manfaat daun kecubung

Apakah kamu pernah mendengar tentang kecubung? Baik bunga, daun, bunga, batang, maupun akarnya telah dipakai untuk pengobatan secara tradisional. Misalnya, karena punya sifat halusinogen, kecubung digunakan untuk meredakan asma.

Namun, tidak hanya itu saja, daun kecubung juga dipercaya bisa memberikan beberapa manfaat lainnya untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun kecubung bagi kesehatan? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut, ya!

Apa itu daun kecubung?

Kecubung adalah tumbuhan yang banyak ditemukan tumbuh secara liar di ladang, lahan pertanian, area limbah, dan tempat lainnya. Tumbuhan ini memiliki batang yang berongga dan berwarna hijau keunguan.

Daun kecubung memiliki tekstur yang halus dan bentuknya lonjong. Bunganya bisa berwarna kuning, merah, ungu, atau putih kehijauan. Buah kecubung memiliki rasa yang asam dan pahit dan bentuknya bulat. Spesies kecubung yang paling umum digunakan dalam pengobatan, yaitu kecubung ungu, kecubung putih, dan kecubung hitam.

Kandungan daun kecubung

Pada tumbuhan kecubung, bagian akar dan biji paling banyak mengandung alkaloid. Sedangkan, daun kecubung hanya mengandung sekitar 0,2-0,3% saja. Alkaloid adalah senyawa yang memiliki sifat basa dan mengandung satu atau lebih atom nitrogen. Alkaloid pada daun kecubung adalah alkaloid tropane termasuk hyoscyamine dan atropin.

Manfaat daun kecubung bagi kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi depresi

Salah satu khasiat daun kecubung adalah mengatasi depresi. Kecubung bisa memberikan efek relaksasi, karena mengandung hyoscyamine dan atropin. Kandungan ini dapat meredakan stres dan menenangkan pikiran. Daun kecubung digunakan untuk menenangkan pasien yang histeris dan psikotik. Berdasarkan situs Drlogy, kecubung juga digunakan untuk mengobati epilepsi dan depresi.

2. Mengatasi asma

Kecubung dapat membantu pengobatan asma karena bisa menenangkan saluran pernapasan. Asap dari daun kecubung yang dibakar dapat mengatasi asma dan bronkitis.

3. Mengatasi arthritis

Daun kecubung memiliki sifat anti inflamasi. Kandungan xanthine oxidase di dalamnya membantu dalam mengobati arthritis dan asam urat.

4. Mengobati penyakit jantung

Daun datura bermanfaat mengobati penyakit jantung. Daun ini bisa membantu untuk mengatur detak jantung. Sehingga bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk hipertensi.

5. Mengatasi rambut rontok

Tumbuhan datura yang telah diolah sebagai jus bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Caranya dengan mengoleskannya pada kulit kepala.

6. Mengatasi rabies

Rabies merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus dan menyerang sistem saraf. Biasanya, penyakit ini ditularkan melalui gigitan hewan. Jurnal Pharmacognosy Research mengungkapkan bahwa ekstrak kecubung dapat menangkal infeksi virus penyebab penyakit rabies.

7. Mengatasi psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan peradangan pada kulit. Ekstrak tumbuhan kecubung mempunyai sifat anti inflamasi yang berguna meredakan peradangan yang diakibatkan oleh psoriasis.

8. Mengatasi masalah pencernaan

Selain mengatasi psoriasis, manfaat daun kecubung yaitu mengatasi masalah pencernaan. Manfaat ini diperoleh dari kandungan hyoscyamine yang terdapat pada ekstrak tumbuhan kecubung.

9. Obat mabuk perjalanan

Manfaat daun kecubung lainnya adalah obat mabuk perjalanan. Ekstrak daun kecubung mengandung senyawa skopolamin yang bisa mengatasi mabuk perjalanan.

Efek samping daun kecubung bagi tubuh

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan daun kecubung adalah efek sampingnya. Sangat dianjurkan untuk menggunakan bagian manapun dari tanaman kecubung hanya setelah diagnosis yang tepat dan telah melakukan konsultasi dengan dokter.

Sebab, daun dan biji kecubung mengandung alkaloid yang tinggi seperti albumen. Alkaloid ini mengandung sekitar 25% kalium nitrat.

Overdosis atau pemakaian kecubung yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan efek samping seperti:

  • Halusinasi
  • Demam
  • Vertigo
  • Rasa gelisah
  • Mulut kering
  • Jantung berdebar-debar
  • Otot menjadi kaku
  • Urtikaria
  • Reaksi alergi
  • Peningkatan detak jantung
  • Peningkatan tekanan intraokular

Dalam kasus yang parah, bisa menyebabkan koma, bahkan kematian.

Tips menggunakan daun kecubung yang baik

Sebelum menggunakan daun kecubung, ikutilah tips berikut ini:

Kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan daun kecubung ataupun bagian lainnya. Sebab, tumbuhan ini merupakan tumbuhan beracun. Jadi, bila ingin menggunakannya harus di bawah pengawasan oleh dokter.

Jika kamu ingin menggunakan kecubung karena telah menerima persetujuan dari dokter, kamu harus tetap berhati-hati. Sebab, penggunaan kecubung bisa menimbulkan efek samping. Keracunan bisa saja terjadi, bahkan daun kecubung yang hanya diremas dan ditempel pada dahi bisa membuat orang menjadi mabuk.

Walaupun tumbuhan obat ini bisa memberikan banyak manfaat, namun dalam penggunaannya harus di bawah persetujuan dokter. Penggunaan bagian tanaman dalam dosis yang salah bisa berbahaya bagi kesehatan.

Share artikel ini
Reference