Rambut rontok biasanya terjadi sekitar tiga bulan pasca melahirkan dan bisa berlangsung sampai enam bulan. Hal ini sebenarnya normal dan sifatnya hanya berlangsung sementara saja. Kemudian, rambut kamu akan tumbuh kembali seperti aslinya.

Jadi, kamu tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami kerontokan rambut pasca melahirkan. Kondisi seperti ini baru dikhawatirkan jika berlangsung terlalu lama.

Lantas, apa penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya? Yuk temukan jawabannya pada artikel berikut ini!

Apakah normal rambut rontok setelah melahirkan?

ibu hamil rambut rontok
ibu hamil rambut rontok

Ya. Banyak wanita yang terkejut karena mengalami masalah kerontokan rambut yang lebih banyak daripada biasanya dalam beberapa bulan setelah mereka melahirkan. Tetapi, hal ini sebenarnya normal, lho.

Menurut informasi dari situs Baby Center, rata-rata wanita akan mengalami kerontokan rambut sekitar 100 helai rambut dalam sehari.

Biasanya, rambut akan lebih banyak rontok saat mandi atau disisir. Masalah kerontokan rambut ini cenderung lebih terlihat jelas pada wanita yang memiliki rambut panjang.

7 Vitamin Penting untuk Rambut Lebih Sehat

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan

Adanya perubahan kadar hormon estrogen yang terjadi selama dan setelah kehamilan bisa mengakibatkan terjadinya masalah kerontokan rambut pasca melahirkan. Khususnya pada trimester terakhir, kadar estrogen di dalam tubuh kamu akan meningkat. 

Sebaliknya, pasca melahirkan, kadar estrogen di dalam tubuh akan menurun. Hal tersebut yang menjadi penyebab rambut rontok setelah melahirkan bisa terjadi.

Kerontokan rambut pasca persalinan biasanya lebih dari 100 helai rambut, atau yang disebut telogen effluvium, yaitu kerontokan rambut yang terjadi secara berlebihan dan mendadak.

Cara Mengatasi Rambut Rontok, Bisa secara Alami dan Medis!

Cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

cara atasi rambut rontok

Menurut situs Cleveland and Clinic, sebenarnya tidak ada pengobatan untuk rambut rontok setelah melahirkan.

Setelah kehamilan, rambut yang menipis dan rontok adalah hal yang normal.  Tetapi, beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk membantu membuat rambut kamu tampak lebih sehat pasca melahirkan.

1. Gunakan sampo penambah volume

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan sampo penambah volume rambut.

Hal ini bisa membuat rambut tampak lebih sehat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kondisioner yang formulanya ringan untuk menghindari rambut menjadi lepek.

2. Sisir rambut dengan lembut dan hati-hati

Kamu perlu merawat rambut dengan hati-hati. Saat keramas maupun menyisir rambut, lakukanlah dengan lembut. Menyisir rambut terlalu keras justru bisa memperparah masalah kerusakan dan kerontokan rambut.

3. Hindari gaya rambut kuncir kuda dan kepang yang ketat

Gaya rambut kuncir kuda dan kepang yang ketat bisa membuat rambut menjadi tegang. Tidak hanya itu saja, gaya rambut tersebut bisa memperparah masalah kerontokan rambut.

5+ Cara ampuh atasi rambut rontok setelah melahirkan

4. Pilih potongan rambut pendek

Kamu bisa mencoba gaya rambut yang berbeda, misalnya potongan rambut yang lebih pendek.

Rambut yang pendek biasanya lebih mudah untuk dirawat dan diatur. Pilihlah potongan rambut yang segar untuk meningkatkan penampilan rambut kamu.

5. Menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang

Pastikan kamu menerapkan pola makan yang sehat dan bergizi untuk memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan rambut kamu.

Konsumsi berbagai jenis buah-buahan dan sayuran. Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut, antara lain sayuran berdaun hijau tua, ubi jalar, wortel, telur, dan ikan.

6. Hindari hair styling

Sebaiknya, kamu juga menghindari hair styling. Menata rambut menggunakan alat pengering atau pengeriting rambut bisa membuat rambut tampak lebih tipis.

Biarkan rambut kamu mengering dengan sendirinya tanpa menggunakan alat pengering rambut.

Sering Creambath Bikin Rambut Bagus? Ketahui 5 Manfaatnya

7. Konsultasikan dengan dokter

Bicarakan dan konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis apabila kamu mengalami masalah kerontokan rambut selama lebih dari enam bulan.

Sebab, kerontokan rambut juga bisa diakibatkan oleh kondisi lain, seperti kekurangan zat besi atau penyakit tiroid.

Menyesuaikan diri kamu setelah melahirkan memang bisa menimbulkan stres dan ketidaknyamanan. Masalah kerontokan rambut juga bisa menambah stres dan rasa cemas kamu.

Namun, rambut rontok pasca persalinan sebenarnya normal dan umum. Walaupun kamu tidak bisa mencegahnya, beberapa cara di atas diharapkan bisa membantu menjaga rambut kamu tampak sehat pasca persalinan.

Share artikel ini
Reference