Apa itu creambath

Salah satu perawatan salon yang banyak dipilih masyarakat Indonesia adalah creambath. Pasalnya, perawatan yang satu ini dapat membantu rambut menjadi lebih sehat dan bersih. Namun, apa itu creambath dan apa saja manfaatnya untuk rambut? Berikut ulasannya.

Apa itu creambath

Bagi kamu yang belum tahu apa itu creambath. Ini adalah perawatan mencuci rambut serta kulit kepala dengan menggunakan krim khusus. Umumnya, krim ini terbuat dari bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan serta campuran bahan kimia. 

Manfaat dari perawatan ini juga dipengaruhi oleh krim yang digunakan. Ini sebabnya, manfaat creambath cukup banyak dan masih menjadi salah satu perawatan rambut yang banyak disukai masyarakat Indonesia. 

Seberapa sering boleh melakukan creambath rambut

Creambath

Perawatan yang satu ini mungkin cukup mirip dengan hair spa. Dan prosesnya mirip seperti keramas. Ini sebabnya, aturan seberapa sering untuk melakukan creambath sendiri dapat berbeda pada setiap orang, tergantung ketebalan rambut, jenis, hingga kondisi kulit kepala. 

Pemilik rambut kering dan mudah patah dapat melakukan creambath 3 kali dalam seminggu. Sedangkan pemilik rambut berminyak, diperbolehkan untuk melakukannya setiap hari. Namun, untuk pemilik rambut rusak, sebaiknya lakukan creambath jangan terlalu sering, satu kali seminggu sudah cukup. 

Manfaat creambath untuk kesehatan rambut

Setelah mengetahui apa itu creambath, ternyata perawatan rambut ini bukan hanya sekedar keramas yang berguna untuk membersihkan rambut, tapi memiliki banyak manfaat lainnya, seperti:

1. Melembutkan rambut

Rambut yang sulit diatur karena kusut dapat sangat menyebalkan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan creambath. Manfaat yang satu ini biasanya akan langsung terasa setelah perawatan tersebut selesai dilakukan. 

Jika ingin mendapatkan manfaat ini, gunakan krim dengan kandungan silika yang berguna untuk melembutkan rambut. Selain itu, bisa juga menambahkan bahan alami seperti pisang yang mengandung silika dan mineral untuk membuat rambut kamu lebih halus dan lembut. 

2. Memperkuat helaian rambut

Manfaat yang satu ini cocok untuk pemilik rambut rontok dan mudah patah. Creambath dapat membantu memperkuat batang dan akar rambut. Krim yang cocok untuk memberikan manfaat ini adalah lidah buaya dan telur. 

Selain itu, krim dengan kandungan vitamin E, vitamin A, folat, protein dan biotin juga dapat merangsang pertumbuhan rambut, menjaga kekuatan rambut sekaligus menebalkannya.  

3. Mengatasi rambut kering

Masalah rambut kering dapat menyebabkan masalah rambut lainnya seperti rapuh dan kusut. Krim dengan mengandung minyak dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melembabkan rambut. 

4. Memberi efek relaksasi

Creambath bukan hanya mengoleskan krim, tapi terapis juga akan memberikan pijatan di sekitar kepala. Pijatan ini dapat membuat tubuh lebih rileks dan nyaman. Pijat kulit kepala ini juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah ke akar rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan kuat. 

5. Memperbaiki rambut yang rusak

Sering mencatok rambut dan mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan. Selain itu, polusi, dan paparan sinar matahari juga berkontribusi pada masalah kesehatan rambut. Creambath dengan menggunakan pilihan krim yang tepat dengan kandungan kolagen dan vitamin dapat memberikan nutrisi penting bagi rambut kamu. 

Resep creambath rambut yang bagus 

Vitamin untuk Rambut Lebih Sehat

Resep creambath yang bagus tergantung pada masalah rambut kamu. Jika kamu memiliki rambut rusak dan sulit diatur, kamu bisa creambath dengan bahan-bahan seperti madu dan minyak kelapa. 

Cara membuatnya cukup simpel kamu tingga panaskan campuran madu dan minyak kelapa, aduk sampai rata. Diamkan hingga dingin, kemudian oleskan pada rambut. Cukup diamkan selama 40 menit lalu bersihkan dengan keramas. 

Cara alami untuk membuat krim untuk rambut juga cukup beraneka ragam, dari mulai lidah buaya, pisang, mudu dan bahan alami lainnya. 

Lantas, bagaimana cara creambath rambut di rumah yang benar? kamu bisa mengikuti beberapa langkah sederhana ini:

  • Langkah 1: keramas

Langkah pertama yakni bersihkan rambut dan kulit kepala dari sel kulit mati dan kotoran. Kamu bisa keramas menggunakan shampo seperti biasa. 

  • Langkah 2: Masker rambut

Langkah kedua, kamu perlu menggunakan masker rambut yang sesuai dengan masalah rambut kamu. Masker rambut dapat melembutkan, menambah kilau serta menyehatkan folikel rambut kamu.

  • Langkah 3: Pijat

Selanjutnya, kamu bisa pijat kulit kepala selama 15 menit. Ini akan melancarkan sirkulasi darah dan memastikan bahwa masker rambut meresap di setiap sudut rambut dan kulit kepala kamu. 

  • Langkah 4: Perawatan Uap

Jika tidak memiliki alatnya, kamu bisa menggunakan handuk hangat untuk yang berguna membuka kutikula rambut. Langkah ini juga penting untuk menyerap kandungan produk perawatan rambut yang telah digunakan sebelumnya. 

  • Langkah 5: Bersihkan

Langkah terakhir, kamu bisa bersihkan rambut kembali menggunakan shampo hingga benar-benar bersih.

Share artikel ini
Reference