psoriasis kulit kepala

Penyakit kulit merupakan salah satu masalah kulit yang banyak menyerang anggota tubuh. Tidak hanya bagian tubuh saja, namun masalah kulit juga dapat menyerang kulit kepala, seperti halnya psoriasis kulit kepala. Banyak orang yang masih salah kaprah terhadap penyakit kulit yang satu ini.

Apakah psoriasis kulit kepala masih dapat disembuhkan disaat penyakit kulit ini tergolong sangat sulit untuk sembuh? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan ini.

Apa itu psoriasis kulit kepala?

Psoriasis merupakan suatu penyakit kulit yang ditandai dengan gejala kulit menebal, timbul sisik dan rasa gatal pada kulit. Jenis penyakit ini dapat menyerang anggota tubuh lipatan seperti leher, ketiak, kuku, siku bahkan kulit kepala. 

Psoriasis bukan penyakit kulit yang menular, namun penyebabnya belum diketahui secara pasti dan sering dikaitkan dengan penyakit autoimun. Respon imun yang tidak normal dapat mendorong pertumbuhan sel kulit dengan lebih cepat sehingga timbul psoriasis.

Pada psoriasis kulit kepala, kondisi ini akan menyebabkan kulit kepala menjadi sangat gatal, kering dan timbul kerak menebal yang dapat tumbuh melewati batas atau sisi rambut. Seperti ini contohnya:

Biasanya, proses regenerasi sel tubuh pada orang sehat akan memakan waktu sekitar 1 bulan lamanya, namun saat mengidap psoriasis, maka sel dapat tumbuh dalam beberapa hari saja.

Sel-sel kulit baru akan menumpuk karena pada permukaan kulit dan dapat membentuk plak kemerahan hingga kulit akan terasa menebal.

Menurut American Academy of Dermatology, sebanyak 50% orang dengan psoriasis akan mengalami gejala pada kulit kepalanya. Kesimpulan ini merujuk pada psoriasis umum juga akan menyerang kulit kepala.

Baca juga: Apa itu Alopecia Areata, Penyakit Autoimun yang Sebabkan Kebotakan!

Gejala psoriasis di kepala

Banyak yang mengira bahwa psoriasis sama dengan kulit kering, padahal kedua hal ini sangat berbeda. Pada psoriasis kulit kepala, kondisi ini dapat menyebar ke dahi, belakang leher hingga ke telinga.

Gejalanya cukup halus dan ringan hingga parah. Pada psoriasis kulit kepala yang cukup parah dapat mengalami tanda-tanda seperti:

    • Gatal
    • Sisik putih perak pada kulit kepala
    • Bercak bersisik, bergelombang dan berwarna merah
    • Rasa nyeri dan terbakar
    • Rambut mudah rontok
    • Kulit kepala kering dan kasar
    • Kulit kepala mengelupas mirip ketombe

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketomber, Dijamin Ampuh!

Penyebab Psoriasi Kulit Kepala

Psoriasis kulit kepala tidak tertular melalui kepala orang lain. Banyak dokter yang percaya bahwa psoriasis berasal dari gangguan autoimun sehingga sel kulit tumbuh dengan cepat.

Riwayat keluarga juga dapat menjadi faktor risiko terkena psoriasis. Sebab lain dari timbulnya psoriasis kulit kepala antara lain:

  • Stress
  • Obesitas
  • Merokok
  • Infeksi bakteri atau virus

Lalu bagaimana cara meredakan gejala psoriasis? Adakah shampo yang tepat untuk mengatasi penyakit kulit ini?

Shampo untuk psoriasis

Psoriasis pada kulit kepala tentu akan membuat stress penderitanya bukan?

Cara untuk membantu mengatasi psoriasis ini yakni menggunakan shampo yang mudah digunakan dan obat topikal. Jenis shampo ini akan membantu meringankan gejala yang dialami penderita psoriasis kulit kepala.

Shampo coal tar

shampo coal tar

Sampo yang mengandung bahan ini data meringankan kerak atau plak yang mengeras menebal dan tumbuh di kulit kepala.

Shampo coal tar dapat memperlambat sel kulit tumbuh dan meredakan gatal. Penggunaan shampo ini yaitu dengan mendiamkan shampo 5-10 menit, pijat dan bilas kepala hingga bersih.

Namun ada yang perlu diperhatikan dalam memakai sampo ini, yaitu dapat membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap cahaya matahari sehingga perlu melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari. 

Shampo coal tar juga meninggalkan bekas pada pakaian atau topi sehingga harus dicuci dengan bersih, selain itu baunya cukup menyengat sehingga dapat menggunakan shampo dan kondisioner lain setelah pemakaian sampo jenis ini.

Shampo asam salisilat

Asam salisilat bermanfaat dalam menghilangkan sel kulit mati. Pada penderita psoriasis kulit kepala, sam[o ini dapat membantu melunakan, mengangkat, dan menghilangkan sisik yang tumbuh pada kulit kepala.

Gunakan shampo salisilat 2x seminggu dengan menggunakan aturan yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan resep dokter. Shampo tidak boleh masuk mata, mulut atau hidung dan hindari menggunakan sampo saat ada luka atau ruam.

Shampo ini dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, mengelupas, mual dan efek samping lain jika digunakan terlalu banyak. 

Shampo dengan steroid

Sampo dengan steroid dapat menjadi salah satu sampo pilihan saat terkena psoriasis kulit kepala. Shampo ini dapat meredakan bengkak dan kemerahan yang terjadi pada kulit kepala.

Kamu juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai pilihan shampo terbaik yang dapat digunakan agar psoriasis dapat diredakan dengan segera.

Psoriasis ini sebenarnya tidak menyebabkan rambut rontok, namun ada kalanya hal itu terjadi karena penderita psoriasis sering melakukan hal berikut ini sehingga rambut menjadi rontok sementara, seperti:

    • Perawatan yang keras
    • Stres yang tidak dikelola
    • Menggaruk dengan keras
    • Mengorek kulit kering

Adakah cara lain yang dapat membantu merawat psoriasis kulit kepala?

Baca juga: Sering Crambath Bikin Rambut Bagus? Ketahui 5 Manfaatnya Berikut Ini!

Perawatan psoriasis kulit kepala

Perawatan psoriasis ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit untuk sembuh dengan total.

Banyak penderita psoriasis yang menggunakan beberapa cara agar dapat sembuh dari psoriasis dan meredakan gejalanya. Pengobatan memang tidak dapat menyembuhkan psoriasis secara total dan biasanya hanya dapat mengurangi gejala yang datang.

Pengobatan pada psoriasis akan dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan, menurunkan gejala dan mencegah psoriasis kambuh sewaktu-waktu. Beberapa pilihan pengobatan pada psoriasis antara lain:

Sampo khusus psoriasis

Shampo psoriasis direkomendasikan untuk penderita psoriasis untuk meringankan gejala yang ada. Jenis sampo yang dapat digunakan yaitu asam salisilat, sampo dengan retinoid, tar batubara dan sebagainya.

Fungsinya untuk meredakan gatal dan membantu menghilangkan kulit bersisik. Penggunaan sampo khusus dipakai secara berkala sampai psoriasis membaik dan tidak menyebar ke area lain.

Kondisioner

Kondisioner disarankan untuk penderita psoriasis karena dapat menenangkan peradangan, mengurangi gatal dan menjadikan kulit kepala lembab.

Gunakan secara rutin kondisioner dengan kandungan menthol agar dapat meredakan nyeri dan peradangan kulit.

Obat oles

Obat oles dapat digunakan untuk meredakan penyakit ini dengan fungsi meningkatkan kelembaban pada kulit dan mengurangi sisik pada kulit kepala.

Beberapa jenis obat untuk psoriasis yang dapat diresepkan yaitu anthralin, antimikroba, calcipotriene turunan vitamin d dan salep steroid.

Pengobatan sistemik

Pengobatan sistemik dapat dilakukan oleh dokter dengan memberikan obat oral atau suntik injeksi. Obat ini akan bekerja dan beredar di seluruh tubuh melalui aliran darah. Jenis obat yang dipakai seperti kortikosteroid, cyclosporine, methotrexate, dan tazarotene yang merupakan obat turunan dari vitamin a.

Mengembalikan kepala yang ditumbuhi psoriasis kulit kepala tentu akan sulit namun tetap dapat dilakukan dengan perawatan dan pengobatan yang berkala dan tepat. 

Share artikel ini
Reference