katarak

Asian woman doctor checking the eyes of a woman patient, to people health care and Cataract disease concept.

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang biasanya jernih. Bagi orang yang menderita katarak, melihat melalui lensa yang keruh sama seperti melihat melalui jendela yang beku atau berkabut. Penglihatan kabur yang disebabkan oleh katarak dapat membuat lebih sulit untuk membaca, mengendarai mobil (terutama di malam hari) atau melihat ekspresi di wajah teman.

Penyakit ini sebagian besar berkembang ketika penuaan atau cedera, mengubah jaringan yang membentuk lensa mata. Protein dan serat di lensa mulai rusak, menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau keruh. Beberapa kelainan genetik bawaan yang menyebabkan masalah kesehatan lain dapat meningkatkan risikonya.

Gejala katarak

Kebanyakan katarak berkembang perlahan dan tidak mengganggu penglihatan sejak dini. Namun seiring berjalannya waktu, pada akhirnya akan mengganggu penglihatan kamu.

Pada awalnya, pencahayaan dan kacamata yang lebih kuat dapat membantu kamu mengatasinya. Tetapi jika gangguan penglihatan mengganggu aktivitas kamu yang biasa, kamu mungkin memerlukan operasi katarak. Umumnya operasi katarak merupakan prosedur yang aman dan efektif.

Tanda dan gejala katarak berikut dapat kamu gunakan untuk mengenalinya:

  1. Kebutuhan cahaya yang lebih terang untuk membaca dan aktivitas lainnya
  2. Melihat “lingkaran cahaya” di sekitar lampu
  3. Memudar atau menguningnya warna
  4. Meningkatkan kesulitan dengan penglihatan di malam hari
  5. Penglihatan mendung, kabur, atau redup
  6. Sensitivitas terhadap cahaya dan silau
  7. Penglihatan ganda dalam satu mata
  8. Perubahan yang sering terjadi pada resep kacamata atau lensa kontak

Pada awalnya, kekeruhan dalam penglihatan kamu yang disebabkan oleh katarak dapat mempengaruhi hanya sebagian kecil dari lensa mata dan kamu mungkin tidak menyadari adanya kehilangan penglihatan. Saat katarak tumbuh lebih besar, lensa kamu akan lebih kabur dan mendistorsi cahaya yang melewatinya. 

Jenis-jenis katarak

Ada tiga jenis utama katarak, yaitu:

Nuklir katarak

Katarak nuklir adalah jenis katarak yang paling umum, dimulai dengan pengerasan bertahap dan menguningnya zona pusat lensa yang juga dikenal sebagai nukleus. Seiring waktu, pengerasan dan penguningan ini akan meluas ke lapisan lensa lainnya.

Saat berkembang, jenis ini mengubah kemampuan mata untuk fokus dan penglihatan jarak dekat (untuk membaca atau jenis pekerjaan jarak dekat lainnya) untuk sementara dapat meningkat. Gejala ini disebut sebagai penglihatan kedua, tetapi peningkatan penglihatan yang dihasilkannya tidak permanen.

Katarak Kortikal

Jenis ini terbentuk di lapisan cangkang lensa yang dikenal sebagai korteks dan secara bertahap memperluas “jari-jari” dari luar lensa ke tengah. Celah ini dapat menyebabkan cahaya yang masuk ke mata menyebar, menciptakan masalah dengan penglihatan kabur, silau, kontras dan persepsi kedalaman. Orang dengan diabetes cukup berisiko terkena jenis penyakit ini.

Katarak posterior subcapsular

Terutama mempengaruhi membaca dan penglihatan malam seseorang, jenis ini dimulai di daerah buram kecil atau berawan di posterior (permukaan belakang) lensa. Disebut subkapsular karena terbentuk di bawah kapsul lensa yang merupakan kantung atau membran kecil yang membungkus lensa dan menahannya pada tempatnya.

Jenis ini dapat mengganggu aktivitas membaca, menciptakan efek halo dan silau di sekitar lampu. Orang yang menggunakan steroid atau menderita diabetes, rabun jauh yang ekstrem, dan/atau retinitis pigmentosa dapat mengembangkan jenis katarak ini. 

Pengobatan katarak 

Sayangnya, tidak ada cara untuk menghilangkan penyakit ini tanpa operasi. Beberapa dokter mata sedang menjajaki alternatif, tetapi saat ini, hanya operasi yang dapat menyembuhkan kondisi tersebut. 

Berita baiknya adalah, prosedur yang cepat dan mudah ini — yang melibatkan penggantian lensa alami mata dengan lensa buatan — tidak hanya menghilangkan katarak tetapi juga memastikan kamu tidak akan mendapatkannya lagi.

Pencegahan katarak

Tidak ada penelitian yang membuktikan bagaimana mencegah atau memperlambat perkembangan katarak. Namun ada beberapa strategi yang dapat membantu, termasuk:

  • Lakukan pemeriksaan mata secara teratur. Pemeriksaan mata dapat membantu mendeteksi masalah mata lainnya pada tahap awal. Tanyakan kepada dokter seberapa sering kamu harus melakukan pemeriksaan mata.
  • Mengatasi masalah kesehatan lainnya. Ikuti rencana perawatan jika kamu menderita diabetes atau kondisi medis lain yang dapat meningkatkan risikony.
  • Mengikuti tips diet sehat yang mencakup banyak buah dan sayuran. Menambahkan berbagai buah dan sayuran berwarna-warni ke dalam dietmu memastikan bahwa kamu mendapatkan banyak vitamin dan nutrisi. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata.
  • Memakai kaca mata hitam. Sinar ultraviolet dari matahari dapat berkontribusi pada perkembangan katarak. Kenakan kacamata hitam yang menghalangi sinar ultraviolet B (UVB) saat kamu berada di luar ruangan.
  • Kurangi penggunaan dan konsumsi alkohol. Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit ini.

Studi belum membuktikan bahwa antioksidan dalam bentuk pil dapat mencegah penyakit ini. Tetapi sebuah studi populasi besar baru-baru ini menunjukkan bahwa diet sehat yang kaya vitamin dan mineral dikaitkan dengan penurunan risiko terkena katarak. Buah-buahan dan sayuran memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah terbukti dan merupakan cara yang aman untuk meningkatkan jumlah mineral dan vitamin dalam makanan kamu, loh.

Share artikel ini
Reference