merupakan salah satu praktik pengobatan tradisional Tiongkok yang populer. Teknik ini melibatkan penggosokan alat bermata halus pada kulit yang sudah diolesi minyak. Dulu, alatnya bisa berupa sendok, tanduk banteng, atau bahkan batu permata. Tujuannya adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki kesehatan. Bahkan, kata “gua sha” artinya adalah “mengikis penyakit”.

Walaupun masih perlu lebih banyak penelitian tentang teknik gua sha, tapi penting untuk diingat bahwa praktik ini memiliki arti budaya dan banyak orang yang percaya padanya.

Beberapa praktisi gua sha, misalnya, percaya bahwa teknik ini dapat membantu menghilangkan “qi” yang stagnan, atau energi kehidupan dalam tubuh. Nah, sebenarnya, teknik ini masih umum digunakan hingga saat ini.

7 Tips Menghilangkan Kerutan Di Wajah Bikin Tambah Awet Muda

Dalam praktik tradisional, para praktisi gua sha akan mengikis kulit berulang kali ke satu arah sehingga menyebabkan bintik-bintik merah pada kulit yang disebabkan oleh pendarahan di bawah permukaan kulit. Biasanya bintik-bintik tersebut akan memudar dalam beberapa jam atau beberapa hari. Kerokan ini didesain untuk membantu meredakan rasa sakit, membuang racun, dan menyembuhkan penyakit.

Manfaat guasha

Manfaat Guasha

Mungkin selama ini kamu hanya mengenal gua sha sebagai ‘batu pembentuk wajah’, karena umumnya para beauty influencer hanya me-review guasha untuk wajah. Tapi ternyata manfaatnya lebih dari itu, berikut beberapa manfaat yang perlu kamu tahu:

1. Melancarkan aliran darah

Ada penelitian yang menunjukkan kalau orang yang menerima terapi gua sha di punggung mereka bisa mengalami aliran darah yang lebih baik di area yang ditargetkan selama 25 menit setelah perawatan. Yang uniknya, tubuh wanita ternyata merespons lebih baik daripada pria!

2. Meredakan nyeri otot

Buat kamu yang lagi sakit otot, gua sha ternyata bisa membantu meredakan nyeri, loh! Orang-orang yang mencoba gua sha mengaku kalau rasa sakit mereka langsung berkurang.

Satu penelitian bahkan menemukan kalau gua sha bisa membantu meredakan nyeri punggung kronis pada orang dewasa yang lebih tua. Lebih baik lagi, efek pereda nyerinya bisa bertahan lama!

3. Meningkatkan drainase limfatik

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, gua sha dianggap membantu menggerakkan cairan getah bening (limfatik) di dalam tubuh. Meskipun, masih sedikit penelitian yang membuktikan hal ini.

Tapi ada satu penelitian pada hewan, menemukan kalau gua sha bisa membantu melebarkan pembuluh darah, yang akhirnya membantu meningkatkan sirkulasi darah dan getah bening.

4. Anti penuaan pada wajah

Ada yang bilang gua sha bisa bikin kulit kita lebih halus, meredakan bengkak, dan membentuk wajah. Tapi, menurut para peneliti, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Meski begitu, ada satu penelitian kecil yang menunjukkan kalau pijat wajah bisa membantu mengurangi kerutan wajah. 

Penuaan Dini Pada Wajah Bisa Terjadi Di Usia 35? Ini 9 Cara Atasinya

Cara pakai guasha

Cara menggunakan guasha cukup mudah, kamu hanya perlu menggerakan bagian atas gua sha (bagian yang terbelah dua) ke atas, lakukan secara berkala. Kamu juga bisa menambahkan face oil agar kulit tidak kemerahan saat menyentuh gua sha. Hal ini berlaku untuk semua bagian tubuh termasuk wajah, leher, rahang, dan lain-lain.

Jika masih belum terbayang, simak beberapa detail penggunaan berikut ini:

Leher belakang

Gunakan sisi atas atau ‘bagian yang berbentuk hati’, tariklah gua sha ke bagian belakang leher dengan menggunakan tekanan yang kuat. Ketika kamu mencapai garis rambut, gunakan gerakan menekan pada area leher yang terasa paling tegang. Ulangi gerakan ini.

Leher depan

Gunakan sisi gua sha yang berbentuk lurus, sapukan ke atas sisi leher dari tulang selangka ke arah garis rahang. Ketika mencapai garis rahang, lakukan sedikit gerakan menekan. Ulangi urutan ini sebelum berpindah ke sisi yang berlawanan.

Rahang

Gunakan kembali sisi atas gua sha yang berbentuk hati. Lakukan gerakan menyapu di sepanjang garis rahang. Mulailah dari dagu dan gerakkan alat ke atas ke arah telinga. Ulangi urutan ini sebelum berpindah ke sisi yang berlawanan.

Pipi

Gunakan sisi terpanjang dari gua sha untuk memijat tulang pipi. Mulailah tepat di atas mulut dan ke sisi hidung dan seret alat ke atas, mengikuti kontur tulang pipi, ke arah garis rambut dengan menggunakan tekanan sedang. Ulangi urutan ini sebelum berpindah ke sisi yang berlawanan.

Kamu bisa melakukan hal yang sama pada semua bagian tubuh yang ingin dipijat gua sha. Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya, selamat mencoba!

__________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference