kalori ikan asin

Siapa yang tidak kenal ikan asin? Makanan ini menjadi favorit kebanyakan orang Indonesia, tapi pernahkah kamu menghitung kalori ikan asin? Ukurannya yang kecil mungkin membuat kamu berpikir bahwa kalorinya tidak seberapa.

Selain kalori, ikan asin juga memiliki rasa yang sangat asin sesuai dengan namanya. Lalu apakah rasa asin ini akan berpengaruh pada kesehatan? Yuk cari tahu jawaban selengkapnya!

Berapa kalori ikan asin?

ikan
ikan

Dilansir dari Nutritionix, sajian ikan asin per-28 gram mengandung kalori sebanyak 82 kkal. Angka ini tentu tidak terlalu besar, tapi bagaimana kalau dimakan bersama nasi dan lauk lainnya? Kamu tidak mungkin hanya makan ikan asin bukan?

Tenang saja, kamu masih bisa menyeimbangkannya agar tetap memenuhi kalori harian dan tidak lebih. Terlebih lagi ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 40 gram dalam sajian 28 gram ikan asin, cocok untuk menu makan sehat!

Manfaat makan ikan asin

25 tips menjaga kesehatan jantung

Ikan asin merupakan salah satu produk olahan dari ikan, ada yang berasal dari ikan air tawar dan ada juga yang berasal dari laut. Proses pembuatan ikan asin tentu saja dengan diasinkan, kemudian dikeringkan dalam beberapa hari di bawah terik matahari. Beberapa manfaat ikan asin bagi kesehatan kita yaitu:

1. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Mengingat bahan dasarnya adalah ikan yang kaya akan nutrisi seperti fosfor dan kalsium, ikan asin memberikan kontribusi untuk menyehatkan tulang dan gigi kita.

5+ Vitamin Tulang dan Gigi untuk Anak yang Wajib Diberikan

2. Mempercepat penyembuhan luka

Zat besi dalam ikan asin ternyata cukup tinggi juga, sehingga dapat memberi manfaat dalam mempercepat penyembuhan luka. Tapi hal ini tidak berlaku untuk penderita hemofilia

3. Mencegah anemia

Masih seputar zat besi dalam ikan asin, kandungan ini juga membantu produksi sel darah merah yang bisa mencegah kamu dari anemia.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan proteinnya membantu membangun sistem imun tubuh yang kuat sehingga terhindar dari penyakit. Makanan dengan protein tinggi juga bisa membantu dalam pertumbuhan otot loh!

5. Sebagai sumber energi bagi tubuh

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kalori ikan asin ini cukup tinggi, dalam 100 gram saja terdapat 193 kkal. Cocok untuk kamu yang akan melakukan kegiatan aktif dan membutuhkan banyak energi tubuh.

15 Rekomendasi Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

6. Menjaga kesehatan kulit

Ikan asin memiliki banyak kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan ikan asin yang baik untuk manfaat kesehatan kulit yaitu vitamin E, selenium, omega 3 dan asam lemak esensial.

7. Menjaga kesehatan mata

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang dapat menyehatkan mata dan mencegah kerusakan mata seperti:

  • Mencegah katarak
  • Mencegah mata minus dan plus
  • Mencegah degenerasi makula

Efek samping makan ikan asin

Meskipun rasanya sangat nikmat apalagi jika dimakan dengan sambal, lalapan, dan nasi panas, ikan asin sayangnya dapat memberikan efek samping bagi tubuh karena kandungan sodium atau garamnya yang sangat tinggi.

Terlalu banyak sodium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya kalsium pada tulang. Tekanan darah yang meningkat berarti membuat kerja jantung lebih keras dan lebih banyak tekanan pada pembuluh darah.

penyumbatan pembuluh darah otak
Side view of bothered tired asian girl grimacing, touching head and complaining on headache, having pain in head, migraine of feeling dizzy, standing blue background sick.

Seiring waktu, tekanan ekstra dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku, yang menyebabkan penyakit lainnya. Hal ini juga dapat menyebabkan gagal jantung. Ada beberapa bukti bahwa terlalu banyak garam dapat merusak jantung, aorta, dan ginjal tanpa meningkatkan tekanan darah, dan mungkin juga berdampak buruk bagi tulang.

Apakah ikan asin kolesterol?

Kolesterol adalah zat lemak yang diproduksi oleh hati dan ada di semua sel tubuh. Kolesterol membantu tubuh memproses vitamin D, memecah makanan, dan membuat hormon. Sebenarnya, hampir semua ikan mengandung kolesterol.

Meskipun semua ikan mengandung kolesterol, banyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, termasuk ikan asin. Kandungan ini adalah lemak makanan penting yang benar-benar dapat membantu kamu menjaga kadar kolesterol yang sehat dengan menurunkan kadar trigliserida.

Kamu mungkin bingung dengan manfaat dan efek samping negatif dari ikan asin, karena keduanya hampir seimbang. Agar lebih aman, konsultasikan kesehatan kepada dokter dan tanyakan apakah tubuh kamu bisa menerima manfaat dari ikan asin atau tidak. Beberapa kondisi kesehatan harus menghindari ikan asin karena dapat memperburuknya.

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference