Cara Menghilangkan Ketombe

Semua orang pasti akan merasa risih jika memiliki masalah ketombe. Selain menimbulkan rasa gatal, ketombe juga bisa merusak penampilan. Oleh karena itu, kamu perlu mencari cara menghilangkan ketombe dengan tepat.

Dengan memiliki kulit kepala dan rambut yang sehat, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu, lho.  Untuk itu, menjaga kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala adalah hal yang penting. Lantas, bagaimana cara mengatasi ketombe? Kira-kira apa saja penyebab dan ciri-ciri ketombe? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Apa itu ketombe?

Ketombe adalah serpihan kulit kepala yang mengelupas. Ketombe adalah bentuk ringan dari masalah dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik adalah jenis radang atau alergi yang menyebabkan kulit bersisik dan mengalami perubahan warna.

Ketombe merupakan penyakit pada kepala yang tergolong ringan dan tidak menular. Namun, penyakit ini bersifat kronik (terjadi dalam waktu yang lama) dan sulit untuk diobati. Bahkan, berbagai pengobatan termasuk menggunakan sampo anti ketombe sekalipun bisa menyebabkan ketombe datang lagi.

Apa saja penyebab ketombe?

Pemicu atau penyebab adanya ketombe, yaitu:

  • Adanya iritasi pada kulit kepala yang berminyak.
  • Kulit kepala yang kering.
  • Jamur malassezia yang hidup secara alami hidup pada kelenjar sebum di kulit kepala. Terkadang, jamur ini menyebabkan infeksi di sekitar sebum tersebut.
  • Memiliki masalah infeksi terhadap bahan perawatan kulit kepala atau shampo (dermatitis kontak).
  • Berbagai jenis masalah kulit kepala seperti eksim dan psoriasis.

Ciri-ciri ketombe

Ciri-ciri adanya ketombe, adalah:

  • Kulit kepala kamu terasa gatal dan akan memburuk ketika kamu berada di iklim dingin atau berada di tempat kering.
  • Ada banyak serpihan putih kecil hingga sedang yang jatuh ketika kamu menggaruk kulit kepala.
  • Kulit kepala mengalami kemerahan hingga bagian alis.
  • Rambut kamu mengalami kerontokan.

Cara menghilangkan ketombe yang bisa kamu coba

Jika kamu mengalami masalah ini, kamu harus mencoba cara menghilangkan ketombe berikut:

  1. Kamu harus menggunakan jenis sisir yang tepat dan cara menyisir rambut yang dianjurkan. Gunakan jenis sisir dengan permukaan lembut agar tidak melukai bagian kulit kepala. Usap dengan lembut dari atas ke bawah secara menyeluruh.
  2. Kamu harus menggunakan sampo yang tepat. Sebab, tidak semua jenis kulit kepala memiliki tipe perawatan dengan bahan aktif yang sama.
  3. Minum obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter.

Sampo anti ketombe

Salah satu cara menghilangkan ketombe adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Bahan-bahan yang terkandung di dalam sampo anti ketombe biasanya sudah diformulasikan untuk mengatasi ketombe. Misalnya, selenium sulfida yang mempunyai efek antijamur.

Kamu juga perlu memilih sampo anti ketombe yang mengandung bahan-bahan alami seperti ginseng dan lidah buaya. Bahan-bahan ini dapat memberi manfaat pada rambut. Rambut jadi terjaga kelembabannya.

Sebaiknya, sampo anti ketombe yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan aktif, seperti Zinc pyrithione, Tar, dan Selenium sulfide. Setelah keramas menggunakan sampo anti ketombe, gunakan conditioner agar rambut tidak kaku dan tidak mudah rontok.

Berikut ini sampo anti ketombe yang bisa kamu gunakan, di antaranya:

  1. Selsun. Selsun tersedia dalam banyak varian dengan kegunaan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahan ketombe. Misalnya, Selsun yellow double impact, Selsun blue, Selsun blue, Selsun gold,  Selsun 7 herbal, dan Selsun 7 flowers.
  2. Head & shoulders menthol. Sampo ini bisa dipakai untuk mengatasi ketombe basah dan kering. Selain mengatasi ketombe, sampo ini juga memberi efek lembab dan segar di kulit kepala.
  3. Clear superfresh apple. Sampo ekonomis ini dapat mengatasi ketombe, melembabkan dan menyehatkan kulit kepala dan rambut.
  4. Pantene sampo anti ketombe. Selain mengatasi ketombe, sampo ini diklaim dapat mengatasi kerontokan rambut.
  5. Sebamed anti-dandruff shampoo. Sampo ini berfungsi untuk mengatasi masalah ketombe, merawat kulit kepala dan rambut yang berminyak, dan mengatasi tinea capitis.

Apakah ketombe berbahaya?

Setelah mengetahui cara menghilangkan ketombe, kita perlu tahu apakah penyakit ini berbahaya atau tidak. Penyakit ketombe ternyata bukanlah penyakit yang berbahaya. Meskipun begitu, penyakit ini dapat membuat ketidaknyamanan dan tingkat kepercayaan diri menurun.

Jika ketombe muncul secara berulang, hal ini bisa menjadi tanda gangguan kesehatan yang membahayakan. Misalnya, dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik adalah masalah kesehatan yang terjadi pada kulit, umumnya terjadi di kepala.

Kulit kepala bisa bersisik, berketombe, dan mengalami kemerahan akibat dari dermatitis seboroik. Selain itu, ketombe yang muncul secara berulang juga bisa diakibatkan oleh ringworm. Gangguan kesehatan ini dapat membuat kulit kepala bersisik dan menimbulkan kerontokan rambut.

Ketombe memang bukan penyakit berbahaya. Hanya saja, ketombe adalah salah satu penyakit kulit kepala yang sulit diatasi. Jika cara menghilangkan ketombe yang telah dibahas tidak terlalu bekerja, maka segera konsultasikan dengan dokter, ya.

Share artikel ini
Reference