cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok

Siapa yang tidak kesal dengan masalah rambut seperti ketombe dan rambut rontok? Masalah rambut ini memang kerap dialami dan dapat terjadi pada siapa saja.

Untungnya saat ini Sudah banyak pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang satu ini.

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok perlu diketahui karena kedua hal ini sering terjadi bersamaan. Ingin tahu caranya? Yuk simak penjelasan selengkapnya dalam ulasan ini!

Apa penyebab ketombe dan rambut rontok

kondisi tambut lepek

Ketombe sering muncul seperti bintik warna putih atau serpihan kulit dengan rasa gatal di kulit kepala.

Ketombe bisa terjadi karena kesalahan pemakaian shampo sehingga produksi minyak pada kulit kepala menjadi berlebihan. Kadar minyak yang tinggi dapat memicu peradangan karena jamur bernama Malassezia spp.

Jamur dengan jenis ini dapat tumbuh subur pada lingkungan mikro yang umumnya ditandai dengan kadar minyak tinggi sehingga menyuburkan pertumbuhan jamurnya.

Ketombe sangat berhubungan dengan rambut rontok karena kulit kelapa yang ditumbuhi ketombe akan terasa gatal sehingga timbul iritasi.

Karena rasa gatal ketombe, orang akan mudah menggaruk kulit kelapa hingga akar rambut lemah dna menyebabkan kerontokan.

Rambut rontok juga disebabkan bintik atau folikel rambut tertutup sehingga jika ingin menyembuhkan rambut rontok, ketombe harus dibasmi terlebih dahulu.

Yuk simak bagaimana cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok dengan cara mudah di bawah ini!

Cara Mengatasi Rambut Rontok, Bisa secara Alami dan Medis!

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok

Cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok dapat dilakukan dengan mengatasi penyebab dari kedua masalah rambut ini. Beberapa perawatan dapat dilakukan di rumah dengan cara:

1. Konsumsi makanan bernutrisi

Ketombe dan rambut rontok dapat diperbaiki dengan menjaga asupan nutrisi melalui konsumsi makanan.

Beberapa nutrisi yang dapat menjaga Kesehatan kulit kepala dan rambut yaitu zat besi, niacin, selenium, zinc, biotin, vitamin, protein, dan asam amino. Jenis nutrisi ini bisa didapat dari berbagai asupan makanan.

Bagi kamu yang ingin mengosumsi suplemen tertentu, cobalah untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena beberapa suplemen malah memperparah rambut rontok.

Kandungan dan Manfaat Daun Kecubung, Bisa Jadi Obat Rambut Rontok

2. Jaga kelembaban kulit kepala

Menjaga kelembaban rambut sangat membantu masalah ketombe hingga rambut rontok. Gunakan kondisioner atau perawatan rambut dari bahan alami untuk menjaga kulit kepala tetap lembab.

Bahan Alami yang mudah digunakan seperti lemon, lidah buaya, minyak zaitun, minyak tea tree bisa kamu pilih untuk bahan alami pelembab kulit kepala.

3. Oleskan minyak esensial

Mengoleskan minyak esensial dapat membantu menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara berkala.

Beberapa minyak yang dapat dipakai seperti peppermint dan rosemary dipercaya dapat dicampurkan minyak pelarut zaitun, jojoba atau minyak kelapa untuk dioleskan ke rambut.

Ladies, Ini 15+ Manfaat Lulur Kopi Untuk Kulit Dan Rambut!

4. Dapatkan paparan sinar yang cukup

Paparan sinar matahari bisa menjadi cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Hindari paparan pada jam siang pukul 10 pagi hingga 4 sore dan jangan lupa gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

5. Hindari produk pemicu iritasi kulit kepala

Zat pada produk perawatan rambut yang mengandung pengawet, pemutih, detergen, formaldehida hingga wewangian dapat memicu ketombe dan rambut rontok sehingga perlu dihindari.

Zat ini menyebabkan kulit kepala iritasi dan dermatitis kontak yang berpotensi pada kerontokan dan ketombe.  

Penyebab Psoriasis Kulit Kepala, Adakah Shampo yang Ampuh?

6. Gunakan sampo antiketombe

Saat ini sudah banyak produk perawatan pencuci rambut anti ketombe. Biasanya kandungan dalam sampo tersebut berisi zinc atau selenium yang fungsinya membersihkan, melindungi, memberi kelembaban pada kulit kepala.

Kandungan menthol pada shampo dapat memberikan sensasi kepala sejuk setelah sampo digunakan. 

7. Gunakan kondisioner

Memakai kondisioner yang tepat dapat menjaga kulit kepala tetap lembab dan mengurangi ketombe serta rambut rontok.

Kondisioner harus dipakai secara rutin dan bilas hingga bersih, apalagi jika kamu menggunakan sampo dengan kandungan asam salisilat.

Cara pemakaian kondisioner yang baik adalah tidak langsung menyentuh kulit kepala.

Moms, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

8. Kelola stress

Kondisi stress ternyata dapat berpengaruh pada imunitas dan Kesehatan kulit kepala.

Mengelola stress dan sering melakukan relaksasi dipercaya dapat membantu Kesehatan pada rambut dan terutama dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

9. Coba terapi pijat

Terapi pijat kepala dapat digunakan sebagai pencegah munculnya ketombe dan rambut rontok. Pijat kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan aliran darah sehingga membantu kesehatan kulit kepala.

10. Lakukan perawatan rambut

Melakukan perawatan rambut yang benar dapat membantu mengurangi ketombe dan kerontokan rambut.

Hindari mengikat rambut dengan kencang, menggaruk kulit kepala, mencuci rambut dengan produk yang mengiritasi hingga membiarkan rambut terkena panas berlebihan.

Sering Creambath Bikin Rambut Bagus? Ketahui 5 Manfaatnya

11. Lakukan perawatan medis

Jika ketombe dan kerontokan pada rambut berlebihan dan tidak dapat ditangani dengan cara alami, maka perawatan medis juga dapat dilakukan. 

Seperti transplantasi rambut, perawatan finasteride untuk mencegah kebotakan, obat imunoterapi untuk respon imun, konsumsi antijamur, hingga steroid untuk mengurangi gejala peradangan.

Memeriksakan kondisi kulit kepala juga sangat penting agar dapat menghindari faktor resiko ketombe parah seperti kulit kepala yang terlalu kering, adanya pertumbuhan jamur, dermatitis kontak karena kesalahan pemakaian produk hingga dermatitis seboroik yang muncul pada area kulit paling berminyak.

Segera temui petugas medis agar dapat menemukan penyebab ketombe dan rambut rontok dengan segera. Jika masalah sudah ditemukan, masalah rambut ini akan mudah untuk diselesaikan.

Share artikel ini
Reference