manfaat facial wajah

Kulit wajah yang sehat dan penampilan yang berkilau adalah dambaan setiap orang. Salah satu metode yang umum digunakan untuk merawat kulit wajah adalah facial wajah. Ada banyak manfaat facial wajah dan bisa dilakukan di klinik kecantikan, spa, atau salon. 

Meskipun kamu bisa mendapatkan banyak manfaat facial wajah, kamu perlu berhati-hati sebelum melakukannya. Hal ini dikarenakan facial wajah terkadang justru menimbulkan masalah pada kulit wajah, apalagi jika facial wajah dilakukan tanpa pengawasan dokter.

Apa itu facial wajah?

Facial wajah adalah prosedur yang bertujuan untuk membersihkan  kotoran, debu, minyak, sel kulit mati, dan wajah yang berjerawat. Perawatan kecantikan yang satu ini dimulai dengan pembersihan wajah, pengelupasan kulit mati, pijat wajah, penguapan, ekstraksi jerawat, dan penerapan masker yang disesuaikan dengan sifat dan kebutuhan kulit setiap orang.

Berdasarkan studi, proses regenerasi sel kulit memakan waktu sekitar 28 hari. Oleh karena itu, facial wajah idealnya dilakukan setiap 4 minggu sekali.

Apa manfaat facial wajah

Menurut American Academy of Dermatology, facial wajah aman selama dilakukan oleh dokter kecantikan yang kompeten. Jika dilakukan dengan benar oleh para profesional, facial wajah memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Membersihkan wajah secara menyeluruh

Salah satu manfaat facial wajah adalah deep facial cleansing. Secara umum, seorang ahli kecantikan harus memahami jenis kulitmu dan tahu apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan kotoran, sisa riasan, debu, dan minyak dari kulit wajahmu.

Selain itu, ahli kecantikan dapat menggunakan uap untuk membuka pori-pori di wajah dan membersihkan tumpukan sel kulit mati. Hal ini dapat mencegah munculnya jerawat dan mengatasi berbagai masalah jerawat.

2. Meremajakan kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit di wajah bisa semakin kendur. Hal ini diperparah oleh paparan faktor gaya hidup dan lingkungan. Nah, manfaat facial wajah membantu meremajakan kulit. Ahli kecantikan biasanya menggunakan facial atau produk perawatan kulit tertentu untuk memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya tampak lebih muda.

Facial wajah dengan menggunakan perawatan laser dapat merangsang produksi kolagen dan mengganti sel kulit mati dengan sel baru.  Selain itu, masker atau krim lotion tertentu saat facial wajah dapat merangsang produksi kolagen sekaligus menunda munculnya tanda-tanda penuaan.

3. Mengangkat komedo

Menghilangkan jerawat merupakan langkah penting dalam facial wajah di salon dan klinik kecantikan. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan pori-pori tersumbat yang tersumbat oleh jerawat yang menjadi penyebab wajah kusam.

 Prosedur untuk menghilangkan komedo atau jerawat dilakukan dengan menggunakan alat khusus (round loop extractor).  Prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter  kulit atau terapis profesional terlatih untuk membuka pori-pori wajah tanpa merusak kulit.   Jika dilakukan dengan benar oleh para profesional, cara ini sangat efektif dalam menghilangkan jerawat membandel di wajah.

4. Mengangkat sel-sel kulit mati

Tumpukan sel kulit mati bisa membuat kulit wajah menjadi kering dan kasar. Jerawat terbentuk ketika ada bakteri yang menyebabkan produksi minyak berlebih dan peradangan. Nah, masalah ini

Proses ini mungkin melibatkan prosedur pengelupasan kimiawi yang membersihkan permukaan kulit secara menyeluruh sehingga sel-sel baru di lapisan kulit berikutnya digantikan oleh sel-sel kulit  lama. Namun dengan manfaat facial wajah yang satu ini, semua produk perawatan kulit yang kamu gunakan bisa meresap dan bekerja lebih maksimal karena sel-sel kulit mati yang menumpuk sudah berkurang.

5. Membuat kulit lembut dan cerah bercahaya

Manfaat facial wajah juga untuk melembutkan dan mencerahkan kulit. Hal ini karena dalam proses facial wajah, dokter kecantikan biasanya menyiapkan masker untuk melembabkan kulit dan menghaluskan pori-pori kulit.

Cara facial wajah yang baik untuk kulit

Berikut merupakan beberapa tahapan facial wajah yang umum dijalankan di berbagai klinik kecantikan:

1. Cleansing

Langkah pertama sebelum  perawatan  wajah  adalah proses pembersihan wajah. Pada tahap ini, proses pembersihan yang dilakukan adalah pembersihan permukaan kulit secara  mendalam dan menyeluruh.

2. Penguapan

Setelah membersihkan kulit, generator uap khusus untuk wajah digunakan untuk melakukan proses penguapan. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk membuka pori-pori sehingga kotoran yang menyumbat dapat dikeluarkan dengan lebih mudah.

3. Exfoliating

Ini adalah prosedur pengelupasan yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan  kotoran yang menyumbat permukaan kulit. Biasanya, produk peeling yang digunakan adalah produk peeling fisik atau kimia selama tahap peeling ini.

4. Extraction

Setelah kulit terkelupas (dieskfoliasi), langkah selanjutnya adalah langkah ekstraksi. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan jerawat menggunakan alat khusus penghilang jerawat.

5. Penggunaan masker

Setelah tahap penghilangan jerawat selesai, dokter kecantikan biasanya akan memberimu masker wajah. Masker yang diberikan tentu disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulitmu.

6. Penggunaan toner

Langkah terakhir dalam facial wajah  adalah mengencangkan kulit dengan mengaplikasikan toner. Penggunaan jenis toner yang tepat ini diharapkan dapat memberikan efek melembabkan pada wajah.

Apakah semua orang boleh facial wajah?

Pertanyaan ini mungkin sangat sering ditanyakan oleh banyak orang. Meskipun manfaat facial wajah sangat banyak, sayangnya tidak semua orang bisa melakukan facial wajah.

Facial wajah tidak dianjurkan untuk orang yang mudah mengalami iritasi atau infeksi kulit wajah. Memaksa facial saat kondisi kulit wajah  tidak memungkinkan justru dapat memperburuk masalah wajah. Oleh karena itu, kamu disarankan menunggu sampai masalah kulit benar-benar sembuh atau setidaknya sebagian teratasi. Kamu bisa melakukan facial saat kondisi wajah sudah membaik.

Efek samping yang harus diperhatikan sebelum facial wajah

Selain manfaat facial wajah, kamu juga harus tahu apa saja bahaya facial wajah jika dilakukan oleh orang yang kurang berkompeten atau dilakukan secara tidak benar.

1. Kulit kering dan iritasi

Penggunaan produk kecantikan berbahan kimia keras dalam facial wajah dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit, kulit kering, dan gatal-gatal. Jika  reaksi kulit ini terjadi setelah perawatan wajah, hindari paparan sinar matahari dan kontaminasi agar tidak memperburuk kondisi kulit. Untuk mengatasinya, kamu perlu menggunakan sunscreen, baik saat kerja di dalam maupun luar ruangan.

2. Kulit kemerahan dan bengkak

Facial wajah  dapat menyebabkan kemerahan pada wajah, atau flushing pada wajah, yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah ke kulit wajah. Edema dan pembengkakan wajah yang terjadi setelah facial wajah disebabkan karena terdapat penumpukan air pada jaringan kulit wajah. Efek samping ini biasanya akan hilang dalam hitungan hari atau minggu.

3. Dermatitis dan erupsi akneiformis

Dermatitis, juga dikenal sebagai eksim, adalah suatu kondisi di mana kulit menjadi meradang, gatal, dan timbul ruam. Setelah facial wajah, risiko ini sering terjadi, terutama jika  kulit di wajah sesuai dengan kulit sensitif. Kondisi ini dapat disebabkan oleh iritasi atau reaksi alergi terhadap bahan terapeutik yang digunakan.

Nah, itu tadi manfaat facial wajah dan beberapa cara serta efek sampingnya. kalau kamu ingin melakukan facial wajah, pastikan kamu melakukannya di klinik kecantikan atau pusat perawatan kulit yang berada di bawah pengawasan dokter ya.

Hal ini memungkinkan dokter untuk mengambil perawatan yang tepat jika terjadi efek samping atau inkonsistensi dalam produk perawatan yang digunakan dalam facial wajah.

Share artikel ini
Reference