manfaat lulur kopi

Manfaat lulur kopi untuk rambut dan kulit yang luar biasa, pasti akan membuatmu lebih jatuh cinta pada kopi. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk perawatan kulit dan rambut yang berbahan dasar kopi seperti lulur badan, masker rambut, sabun, dan scrub badan.

Meminum secangkir kopi segar di pagi hari akan meningkatkan produktivitas dan suasana hati kamu. Tidak hanya itu, manfaat kopi juga berbaik hati meremajakan kulit dan rambut agar lebih sehat berkilau. Tidak perlu membeli produk siap pakai, kamu juga bisa meracik lulur kopi sendiri loh!

10 manfaat lulur kopi untuk kesehatan kulit

manfaat kopi untuk kulit

Kopi mengandung antioksidan, asam lemak, ester diterpene, melanoidin, protein, gula, dll. Semuanya bermanfaat bagi kesehatan kulit, kamu bisa menjadikan kopi sebagai lulur dan menggunakannya dengan rutin. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

1. Eksfoliasi kulit

Butiran kopi memiliki tekstur yang kasar. Ketika dipijat ke kulit, mereka dapat membantu mengelupasnya, mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan kotoran serta sebum dari pori-pori agar tetap bersih dan memperbaiki teksturnya.

2. Mencegah penumpukan lemak di wajah

Kopi mengandung kafein, yang merupakan bahan umum dalam produk kosmetik anti-selulit. Ini membantu mencegah akumulasi lemak di sel-sel kulit. Kamu bisa menghilangkan lemak wajah, selain melakukan senam wajah, kamu juga bisa mengandalkan masker wajah kopi.

3. Mencegah kerusakan UV

Kafein memiliki sifat antioksidan yang melindungi kulit dari radiasi UV dan mencegah tanda-tanda photoaging, seperti bintik hitam, garis halus, kerutan, dan hiperpigmentasi. Biasanya, produk perawatan kulit yang tersedia secara komersial mengandung 3% kafein.

4. Mencegah kerusakan radikal bebas

Kopi mengandung asam caffeic, yang merupakan antioksidan fenolik alami. Asam caffeic mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya dan mengurangi stres oksidatif, salah satu penyebab utama penuaan dini.

5. Menyembuhkan luka

Komponen lain seperti senyawa fenolik dan tokoferol menunjukkan efek antioksidan dan dapat memodulasi proses fisiologis seperti peradangan, jerawat, dan penyembuhan luka.

6. Menyamarkan selulit

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa cafestol dan kahweol (ester diterpen dalam kopi) memiliki efek lipolitik pada jaringan adiposa, sehingga berpotensi besar untuk mengurangi selulit.

7. Perawatan area mata

Kekuatan anti-inflamasi kafein membantu mengurangi peradangan di bawah mata, kantung mata dan kemerahan, menjadikan kopi sebagai bahan utama untuk produk eye-cream.

8. Melawan masalah kulit

Kafein dan asam klorogenat (CGA) yang terkandung dalam biji kopi dapat membantu mengurangi peradangan akibat masalah kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis.

9. Melembapkan kulit

Meracik lulur atau masker kopi dan menambahkan yogurt di dalamnya, akan memberikan kelembaban kulit yang alami dan sehat, juga terhindari dari berbagai masalah kulit.

10. Mencerahkan kulit

Campuran kopi, bubuk kunyit, dan yogurt bisa memberikan manfaat kulit cerah idaman jika kamu memakainya dengan benar dan rutin.

Bagaimana cara membuat lulur kopi untuk kecantikan

Cara buat lulur kopi

Membuat lulur kopi untuk kecantikan sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu serbuk kopi asli untuk mendapatkan hasil maksimal. Kamu bahkan bisa menggunakan hanya campuran kopi dan sedikit air untuk lulur.

Namun untuk hasil yang lebih cepat dan memuaskan, kamu bisa menambahkan beberapa bahan berikut sebagai campuran lulur:

  • Susu
  • Yogurt
  • Madu
  • Minyak zaitun
  • Bubuk kunyit
  • Minyak kelapa
  • Gula
  • Perasan lemon
  • Tepung beras
  • Air hangat atau dingin

Kamu bisa memilih beberapa campuran tersebut sesuai dengan kebutuhan kulitmu. 

7 manfaat lulur kopi untuk rambut

Tidak hanya memberikan banyak manfaat untuk kulit, kopi juga dapat mengatasi masalah rambut dan membuatnya lebih sehat. Berikut beberapa manfaat lulur kopi untuk rambut:

  • Mengatasi ketombe, dengan melembabkan kulit kepala dan mengangkat penumpukan sel kulit mati.
  • Memperkuat akar rambut dan mengurangi rambut rontok.
  • Melembutkan tekstur rambut
  • Lulur kopi yang digunakan sebagai masker rambut, dapat merangsang pertumbuhan rambut.
  • Kopi yang diseduh dan dicampur dengan kondisioner tanpa bilas dapat meningkatkan efeknya dan membantu menyuburkan helaian rambut dari dalam.
  • Saat digunakan scrub, kopi dan membantu detoksifikasi kulit kepala, menyingkirkan penumpukan produk dan membantu menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.
  • Seduhan kopi yang digunakan sebagai semprotan rambut, dapat membantu mempertahankan warna rambut alami dan memberikan kilauan.

Kopi adalah bahan serbaguna yang meremajakan pikiran dan kulit. Alih-alih membeli masker kopi komersial, kamu dapat membuat masker wajah dan masker rambut dari kopi sendiri di rumah.

Share artikel ini
Reference