cara mencegah mata minus secara alami, ampuh, dan mudah

Salah satu gangguan mata yang dialami oleh banyak orang adalah mata minus. Kondisi mata minus membuat penderitanya sulit melihat objek yang jauh. Dikenal sebagai rabun jauh, bagaimana cara mencegah mata minus dengan mudah? Lalu, apa saja penyebabnya?

Jika kamu khawatir akan mengalami mata minus, tidak perlu cemas. Ada beberapa cara mencegah mata minus secara alami, ampuh, dan mudah yang bisa kamu lakukan. 

Apa saja ciri ciri mata minus?

Sebelum mencari cara mencegah mata minus, ada baiknya kamu mengenali ciri ciri mata minus terlebih dahulu. Mata minus atau rabun jauh yang disebut juga dengan miopia biasanya didiagnosis sebelum usia 20 tahun. Seseorang yang memiliki mata minus dapat melihat objek yang dekat dengan baik, tetapi kesulitan melihat objek yang jauh.

Gangguan penglihatan ini sangat umum terjadi. Mata minus terjadi ketika mata membiaskan sinar cahaya secara tidak akurat. Sinar yang seharusnya difokuskan pada jaringan saraf di bagian belakang mata (retina) difokuskan di depan retina. Hasilnya, objek yang jauh terlihat tidak jelas atau buram.

Selain objek jauh terlihat buram, tanda atau gejala mata minus lainnya, yaitu:

  1. Sakit kepala
  2. Sering menyipitkan mata
  3. Mata terasa tegang
  4. Kelelahan mata saat kamu mencoba melihat objek lebih dari beberapa meter jauhnya
  5. Anak-anak dengan mata minus sering mengalami kesulitan membaca papan tulis di sekolah
  6. Berkedip berlebihan
  7. Sering menggosok mata
  8. Duduk dekat televisi

Apa Penyebab Bintitan di Mata? Ternyata dari Kebiasaan Sehari-hari, Lho!

Penyebab mata minus

terlalu lama di depan laptop bisa menjadi penyebab begini cara mencegah mata minus

Mata minus adalah kelainan refraksi. Kondisi ini terjadi ketika bentuk atau kondisi kornea mata menghasilkan fokus cahaya tidak akurat ke mata. Rabun jauh biasanya juga diakibatkan oleh bentuk mata yang terlalu panjang atau berbentuk oval daripada bulat.

Selain bentuk mata, faktor lainnya yang dapat menjadi penyebab mata minus adalah genetika atau keturunan. Jika kamu memiliki mata minus, kemungkinan besar setidaknya salah satu atau kedua orang tuamu juga memilikinya. Jika kamu memiliki anak, ada kemungkinan anak kamu juga akan memiliki mata minus.

Gaya hidup juga bisa menjadi penyebab mata minus. Jika banyak menggunakan mata untuk membaca atau bekerja di depan komputer, kamu memiliki risiko tinggi untuk mengalami rabun jauh atau mata minus. 

Lalu, apakah mata minus akan memburuk seiring bertambahnya usia? Jawabannya, iya. Mata minus dapat berkembang dengan cepat di masa praremaja dan remaja dan berhenti pada usia 20 tahun. Orang dewasa yang berusia lebih dari 20 tahun juga dapat menderita rabun jauh yang biasanya disebabkan oleh gadget atau penyakit, seperti diabetes dan katarak.

Jika kamu adalah orang dewasa yang mengalami rabun jauh atau mata minus tiba-tiba, muncul floaters (semacam bintik-bintik mengambang pada penglihatan), melihat sekelebat cahaya atau bayangan, atau kehilangan penglihatan tiba-tiba pada satu mata, segeralah ke dokter mata.

Papilledema Adalah: Gangguan Saraf Mata Tanda Penyakit Serius

Cara mencegah mata minus secara alami

Bagaimana cara mencegah mata minus? Meskipun tidak ada obat untuk mengatasi mata minus atau rabun jauh, ada beberapa langkah mudah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah mata minus dan meningkatkan kesehatan mata.

Cara mencegah mata minus secara alami, mudah, dan ampuh, yaitu:

  1. Membatasi penggunaan perangkat digital, seperti smartphone dan komputer
  2. Jika bekerja di depan komputer, sempatkan waktu untuk beristirahat untuk meregangkan otot mata
  3. Jangan membaca atau bekerja dalam ruangan yang cahayanya redup
  4. Lakukan lebih banyak aktivitas di luar ruangan
  5. Kenakan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar
  6. Berhenti merokok
  7. Jadwalkan pemeriksaan mata secara teratur ke dokter mata

Kamu juga bisa mencegah mata minus dan meningkatkan kesehatan mata dengan cara mengonsumsi jenis makanan tertentu. Kesehatan mata setiap orang tergantung pada nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya.

Selain membatasi konsumsi kafein, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung:

  • Vitamin A, seperti ubi jalar, sayuran berdaun hijau, wortel, keju, ikan, dan hati
  • Vitamin C, seperti buah-buahan dan sayuran, termasuk jeruk, grapefruit, stroberi, dan brokoli.
  • Lutein, beberapa sayuran hijau

Alasan Mata Berair Terus Menerus, Begini Cara Mengatasinya!

Nah, sudah paham kan sekarang apa saja gejala mata minus, penyebab, dan cara mencegah mata minus secara alami dan mudah? Jika sudah semakin parah, ada baiknya kamu segera memeriksakan mata ke dokter mata ya, Yoonies!


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference